Frequently Asked Question

Open Recruitment Beasiswa Karya Salemba Empat Paguyuban KSE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Bagi kamu yg masih ingin tahu lebih lanjut tentang Open Recruitment  beasiswa Karya Salemba Empat, tenang kami telah membuat rangkuman pertanyaan yang sering kalian tanyakan. Mari simak pertanyaan dan jawaban berikut:

1. Apa itu KSE ?
Jawaban :
Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya per bulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.  Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa. Dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 30 PTN (dari Sabang sampai Marauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa.  dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program program kepada para Beswan KSE.

2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE ?
Jawaban :
a. Mahasiswa S1 UIN JKT    
b. Minimal semester 2 (2016) dan maksimal semester 8 (2013)
c. Tidak sedang menerima beasiswa lain
d. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menerima beasiswa
e. Berkomitmen untuk berkontribusi di Paguyuban dan Indonesia

3. Apa saja yang didapat dari KSE ?
Jawaban :
a. Uang saku Rp. 600.000/bulan
b. Program Soft Skill
c. Program Leadership, Entrepreneur dan Technology
d. Relasi se-nusantara
e. Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan donatur

4. Alur Pendaftarannya seperti apa ?
Jawaban :
a. Mengisi Registrasi Online pada tanggal 27 Februari – 4 Maret 2017 di www.beasiswa.or.id (tata cara bisa dilihat di http://karyasalemba4.org/info-news/pengumuman-beasiswa/195-tata-cara-registrasi-20-03-2015)
b. Setelah dinyatakan lolos berkas online, baru calon penerima mengumpulkan berkas ke Sekretariat Paguyuban KSE UIN JKT (Jalan Al-Ikhlas, RT.04 / RW.03, Cempaka Putih, Ciputat) bisa dilihat di Gmaps dengan keyword : Sekretariat Paguyuban KSE UIN Jakarta
atau klik di Sekretariat Paguyuban KSE UIN Jakarta
c. Setelah lolos berkas, para calon pendaftar akan di wawancarai oleh donatur, yayasan dan alumni
d. Resmi menjadi Beswan KSE UIN JKT

5. Kapan dan apakah harus melakukan REGOL terlebih dahulu ?
Jawaban:
Tanggal 27 Februari – 4 Maret 2017 di beasiswa.or.id

6. Bagaimana jika saya sudah mendaftar namun lupa ID dan Pass ?
Jawaban:
- Cek kembali email yang digunakan untuk mendaftar di inbox/spam
- Jika tidak sudah tidak ada di email silahkan, klik kolom Forgot Password

7. Jika saya sudah forgot password, tapi belum dikirim juga, saya harus bagaimana ?
Jawaban:
silahkan mengirim email ke contact@kse.or.id dengan format yang sopan ; Salam, Perkenalan, Isi, Penutup

8. Apakah harus ada file yang di upload pada saat registrasi online ?
Jawaban :
Dokumen yang perlu di upload:
1. Pas Foto (Close Up) ukuran 4X6 menggunakan almamater dengan latar belakang putih. - Max 100kb
2. Foto Fullbody ukuran 3R menggunakan almamater dengan latar belakang putih.- Max 100kb
3. KTP - Max 100kb
Jika belum punya dan hilang silahkan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan.
4. KTM - Max 100kb
Jika hilang & belum punya menggunakan surat keterangan mahasiswa dari Akademik Pusat
5. IPK - Max 100kb
Sudah harus ditandatangani oleh ketua jurusan/prodi dan akademik pusat
6. KK - Max 100kb
Jika ortu bercerai atau belum di update bisa menggunakan KK lama.
7. Slip Gaji/ Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/ Wali - Max 100kb
Jika ortu pensiunan bisa menggunakan surat dr instansi yg mengeluarkan. Apabila ortu wirausaha, buruh dll bisa membuat surat keterangan dari RT. Apabila kedua ortu bekerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung Kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan dari RT.
8. Tagihan PLN - Max 100kb
Jika hilang bisa cetak langsung di kantor pelayanan PLN atau cek di situs PLN. Server PLN down bukan kehendak kami.
9. Tagihan PAM (jika ada) - Max 100kb
10. Surat Rekomendasi Fakultas (menyusul setelah dinyatakan lolos seleksi online) - Max 100kb

Note:
File diatas harus discan. Kecuali poin 1 dan 2.
Jika ukuran file dari point-point diatas melebih 100kb, kalian bisa memperkecil ukuran file dengan menguduh aplikasi Riot: http://luci.criosweb.ro/riot/
Max 100kb untuk menghindari server down.

9. Bagaimana jika saya sudah mendaftar Registrasi Online, apakah harus mendaftar lagi ?
Jawaban:
silahkan untuk menggunakan akun yang sudah pernah di daftarkan pada tahun lalu. Jika lupa username dan pass bisa klik forgot password dan nanti admin akan mengirim kan username dan pass baru.

10. Apakah KSE membuka stand di kampus ? 
Jawaban:
ya kita membuka KSE Information Center di Gedung Kemahasiswaan pada tanggal 20 Februari – 3 Maret 2017 pukul 09.00-15.00 WIB

11. Apakah ada Talkshow secara langsung ke kampus?
Jawaban :
In syaa Allah akan dilaksanakan pada Senin, 27 Februari 2017 di Teater Lt. 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) pukul 07.00-12.30 WIB

12. Apakah jika saya tidak REGOL, berarti tidak lolos?
Jawaban :
iya betul. Karena itu adalah salah satu alur seleksi dari kami.

13. Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Paguyuban dan Form KSE?
Jawaban :
Bisa cek di web kseuinjkt.blogspot.com atau unduh di s.id/form2017kseuinjkt. Dikumpulkan setelah dinyatakan lolos regol

14. Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Fakultas dan Surat Keterangan Sedang tidak Menerima Beasiswa?
Jawaban :
untuk Rekomendasi Fakultas silahkan minta ke TU Fakultasnya masing-masing

15. Bagaimana jika bapak saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?
Jawaban :
silahkan untuk meminta surat keterangan dari RT setempat dan harus di ttd RW dan dicap basah. Dengan menerangkan profesi orang tua, gaji yg didapat. Jika pendapatan tidak menentu, bisa memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat kurang lebih. Jika orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi yg mengeluarkan surat.

16. Bagaimana jika saya menggunakan TOKEN LISTRIK?
Jawaban :
silahkan print melalui situs PLN. Apabila web tidak bisa diakses bisa mencetak langsung di kantor pelayanan PLN. Apabila bulan ini belum bayar, bisa menggunakan bulan sebelumnya.

17. Yang di Upload adalah KHS atau IPK ?
Jawaban :
yang di upload adalah IPK dan sudah ditandatangani oleh Ketua Jurusan dan akademik Pusat

18. Apakah kita harus mengirimkan berkas diatas dalam bentuk hard?
Jawaban :
iya WAJIB jika sudah dinyatakan lolos seleksi online. Termasuk CV, Surat rekomendasi fakultas dan Paguyuban, SKTMB (Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa) dan form KSE.

19. Apakah ada ketentuan menulis essay?
Jawaban;
Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Disarankan di ketik di word lalu dipindahkan di web Regol.

20. Apakah boleh save dan log-in kembali?
Jawaban:
Boleh. Tapi tidak boleh lewat tanggal 4 Maret 2017. Disarankan untuk segera menyelesaikan untuk menghindari server down.

21.  Dimana saya bisa bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN JKT 2017/2018 ?
Jawaban :
Kami buka portal Student Service online untuk para pelamar melalui email: help@kse.or.id Selain melalui email tersebut, para pelamar yang memiliki pertanyaan bisa melalui https://kse.freshdesk.com dan contact person kami.

