Minggu, 14 Mei 2017

Tips Menumbuhkan Minat Menulis


        Menulis itu menyenangkan, menulis itu dapat mengekspresikan diri, dan menulis juga bagian dari kehidupan kita. Namun, banyak dari kita yang masih menganggap bahwa menulis itu hal yang sulit. Memang benar menulis itu bukan pekerjaan mudah, tapi perlu keberaniaan untuk bisa menulis. Intinya: tuliskan saja, baru edit kemudian.

        Salah satu hipotesa seseorang kurang memiliki motivasi untuk menulis, sebab banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat dari kegiatan menulis. Pertanyaan utama yang harus diberikan kepada diri sendiri “Apa manfaat menulis bagiku?”

Apa Manfaat Menulis Bagiku ?

Pertanyaan diatas menunjukan bahwa segala sesuatu yang ingin kita kerjakan harus menjanjikan sebuah manfaat. Ketika kita tahu manfaat aktivitas yang dikerjakan, maka ada dorongan motivasi dalam diri kita. Manfaatnya akan dirasakan, jika tujuan membuat tulisan diterapkan secara jelas. Selain itu, kita bisa mengetahui langkah- langkah untuk menumbuhkan minat dalam segala sesuatu serta meningkatkan kualitas menulis kita.


Bagaimana Mengatasi: Jika Ada Semangat, Namun Tidak Ada Ide Menulis?

Persoalan ini muncul disaat ada keinginan untuk menulis, tetapi bingung dengan apa yang ingin ditulisnya. Persoalan tersebut tidak saja menghinggapi diri kita yang jarang menulis, penulis yang sudah terbiasa menulispun terkadang mengalami dan merasakan persoalan tersebut.

       Ada sebuah saran untuk mengatasi persoalan tersebut, dimana kekuatan motivasi dapat memberikan dorongan untuk berupaya menggali ide menulis. Dalam hal menulis, carilah ide. Ide menjadi hal utama, sebab tanpa ada ide mana mungkin ada karya dari sebuah tulisan. Akan tetapi, percayalah bahwa ide itu hal abstrak yang bisa datang tanpa diperkirakan.

         Saat kita mengatakan tidak bisa menulis dan kita diam saja, maka selamanya kita tidak akan bisa menulis. Langkah pertama agar bisa menulis: “Mulailah Menulis !”


“Bingung Mau Menulis Apa?”

Bagi yang belum terbiasa menulis, memulai sebuah tulisan itu terlihat berat. Namun, harus kita lakukan jika memiliki keinginan untuk bisa menulis. Sebagai latihan, kita tidak perlu menulis sesuatu yang baru. Cobalah kita menulis dengan mencontoh tulisan orang lain terlebih dahulu. Kita cari tulisan orang lain yang kita sukai, kemudian tulislah kembali seluruh tulisan tersebut. Ini salah satu trik agar kita mau memulai menulis.


INGAT: Menumbuhkan Minat Menulis Harus Dibarengi Dengan Budaya Membaca.


Penulis : Yosi Karuniawan
Divisi Pengambangan Sumber Daya Manusia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Our Reach

Our Reach

Our Donors

Our Donors