Kenali Pribadi Lebih Dalam dengan MBTI


Para beswan sedang mengerjakan tes MBTI di Sekretariat KSE UIN Jakarta
Bagi kamu yang ingin mengetahui kepribadian, minat, dan bakatmu seperti apa, tak salah jika kamu melakukan tes MBTI (Myer Briggs Type Indiator). MBTI merupakan tes membaca kepribadian yang dikembangkan oleh Katharine Cook dan putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers berdasarkan teori kepribadian dari Carl Gustav Jung. Hal inilah yang dilakukan oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Paguyuban KSE Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta di Sekretariat Paguyuban KSE UIN Jakarta Jalan Al-Ikhlas RT.003/004 Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Sabtu (22/4)

Kegiatan bertajuk “Who Am I?” diikuti oleh 40 beswan dan terbagi menjadi beberapa waktu yang disesuaikan dengan divisi masing-masing. Pada pukul 09.00-10.30 Divisi Rumah Bahagia (Rubah) dan Pengurus Harian (BPH), 11.00-12.30 Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 13.30-16.00 Media, Komunikasi, dan Informasi, dan Advokasi. Tes MBTI ini dilakukan oleh anggota Divisi PSDM yang terdiri dari Septian Dwi Cahyo (Psikologi), Syarifah Zahrina Firda (Komunikasi), Fizna Sa’diyya (Komunikasi), dan Yosi Kurniawan (Pendidikan Fisika).

Syarifa Zahrina Firda mengungkapkan, kegiatan ini berguna agar tiap beswan lebih mengenal dirinya sendiri, menggali bakat, minat, kepribadian, mengetahui orang lain, dan mengakrabkan  hubungan antar beswan. “Who Am I ini berguna juga untuk mengenal diri secara lebih dalam, memecahkan masalah dengan cara yang tepat, serta dapat bersosialisasi dengan baik,” Ujar Firda. Pada tes ini, para beswan diminta untuk mengisi 60 soal pilihan, prestasi, dan pengalaman menarik yang pernah diraih. Dari jawaban tersebut, dapat diketahui bagaimana kepribadian, saran pengembangan, saran profesi, dan pasangan atau partner alami. Lebih lanjut Firda mengatakan bahwa nantinya, PSDM akan mengadakan kegiatan malam keakraban (makrab) yang berkolaborasi dengan Divisi Advokasi.

Pendapat baik pun terlontar dari salah satu beswan bernama Indah, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta Program Studi Akuntansi semester 6. Menurutnya, tes MBTI ini sangat bermanfaat karena bisa mengetahui kepribadian masing-masing. Ia berharap semoga lebih banyak lagi kegiatan seperti ini, agar bisa mempererat hubungan para beswan.

Penulis : Ria Umala Idayanti
Dokumentator : Ginanjar Ramadhan

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama