Tips Menjadi Pemimpin Masa Depan

Dalam ajaran agama Islam, hadits nabi menyebutkan bahwa setiap manusia adalah seorang pemimpin. Apakah Ia sebagai pemimpin negara, perusahaan, kepala keluarga, sebagai imam suatu umat, seorang wanita yang kedudukannya sebagai ibu rumah tangga dan bahkan seorang pembantu sekalipun ia adalah seorang pemimpin. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi yang artinya  “setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban”
Untuk menjadi pemimpin di masa depan tentunya bukan hal yang sulit jika dalam diri kita terdapat keyakinan, sikap dan sifat-sifat serta kualitas kepemimpinan yang baik, berikut merupakan beberapa tips yang bisa meningkatkan keyakinan, sikap, serta kualitas kepemimpinan mu :

  1. Kamu Harus Punya Visi
Visi merupakan konsep imajinasi seseorang atau beberapa orang pemimpin tentang masa depan dari suatu organisasi atau lembaga yang dipimpin. Akan seperti apakah lembaga yang dipimpinnya dimasa yang akan datang. Pemimpin yang baik harus memiliki visi yang baik dan menunjukkan komitmennya (visioner), sebagaimana Islam menuntut agar umatnya harus beriman kepada Allah dengan iman yang benar, karena dengan demikian Ia akan sampai kepada apa yang dicita-citakan.

  1. Kamu Harus Punya Inisiatif
Pemimpin yang tidak memiliki inisiatif akan membuat organisasi menjadi mandek serta tidak berkembang apalagi ingin ada perubahan, harapan agar organisasi bertumbuh sesuai dengan perkembangan tidak akan tercapai, sekalipun lingkungan (stakeholder) menghendaki.

  1. Kamu Harus Rela Berkorban
Pemimpin yang baik atau efektif harus mengedepankan sikap rela berkorban. Kualitas kepemimpinannya membuat bawahan atau pengikutnya senang dan menaruh harapan masa depan. Pemimpin yang beretika selalu menampilkan i’tikad baik dan tidak serakah dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.


  1. Kamu Harus Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab merupakan prinsip yang melekat pada diri seorang pemimpin, setelah ia memangku suatu jabatan. Dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Ibnu Umar, Rasulullah bersabda ”setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan bertanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya ( Riwayat Bukhari dan Muslim).

  1. Kamu Harus Percaya Diri
Percaya diri merupakan prinsip yang harus dimiliki pemimpin setelah  memiliki inisiatif. Bila pemimpin tidak percaya diri maka inisiatifnya tidak akan terlaksana. Pemimpin harus memiliki segudang pengalaman dalam menghadapi trial and error sehingga menimbulkan rasa percaya diri (self confidence) yang tinggi dalam merealisasikan visi atau misi (ide-ide) yang dimiliki.

  1. Kamu Harus Responsif
Pemimpin yang memiliki prinsip ini selalu merasa bahwa semua orang pasti mempunyai kebutuhan. Kebutuhan yang diharapkan manusia itu ada yang sama dan ada pula yang tidak sama. Proses dimana seorang pemimpin berusaha mengetahui dan merealisasikan kebutuhan bawahan maupun kebutuhan pelanggan itulah biasanya disebut responsif (tanggapan).

  1. Kamu Harus Inovatif
Inovatif atau inovasi selalu beriringan dengan kreatifitas. Prinsip ini mengharuskan pemimpin memiliki ide dan gagasan untuk membuat pembaruan-pembaruan atau penemuan-penemuan hal baru baik berupa produk, jasa, metode, kebijakan, dan lainnya. Untuk itu, seorang pemimpin harus cerdas terutama dari sisi intelektual.

  1. Kamu Harus Toleran
Organisasi bisa langgeng dan berkinerja secara maksimal, bilamana diantara sesama karyawan, karyawan dan pemimpin, maupun sebaliknya bisa saling menjaga, memelihara, dan bertenggang rasa.


  1. Kamu Harus Sederhana
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menempatkan posisinya ditengah-tengah orang yang ia pimpin. Maksudnya seorang pemimpin tidak sewajarnya hanya dekat dengan orang-orang yang  berada pada level atas saja, tapi juga bisa mendengar dan melihat dari dekat problema-problema yang terjadi pada orang-orang yang ada pada level bawah.

  1.  Kamu Harus Efektif dan Efisien
Dalam suatu lembaga, faktor ini sangat erat kaitannya dengan proses pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dalam usaha mencapai tujuan dari lembaga atau organisasi. Sumber daya dimaksud antara lain seperti; biaya, tenaga kerja, energi, material, waktu, dan teknologi. Suatu kegiatan dikatakan produktif jika telah terjadi efisiensi pengelolaan masukan (input) dan efektif dalam setiap pencapaian sasaran.

  1. Kamu Harus Menjadi Teladan
Hampir disetiap organisasi terutama di negara kita, pemimpin selalu dijadikan contoh (panutan).  Pemimpin dianggap sebagai orang yang memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan yang dipimpinnya.

  1. Kamu Harus Terbuka
Keterbukaan (transparan) merupakan suatu sikap yang menjadi keharusan keberadaannya dalam suatu lembaga atau oganisasi. Di dalam Islam, sikap transparan atau membuka (membeberkan dan memberitahukan) apa yang diketahui tentang organisasi yang dipimpinnya kepada masyarakat merupakan suatu sikap yang terpuji. Dalam Alquran disebutkan:”Terhadap nikmat  tuhanmu, maka hendaknya kamu sebut-sebutkan (informasikan)” (QS. Adh-Dhuhaa (93): 11).

M Syahrur Rohman
Divisi Advokasi

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama