Tips Bangun Sahur Secara Mandiri

Kamu mahasiswa? Anak kos-kosan? Apa kabar dengan sahur dikosan tanpa ada yang membangunkan?
Mungkin untuk beberapa orang itu adalah hal yang biasa dilakukan. Seperti bangun sahur atau bahkan mendirikan shalat malam tanpa masalah ‘kebablasan tidur’. Namun bagaimana dengan orang yang sulit bangun terutama untuk sahur dibulan Ramadhan ini? Walaupun melaksanakan sahur adalah sunnah, namun sahur menjadi sangat penting mengingat kegiatan dan segala rutinitas yang sangat padat dan memerlukan energi lebih  bagi seorang mahasiswa. Jangan sampai kewajiban puasa menjadi alasan bagi terhambatnya segala aktivitas. Untuk itu, disini saya akan membantu kalian yang termasuk dalam kategori diatas. Tentang bagaimana sih tips bangun sahur secara mandri? Cekidot!
1.      Niat
Iya betul niat. Niatkan dalam hati untuk sahur, luruskan niat untuk beribadah. karena untuk mengawali segala sesuatu diperlukan niat dan tekad yang kuat. Ingin melakukan sesuatu tapi ga punya niat, mending gausah cyin..

2.      Hindari mengerjakan tugas di malam hari atau sampai larut malam
“Kenapa sih? Kan besok deadline nya pagi-pagi buta”
Akan lebih baik pada malam harinya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah seharian beraktivitas. Karena tubuh pun punya jatah untuk istirahat, jangan egois. Disamping hal itu, tugas itu akan membuat tidur tidak nyenyak dan kepikiran (terlebih jika tugasnya belum selesai) yang pada akhirnya akan membuat insomnia  dan hanya membuat kalian telat bangun sahur. Maka saya sarankan bangun lebih awal untuk mengerjakannya atau selesaikan tugas tersebut sebelum shalat tarawih.

3.      Pasang alarm
Untuk hal yang satu ini, sedikit banyak masih kurang efektif bagi sebagian orang. Karena apa? Karena setelah alarm berbunyi pemiliknya mematikan dan tidur lagi. Jujur saja itu terjadi hampir setiap pagi bukan? Nah sekarang lakukan dengan inovasi terbaru yakni dengan memasang lebih dari 2 alarm (minimlal 5) dengan interval maksimal 5 menit. Sebagai contoh pukul 3.00, pukul  3.05, pukul 3.10, pukul 3.15, dan pukul 3.20.
Jika dengan cara itu masih belum membantu, ternyata ada aplikasi yang ada pada playstore atau appstore yang dapat membantu membangunkan sahur salah satunya bernama “SpinMe Alarm Clock” cara kerjanya yaitu kalian diwajibkan bergerak untuk mematikan bunyi alarm. Dan diharuskan berdiri dan melakukan gerakan memutar sesuai dengan petunjuk yang ada dilayar smartphone tersebut.

4.      Jangan tidur diatas kasur
Masih ada hubungannnya dengan poin kedua, cobalah tidur diatas karpet atau tikar. InsyaAllah akan lebih mudah bangun di 1/3 malam terakhir.

Itulah tadi beberapa tips bangun sahur secara mandiri yang menurut saya ampuh untuk dilakukan. Karena beberapa dari poin tersebut saya telah membuktikan sendiri keampuhannya, semoga bermanfaat dan mempermudah dalam menjalankan ibadah puasa.

Afra Andreani Tirza
Divisi Rumah Bahagia

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama