FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat
1. Apa itu KSE?
Jawaban:
Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan
yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun
1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada
awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk
melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk
mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa
FE UI. Pada tahun 1996 Yayasan Karya
Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima
beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing
akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini
tercatat sudah 34 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa
ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan
KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia
setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih
dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan
bantuan finansial dan program program kepada para Beswan KSE.
2.
Apa
saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE ?
Jawaban:
- Mahasiswa S1
- Mahasiswa angkatan 2018-2020
- Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun
- Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan
indonesia
- Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima
beasiswa
- Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif
kegiatan sosial menjadi nilai lebih
3.
Apa
saja yang didapat dari KSE ?
Jawaban:
A. Uang saku sebesar Rp750.000 per bulan
B. Mendapatkan program softskill
C. Program Leadership, Entrepreneur, Technology For Indonesia
D. Relasi se-Nusantara
E. Pengalaman dan Pengetahuan
F. Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan para donatur
4.
Alur
Pendaftarannya seperti apa ?
Jawaban:
Secara umum, ada dua tahap seleksi, yaitu seleksi berkas
(online) dan wawancara (online)
A. Mengisi Registrasi Online pada tanggal 14-19 April 2021
B. Penyeleksian berkas-berkas online
C. Pengumuman yang lolos seleksi bekas online
D. Setelah dinyatakan lolos berkas akan diwawancarai oleh pihak
yayasan, donatur dan alumni
E. Resmi menjadi beswan KSE UIN JKT
5.
Kapan
dan apakah harus melakukan registrasi online (Regol) terlebih dahulu ?
Jawaban:
6. Apakah ada kuota yang
akan diterima perfakultas untuk kuota penerimaan di beasiswa KSE?
Jawaban:
Tidak
ada jumlah kuota yang mutlak yang akan diterima setiap fakultasnya pada masing masing PTN, sebab
yang menentukan lolos atau tidaknya itu dari yayasan
langsung
7. Bagaimana jika saya
sudah mendaftar namun lupa ID dan Pass ?
Jawaban:
A. Cek kembali email
yang digunakan pada saat mendaftar di inbox/spam
B. Jika sudah tidak
ada di email, silakan klik kolom Forgot Password
C. Silahkan
menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT
8. Jika saya sudah forgot
password, tapi belum dikirim juga, saya harus bagaimana?
Jawaban:
Silahkan menghubungi contact person Paguyuban
KSE UIN JKT yang sudah tertera.
9.
Apakah
harus ada file yang di upload pada saat registrasi online ?
Jawaban:
Dokumen yang perlu di-upload:
A. Foto Close Up ukuran 3X4 memakai Almamater (apabila tidak ada
maka dapat memakai kemeja berwarna biru) dengan background putih
B. Foto Full Body dengan ukuran 3R memakai Almamater (apabila
tidak ada maka dapat memakai kemeja berwarna biru) dengan background putih.
Untuk laki-laki bisa memakai celana bahan, dan perempuan bisa memakai
rok/celana yang sopan. Untuk dalaman jas almet bisa memakai kemeja yang rapi
C. KTP (Jika belum punya atau hilang, silahkan menggunakan surat
keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan)
D. KTM (Jika hilang atau belum punya, silahkan menggunakan surat
keterangan aktif kuliah dari Fakultas) dan jangan lupa untuk melampirkan NIM
ya.
E. Kartu Keluarga (Jika orang tua bercerai atau belum di-update
bisa menggunakan Kartu Keluarga yang lama)
F. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (Jika
orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua
wirausaha, buruh dll bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW
setempat lalu disahkan oleh pihak Kelurahan. Apabila kedua orang tua berkerja,
dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib
menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan)
Note:
-
Slip
gaji max 3 bulan sebelumnya
-
Jika
sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silahkan lampirkan slip gaji yang ada
kemudian di lampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada
slip gaji yang lama) ‘sama’ seperti gaji yang diterima saat ini.
G. Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir (Jika
hilang bisa cetak langsung di kantor
pelayanan PLN atau cek disitus PLN)
H. Tagihan PAM (Jika ada)
I. Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE
dari Fakultas (Bukan surat
keterangan
aktif kuliah) dan Apabila ada kesalahan dalam penulisan surat
rekomendasi, silakan untuk menghubungi pihak
akademik untuk diperbaiki dan
pastikan kali ini data yang dikirim sudah
benar.
J. Transkip IPK (Wajib transkrip IPK tidak boleh KHS dan sudah harus ditanda
tanganin oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik
Pusat)
NOTE:
-
Kelengkapan
berkas minimal 90%
-
File
di atas harus di scan, kecuali poin 1 dan 2.
-
File
dalam bentuk JPG atau JPEG
-
Seluruh
Berkas yang di-upload tidak melebihi 100kb
-
Jika
ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100kb, kalian bisa memperkecil
ukuran file
-
Berkas
terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain
dari fakultas bisa diurus melalui: https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukan NIM dan Password AIS sebagai
akses masuk.
10. Bagaimana jika saya
sudah mendaftar Registrasi Online, apakah harus mendaftar lagi ?
Jawaban:
Silahkan melakukan registrasi sesuai dengan
pertanyaan yang diajukan (re-activation account). Kemudian berkas-berkas yang
sudah ada (sudah di-upload sebelumnya) silahkan diperbaharui dengan berkas saat
ini.
11. Apakah KSE membuka
stand di kampus ?
Jawaban:
Sementara ini, kami tidak membuka information center dikarenakan
kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuka stand di kampus
12. Apakah ada grup
terkait informasi tentang pendaftraan beasiswa KSE?
Jawaban:
Tentu saja, ada. Silakan gabung ke grup sesuai
fakultas masing-masing untuk mengetahui informasi terkait beasiswa KSE
Link:
FITK
https://chat.whatsapp.com/G6j6M9ohwCh06f184QavCd
FST
https://chat.whatsapp.com/IKr7TTTywq1D2IWKwnDlgt
FDI, FK, FIKES
https://chat.whatsapp.com/FbDHIVSWTxSLxhovr4oimY
FEB
https://chat.whatsapp.com/DEQwulqKDDdG2X8TufAh4H
FIDIKOM
https://chat.whatsapp.com/JNW4Hzbkeym7QoP677MXy2
FISIP, FPSI
https://chat.whatsapp.com/LGgkLD9htfr2znbZnzlSQA
FAH, FU
https://chat.whatsapp.com/De4aeECugHb9sFeisQHjih
FSH
https://chat.whatsapp.com/ItnUFTQIdzEJCMQBDWWQz7
13. Apakah jika saya tidak
Registrasi Online, berarti tidak lolos?
Jawaban:
Iya betul, karena itu adalah syarat awal dan
salah satu alur seleksi dari kami
14. Bagaimana cara
mendapatkan Rekomendasi Fakultas dan Surat Keterangan Sedang tidak Menerima
Beasiswa?
Jawaban:
Terdapat dua cara,
yaitu:
A. Melalui platform/sistem persuratan
masing-masing TU tiap fakultas.
B. Melalui sistem persuratan pusat UIN
Jakarta, silakan melakukan pengajuan ke link berikut https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukkan NIM
dan Password.
NOTE:
Untuk
yang sedang berada di luar JABODETABEK terkait surat rekomendasi, diusahkan bisa ke bagian
akademiknya, dan menitipkan kepada rekan yang berada
di ciputat dan meminta untuk di scan. Atau juga bisa dokumen hard file nya dikirim melalui ekspedisi
15. Bagaimana jika bapak
saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?
Jawaban:
Silahkan meminta surat keterangan penghasilan
dari RT/RW setempat, lalu disahkan oleh Kelurahan. Dengan menerangkan profesi
orang tua dan penghasilan yang didapatkan. Jika penghasilan tidak menentu, bisa
memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat “kurang lebih”
16. Bagaimana jika saya
menggunakan TOKEN LISTRIK?
Jawaban:
Listrik ada tiga tipe:
1.
Listrik biasa,
silahkan pakai struk listrik perbulan, Jika pembelian tidak perbulan silahkan
di akumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan)
2.
Pulsa listrik, bisa
menggunakan PLN mobile silahkan screenshot pengeluaran selama satu bulan
3.
Listrik subsidi
pemerintah, silahkan buat surat
keterangan dari RT atau RW
note:
Apabila bulan ini belum bayar, bisa menggunakan bulan sebelumnya
(max 3 bulan sebelumnya)
17. Yang di Upload adalah
KHS atau IPK, Bagaimana Tanda Tangannya?
Untuk yang di-upload wajib
IPK yang harus sudah ditanda tangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat
18. Apakah kita harus
mengirimkan berkas diatas dalam bentuk hard?
Jawaban:
Iya, WAJIB
jika sudah dinyatakan lolos seleksi online. Kemudian mencetak semua berkas yang
sudah diupload saat registrasi online (regol), serta print website regol
19. Apakah ada ketentuan
menulis essay?
Jawaban:
Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Tapi alangkah baiknya
membuat essay dengan menggunakan bagian pokok essay, seperti Pembukaan, isi,
dan penutup agar essay terlihat rapi, dan kunci dalam membuatan essay ini
adalah kejujuran. Untuk essay itu akan ada kolomnya masing-masing. Disarankan
agar mengetik di word terlebih dahulu, lalu dipindahkan di web Registrasi
Online
20. Apakah saat membuat
essay harus 9 essay atau poin-poin
tersebut dijadikan 1 essay?
Jawaban:
1 essay 1 tema dan untuk essay ada 9 topik,
jadi ada 9 essay yang harus dibuat dan nanti di website Regol akan disediakan 9
kolom juga untuk membuat masing-masing essay. Tidak ada ketentuan khusus untuk
pembuatan essay, dibuat secara singkat dan jelas.
21. Apakah boleh save dan
log-in kembali?
Jawaban:
Boleh, akan tetapi tidak lewat dari tanggal 19 April 2021 dan
disarankan untuk segera menyelesaikan untuk menghindari server down.
22. Dimana saya bisa
bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN JKT 2020/2021 ?
Jawaban:
Silakan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT yang
tertera untuk tiap-tiap fakultas
-FITK & FST
(Dea-089687864138)
-FIDIKOM, FISIP & FPSI (Rizqia – 082112323571)
-FAH, FU & FSH (Zahra-089673874219)
-FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa-089673874219)
23. Sudah re-activation
tetapi tidak bisa login? Tampilan jika NIM sudah ada didatabase?
Jawaban:
Silakan mengirimkan email, nama dan NIM yang sudah didaftarkan
kepada contact person OPREC KSE UIN JKT
-FITK & FST (Dea-089687864138)
-FIDIKOM, FISIP & FPSI (Rizqia – 082112323571)
-FAH, FU & FSH (Zahra-089673874219)
-FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa-089673874219)
24. NPM itu apa kak?
Jawaban:
NPM itu sama dengan NIM
25. Untuk isian semester
(IP/IPK) bagaimana ya mengisinya?
Jawaban:
Untuk mahasiswa/i semester 2, cukup mengisi IP dan IPK satu
baris saja. Sedangkan mahasiswa/i di atas semester 2 mengisi 2 semester
terakhir.
Misalkan kamu semester 4, punya IP dan IPK seperti di bawah ini:
Posting Komentar