22. Sudah re-activation tetapi tidak bisa login?
Jawaban :
Silahkan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada kontak person Oprec UIN JKT

23. NPM itu apa kak?
Jawaban :
NPM itu NIM

24. Untuk isian semester (IP/IPK) bagaiman ya mengisinya?
Jawaban :
Untuk mahasiswa semester 2 cukup mengisi IP dan IPK baris 1 saja. Sedangkan untuk mahasiswa di atas semester 2 mengisi 2 semester terakhir.
Misalkan kamu semester 4, punya data IP dan IPK seperti di bawah ini.
IP smt 1 : 4 IPK smt 1 : 4
IP smt 2 : 3,8 IPK smt 2 : 3,9
IP smt 3 : 3,2 IPK smt 3 : 3,74
Jadi yang kamu masukan adalah smt 2 dan smt 3.

25. Kak kalau saya sudah registrasi tetapi saya belum menerima username dan password saya. Bagaiamana ya kak?
Jawaban :
Pertama, cek email di inbox atau spam. Kedua, jika tidak ada, silahkan ulangi untuk registrasi kembali. Jika muncul tulisan NIM sudah terdaftar, silahkan mengirimkan email dan NIM yang didaftarkan ke kontak person open recruitment beasiswa KSE UIN JKT

26. Kak saya tidak bisa login, padahal username dan password sudah benar. Bagimana ya kak?
Jawaban :
Silahkan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada kontak person open recruitment beasiswa KSE UIN JKT

27. Apabila alamat KTP dengan domisi berbeda bagaimana kak?
Jawaban :
Tidak apa-apa

28. Kak bagaiamana apabila salah mengisi jurusan bagaimana ya kak?
Jawaban : Ada beberapa hal yang tidak bisa dirubah dalam registrasi online, yakni pilhan nama, universitas, fakultas, jurusan, jenis kelamin, dan NIM.

29. Kak untuk penghasilan orang tua, apabila keduanya bekerja apakah di isi dua-duanya atau salah satu?
Jawaban :
Di isi dua-duanya. Tapi jika hanya salah satu yang bekerja silahkan masukan satu saja. Dan jika salah satu tidak bekerja, silahkan mengisi pada keterangan misal “Ibu saya tidak bekerja.”

30. Kak, biaya kuliah itu yang diisi bagian mana ya kak?
Jawaban :
Silahkan isi bagian SPP

31. Kak itu essaynya satu-satu atau jadi satu?
Jawaban :
Satu-satu, nanti saat registrasi online, ada kolom sendiri-sendiri untuk mengisi masing-masing essay. Tidak ada ketentuan khusus untuk pembuatan essay, dibuat secara singkat dan jelas.

32. Kak foto yang diupload itu yang 4x6 atau yang 3R?
Jawaban :
Dua-duanya diupload, untuk pas foto mrnggunakan yang 4x6,sedangkan untuk 3R itu yang full body, dengan tidak melebihi 100 kb.

33. Kak IPK itu didapat di mana?
Jawaban :
Di AIS pada bagian Laporan ada menu Index Prestasi Kumulatif, setelah itu di print dan di tanda tangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.

34. Kartu Keluarga pakai fotocopy an boleh atau tidak?
Jawaban :
Boleh. Silahkan di scan dan di upload.

35. Tagihan PLN itu wajib atau tidak?
Jawaban :
Wajib.

36. Kak setelah mengisi data dan sudah log out,apakah  data masih bisa diedit atau tidak?
Jawaban :
Masih, selama masih dalam masa Registrasi Online.

37. Kak saya kalau mau daftar bagaimana ya kak?
Jawaban :
1. Jika kamu TIDAK sedang menerima beasiswa KSE namun pernah melakukan registrasi online pada tahun sebelumnya, silahkan klik dan lakukan Account Reactivation
2. Jika kamu BELUM PERNAH melakukan registrasi online KSE silahkan klik dan pilih New Registration

Narahubung
+6287886731297 (Ulyatin)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Our Reach

Our Reach

Our Donors

Our Donors