Apakah pribadi kita tergolong seorang pemimpin berkarakter Ideal atau tidak?

Manusia adalah makhluk sosial yang menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan menjadi pemimpin bagi orang lain di sekelilingnya. Menjadi seorang pemimpin berarti menjadi seseorang yang memiliki tanggung jawab yang lebih dalam hidupnya. Kalian pernah sadar gak sih.. kalau terkadang kita memiliki karakter seorang pemimpin yang kurang baik untuk ditiru ?? Okeee.. Yukk kita cari tauuuu..
Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa yang terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam. Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu membawa misi kelompoknya ke arah yang baik dan tetap teguh merangkul semua anggota kelompok, tanpa timbulnya perselisihan yang terjadi.
Ciri-Ciri Karakter Pemimpin Ideal
1.      Cerdas
Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

2.      Inisiatif
Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Inisiatifme diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan.

3.      Bertanggung jawab
Bertanggung jawab disini berani untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu kelompok tentunya diputuskan dengan tidak tergesa-gesa.

4.      Dapat dipercaya
Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.

5.      Jujur
Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari kelompoknya.

6.      Rela berkorban
Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi kelompok secara detail. Pemimpin ideal yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

Ciri-ciri Karakter Pemimpin tidak Ideal : 
1.      Hanya memerintah
2.      Jarang diskusi
3.      Tidak memberikan kepercayaan kepada anggota
4.      Tidak memberikan pujian
5.      Suka berkonflik
6.      Tidak terbuka
7.      Tidak bertanggung jawab
8.      Menyalahgunakan sumber daya
9.      Tidak percaya diri

Setelah membaca tulisan ini, kita bisa tau karakter pemimpin ideal itu seperti apa. Memang tidak mudah menjadi seorang pemimpin yang berkarakter ideal dan berkualitas, namun tetap kita berkaca diri. Seorang pemimpin bukanlah manusia sempurna namun, seorang pemimpin yang ideal dituntut untuk mengusahakan kesempurnaan untuk kemajuan visi kelompoknya atau anggotanya.
Yuk jadilah pemimpin ideal!

Siti Khodijah

Sekretaris KSE UIN Jakarta

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama