Minggu, 14 Mei 2017

Inilah Fakta Unik dari Manfaat Membaca


1.      Membaca bisa menurunkan stress
Tahukah kamu bahwa membaca selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Fakta membuktikan, membaca dapat membuat pikiran lebih santai dan dapat menurunkan stress hingga 67%. Para pakar psikologi meyakini saat membaca buku, stress yang kita alami akan teralihkan kepada isi bacaan. Hal ini bisa terjadi karena pikiran kita dituntut untuk berkonsentrasi penuh pada isi buku yang kita baca.
Untuk stress ringan, kita bisa mengobatinya dengan membaca buku-buku bacaan ringan seperti novel atau komik. Lebih dianjurkan juga untuk membaca buku-buku jenaka, meski pada awalnya wajah kita murung, bisa saja kita akan tertawa setelah membaca buku dan hal tersebut bisa membuat pikiran kita seperti terangkat dari kepala dan stress menjadi hilang.

2.      Membaca bisa mencegah kepikunan
Orang yang suka membaca menurunkan dua setengah kali kecenderungan untuk terkena dementia atau kepikunan. Ketika membaca, otak akan dirangsang secara teratur dan dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit alzheimer.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

 Otak kita tersusun dari neuron-neuron. Neuron ini berfungsi untuk mengantarkan informasi keluar masuk ke otak. Saat tak ada informasi yang harus diantarkan, maka neuron ini akan melemah dan lama kelamaan akan menyebabkan neuron terputus. Sebaliknya, jika neuron banyak disusupi informasi, maka hal ini akan menstimulus otak untuk menambah neuron dengan membentuk jaringan-jaringan neuron yang baru. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menerima (mengingat)  informasi dari otak.

3.      Membaca bisa bikin awet muda.
Rutin membaca”  orang yang rutin menyempatkan waktu minimal 10 menit perhari untuk membaca terbukti akan lebih awet muda.

Bagaimana bisa sih?

 Salah satu alasan kita terlihat tua adalah karena susah tidur. Mata panda, kulit keriput, dan gampang lelah misalnya. Hal yang sudah menjadi kebiasaan manusia jaman sekarang adalah stalking ‘apapun’ saat menjelang tidur. Padahal kebiasaan ini berakibat buruk pada keremajaan tubuh kita. Cahaya dari ponsel atau laptop akan membuat kita susah tidur.
Cobalah mulai sekarang, biasakan membaca buku sebelum tidur dan jauhkan ponsel dari tempat tidur. Biasanya saat-saat sebelum tidur ini adalah saat-saat tepat untuk menancapkan informasi ke dalam pikiran karena informasi yang masuk akan masuk melalui alam bawah sadar kita. Dengan begitu, kita tak hanya bisa meremajakan tubuh, tetapi juga bisa membuat kemampuan otak kita agar tetap muda. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa dengan membaca, kita akan menghindarkan kecenderungan untuk terkena kepikunan.  Jadi sebenarnya bukan awet muda aja. Tapi yang pasti ya nambah wawasan ilmu.

Mengapa harus membiasakan diri membaca?
Membaca bisa menabur pikiran-pikiran positif di otak manusia. Pikiran itulah yang membuat otak manusia memerintahkan bagian tubuh untuk bergerak. Rutinitas bergerak akan membuat kebiasaan, sifat, dan terwujud menjadi karakter..
Jadi, masih mau malas-malasan membaca buku?


Penulis :  Fizna Sa’diyya
Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Our Reach

Our Reach

Our Donors

Our Donors