Karakter Pemimpin Bangsa

Pemimpin berarti menjadi seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam hidup. Banyak karakter para pemimpin bangsa yang harus dipenuhi sangat beragam. Langkah-langkah yang bisa dikategorikan untuk mencapai itu ialah :
1.      Harus mampu bertanggung jawab
Untuk dapat menjadi seorang pemimpin, seseorang itu harus mampu bertanggung jawab. Bertanggung jawab atas segala akibat dari keputusan-keputusan yang timbul akibat tindakannya.
2.      Harus dapat dipercaya
Sifat ini harus dimiliki oleh pemimpin bangsa ialah harus dapat dipercaya. Karena dengan kepercayaan yang diberikat oleh kelompoknya mampu mengantarkan ia menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.
3.      Memiliki sifat jujur
Ketika seseorang sudah memiliki sifat jujur dalam dirinyta, maka ketika ia menjadi seorang pemimpin akan menghantarkannya kepada sifat transparansi / keterbukaan. Yang bisa tercermin pada saat ia mengambil keputusan untuk kelompoknya.
4.      Harus rela berkorban
Seorang pemimpin harus rela berkorban untuk kelompoknya, mendahulukan kepentingan kelompoknya diatas kepentingannya. Sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.
5.      Dicintai dan mencintai kelompoknya
Seorang pemimpin harus bisa menghadirkan perasaan cinta kepada kelompoknya. Agar kelompok yang dipimpinnya akan mampu mencintai pemimpin tersebut tanpa adanya unsur paksaan.
6.      Cerdas dan memiliki inisiatif tinggi
Seorang pemimpin harus mimilki kedua sifat ini, karena akan mampu berpikir luas dan menghadirkan ide-ide segar untuk kemajuan kelompoknya.

Maya Agustina Waluyo
Wakil Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama