FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat

 

FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat



1.     Apa itu KSE?

Jawaban:

Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.  Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 34 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program program kepada para Beswan KSE.

 

2.     Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE ?

Jawaban:

-  Mahasiswa S1

-  Mahasiswa angkatan 2018-2020

-  Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun

-  Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan indonesia

-  Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima beasiswa

-  Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif kegiatan sosial menjadi nilai lebih

 

3.     Apa saja yang didapat dari KSE ?

Jawaban:

A. Uang saku sebesar Rp750.000 per bulan

B. Mendapatkan program softskill

C. Program Leadership, Entrepreneur, Technology For Indonesia

D. Relasi se-Nusantara

E. Pengalaman dan Pengetahuan

F. Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan para donatur

 

4.     Alur Pendaftarannya seperti apa ?

Jawaban:

Secara umum, ada dua tahap seleksi, yaitu seleksi berkas (online) dan wawancara (online)

A. Mengisi Registrasi Online pada tanggal 14-19 April 2021

B. Penyeleksian berkas-berkas online

C. Pengumuman yang lolos seleksi bekas online

D. Setelah dinyatakan lolos berkas akan diwawancarai oleh pihak yayasan, donatur dan alumni

E. Resmi menjadi beswan KSE UIN JKT

 

5.     Kapan dan apakah harus melakukan registrasi online (Regol) terlebih dahulu ?

Jawaban:

Tanggal 14-19 April 2021

 

6.     Apakah ada kuota yang akan diterima perfakultas untuk kuota penerimaan di beasiswa KSE?

            Jawaban:

            Tidak ada jumlah kuota yang mutlak yang akan diterima setiap fakultasnya pada                         masing masing PTN, sebab yang menentukan lolos atau tidaknya itu dari                                     yayasan langsung

 

7.     Bagaimana jika saya sudah mendaftar namun lupa ID dan Pass ?

Jawaban:

A. Cek kembali email yang digunakan pada saat mendaftar di inbox/spam

B. Jika sudah tidak ada di email, silakan klik kolom Forgot Password

C. Silahkan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT

 

8.     Jika saya sudah forgot password, tapi belum dikirim juga, saya harus bagaimana?

Jawaban:

Silahkan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT yang sudah tertera.

 

9.     Apakah harus ada file yang di upload pada saat registrasi online ?

Jawaban:

Dokumen yang perlu di-upload:

A. Foto Close Up ukuran 3X4 memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja berwarna biru) dengan background putih

B. Foto Full Body dengan ukuran 3R memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja berwarna biru) dengan background putih. Untuk laki-laki bisa memakai celana bahan, dan perempuan bisa memakai rok/celana yang sopan. Untuk dalaman jas almet bisa memakai kemeja yang rapi

C. KTP (Jika belum punya atau hilang, silahkan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan)

D. KTM (Jika hilang atau belum punya, silahkan menggunakan surat keterangan aktif kuliah dari Fakultas) dan jangan lupa untuk melampirkan NIM ya.

E. Kartu Keluarga (Jika orang tua bercerai atau belum di-update bisa menggunakan Kartu Keluarga yang lama)

F. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (Jika orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua wirausaha, buruh dll bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW setempat lalu disahkan oleh pihak Kelurahan. Apabila kedua orang tua berkerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan)

           Note:

-        Slip gaji max 3 bulan sebelumnya

-        Jika sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silahkan lampirkan slip gaji yang ada kemudian di lampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada slip gaji yang lama) ‘sama’ seperti gaji yang diterima saat ini.

G. Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir (Jika hilang bisa cetak langsung di kantor

pelayanan PLN atau cek disitus PLN)

H. Tagihan PAM (Jika ada)

I. Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE dari Fakultas (Bukan surat

keterangan aktif kuliah) dan Apabila ada kesalahan dalam penulisan surat

rekomendasi, silakan untuk menghubungi pihak akademik untuk diperbaiki dan

pastikan kali ini data yang dikirim sudah benar.

J. Transkip IPK (Wajib transkrip IPK tidak boleh KHS dan sudah harus ditanda

tanganin oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat)

 

NOTE:

-        Kelengkapan berkas minimal 90%

-        File di atas harus di scan, kecuali poin 1 dan 2.

-        File dalam bentuk JPG atau JPEG

-        Seluruh Berkas yang di-upload tidak melebihi 100kb

-        Jika ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100kb, kalian bisa memperkecil ukuran file

-        Berkas terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dari fakultas bisa diurus melalui: https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukan NIM dan Password AIS sebagai akses masuk.

 

10.  Bagaimana jika saya sudah mendaftar Registrasi Online, apakah harus mendaftar lagi ?

Jawaban:

Silahkan melakukan registrasi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan (re-activation account). Kemudian berkas-berkas yang sudah ada (sudah di-upload sebelumnya) silahkan diperbaharui dengan berkas saat ini.

 

11.  Apakah KSE membuka stand di kampus ?

Jawaban:

Sementara ini, kami tidak membuka information center dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuka stand di kampus

 

 

 

 

 

 

 

12.  Apakah ada grup terkait informasi tentang pendaftraan beasiswa KSE?

Jawaban:

Tentu saja, ada. Silakan gabung ke grup sesuai fakultas masing-masing untuk mengetahui informasi terkait beasiswa KSE

Link:

FITK

https://chat.whatsapp.com/G6j6M9ohwCh06f184QavCd

 

FST

https://chat.whatsapp.com/IKr7TTTywq1D2IWKwnDlgt

 

FDI, FK, FIKES

https://chat.whatsapp.com/FbDHIVSWTxSLxhovr4oimY

 

FEB

https://chat.whatsapp.com/DEQwulqKDDdG2X8TufAh4H

 

FIDIKOM

https://chat.whatsapp.com/JNW4Hzbkeym7QoP677MXy2

 

FISIP, FPSI

https://chat.whatsapp.com/LGgkLD9htfr2znbZnzlSQA

 

FAH, FU

https://chat.whatsapp.com/De4aeECugHb9sFeisQHjih

 

FSH

https://chat.whatsapp.com/ItnUFTQIdzEJCMQBDWWQz7

 

 

 

 

 

 

13.  Apakah jika saya tidak Registrasi Online, berarti tidak lolos?

Jawaban:

Iya betul, karena itu adalah syarat awal dan salah satu alur seleksi dari kami

 

14.  Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Fakultas dan Surat Keterangan Sedang tidak Menerima Beasiswa?

Jawaban:

Terdapat dua cara, yaitu:

A. Melalui platform/sistem persuratan masing-masing TU tiap fakultas.

B. Melalui sistem persuratan pusat UIN Jakarta, silakan melakukan pengajuan ke link berikut https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukkan NIM dan Password.

            NOTE:

            Untuk yang sedang berada di luar JABODETABEK terkait surat rekomendasi,             diusahkan bisa ke bagian akademiknya, dan menitipkan kepada rekan yang   berada di ciputat dan meminta untuk di scan. Atau juga bisa dokumen hard file        nya dikirim melalui ekspedisi

           

15.  Bagaimana jika bapak saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?

Jawaban:

Silahkan meminta surat keterangan penghasilan dari RT/RW setempat, lalu disahkan oleh Kelurahan. Dengan menerangkan profesi orang tua dan penghasilan yang didapatkan. Jika penghasilan tidak menentu, bisa memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat “kurang lebih”

 

16.  Bagaimana jika saya menggunakan TOKEN LISTRIK?

Jawaban:

Listrik ada tiga tipe:

1.     Listrik biasa, silahkan pakai struk listrik perbulan, Jika pembelian tidak perbulan silahkan di akumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan)

2.     Pulsa listrik, bisa menggunakan PLN mobile silahkan screenshot pengeluaran selama satu bulan

3.     Listrik subsidi pemerintah,  silahkan buat surat keterangan dari RT atau RW

note:

Apabila bulan ini belum bayar, bisa menggunakan bulan sebelumnya (max 3 bulan sebelumnya)

 

17.  Yang di Upload adalah KHS atau IPK, Bagaimana Tanda Tangannya?

Jawaban:

Untuk yang di-upload wajib IPK yang harus sudah ditanda tangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat

 

18.  Apakah kita harus mengirimkan berkas diatas dalam bentuk hard?

Jawaban:

Iya, WAJIB jika sudah dinyatakan lolos seleksi online. Kemudian mencetak semua berkas yang sudah diupload saat registrasi online (regol), serta print website regol

 

19.  Apakah ada ketentuan menulis essay?

Jawaban:

Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Tapi alangkah baiknya membuat essay dengan menggunakan bagian pokok essay, seperti Pembukaan, isi, dan penutup agar essay terlihat rapi, dan kunci dalam membuatan essay ini adalah kejujuran. Untuk essay itu akan ada kolomnya masing-masing. Disarankan agar mengetik di word terlebih dahulu, lalu dipindahkan di web Registrasi Online

 

20.  Apakah saat membuat essay harus  9 essay atau poin-poin tersebut dijadikan 1 essay?

Jawaban:

1 essay 1 tema dan untuk essay ada 9 topik, jadi ada 9 essay yang harus dibuat dan nanti di website Regol akan disediakan 9 kolom juga untuk membuat masing-masing essay. Tidak ada ketentuan khusus untuk pembuatan essay, dibuat secara singkat dan jelas.

 

21.  Apakah boleh save dan log-in kembali?

Jawaban:

Boleh, akan tetapi tidak lewat dari tanggal 19 April 2021 dan disarankan untuk segera menyelesaikan untuk menghindari server down.

 

22.  Dimana saya bisa bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN JKT 2020/2021 ?

Jawaban:

Silakan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT yang tertera untuk tiap-tiap fakultas

-FITK & FST  (Dea-089687864138)

-FIDIKOM, FISIP & FPSI (Rizqia – 082112323571)

-FAH, FU & FSH (Zahra-089673874219)

-FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa-089673874219)

 

23.  Sudah re-activation tetapi tidak bisa login? Tampilan jika NIM sudah ada didatabase?

Jawaban:

Silakan mengirimkan email, nama dan NIM yang sudah didaftarkan kepada contact person OPREC KSE UIN JKT

-FITK & FST  (Dea-089687864138)

-FIDIKOM, FISIP & FPSI (Rizqia – 082112323571)

-FAH, FU & FSH (Zahra-089673874219)

-FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa-089673874219)

 

24.  NPM itu apa kak?

Jawaban:

NPM itu sama dengan NIM

 

25.  Untuk isian semester (IP/IPK) bagaimana ya mengisinya?

Jawaban:

Untuk mahasiswa/i semester 2, cukup mengisi IP dan IPK satu baris saja. Sedangkan mahasiswa/i di atas semester 2 mengisi 2 semester terakhir.

Misalkan kamu semester 4, punya IP dan IPK seperti di bawah ini:

             IP smt 1 = 4 IPK smt 1 = 4

             IP smt 2 = 3,8 IPK smt 2 = 3,9

             IP smt 3 = 3,2 IPK smt 3 =3,74

             Jadi yang kamu masukan adalah smt 2 dan smt 3.

 

26.  Kak, saya sudah semester 4 atau kak saya sudah semester 6, saya tidak tahu IPK semester sebelumnya. Bagaimana menghitungnya?

Jawaban:

Ada dua cara mudah, yang pertama

Untuk semester 4

IP 1 : IP semester 2

IP 2 : IP semester 3

IPK 1 : IPK sampai semester 2

IPK 2 : IPK sampai semester 3

 

Untuk semester 6

IP 1 : IP semester 4

IP 2 : IP semester 5

IPK 1 : IPK sampai semester 4

IPK 2 : IPK sampai semester 5

 

Atau dapat menggunakan cara yang kedua

Untuk menghitung IPK jika tidak diketahui, silakan download transkip IPK dan hitung manual dengan menggunakan rumus di bawah ini:

 https://3.bp.blogspot.com/-A9lZzwoLjmc/XK3z1Jl2FsI/AAAAAAAAAiU/A1Z2N0tIq-YVo8HJPA3llZjnycHDrxUmACLcBGAs/s1600/Untitled.png

27.  Kak kalau saya sudah registrasi tetapi saya belum menerima username dan password saya. Bagaimana ya kak?

Jawaban:

Pertama, cek email di inbox atau spam.

Kedua, jika tidak ada, silahkan ulangi untuk registrasi kembali. Jika muncul tulisan NIM sudah terdaftar, silakan mengirimkan email dan NIM yang didaftarkan kek contact person open recruitment beasiswa KSE UIN JKT

 

 

28.  Kak saya tidak bisa login, padahal username dan password sudah benar. Bagaimana ya kak?

Jawaban:

Silahkan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada contact person OPREC KSE UIN JKT

 

29.  Apabila alamat KTP dengan domisili berbeda bagaimana kak?

Jawaban:

Tidak apa-apa

 

30.  Kak bagaimana apabila salah mengisi jurusan bagaimana ya kak?

Jawaban:

Ada beberapa hal yang tidak bisa diubah dalam registrasi online, yakni nama, universitas, fakultas, jurusan, jenis kelamin dan NIM.

 

31.  Kak untuk penghasilan orang tua, apabila keduanya bekerja apakah di isi dua-duanya atau salah satu?

Jawaban:

Diisi dua-duanya, akan tetapi jika hanya salah satu yang bekerja silahkan masukan satu saja dan jika salah satu tidak bekerja silahkan mengisi keterangan, misalkan “Ibu saya tidak bekerja”

 

32.  Kak, biaya kuliah itu yang diisi bagian mana ya kak?

Jawaban:

Silahkan isi di bagian SPP

 

33.  Kak foto yang diupload itu yang 3X4 atau yang 3R?

Jawaban:

Dua-duanya di-upload, untuk pas foto menggunakan ukuran 3x4, sedangkan untuk fullbody menggunakan ukuran 3R dengan tidak melebihi 100 kb

 

 

 

 

 

34.  Kak IPK itu di dapat di mana?

Jawaban:

Di AIS pada bagian Laporan, lalu klik menu Index Prestasi Kumulatif, setelah itu di print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.

 

35.  Kartu Keluarga pakai fotocopy an boleh atau tidak?

Jawaban:

Boleh. Silakan di-scan dan di-upload

 

36.  Tagihan PLN itu wajib atau tidak?

Jawaban:

WAJIB

 

37.  Kak setelah mengisi data dan sudah logout,apakah  data masih bisa diedit atau tidak?

Jawaban:

Selama masih masa Registrasi Online, data masih bisa untuk diedit.

 

38.  Kak saya kalau mau daftar bagaimana ya kak?

Jawaban:

-Jika kamu TIDAK sedang menerima beasiswa KSE, namun pernah melakukan Registrasi Online pada tahun sebelumnya, silahkan klik dan lakukan Account Reactivation, kemudian perbaharui semua berkas yang sudah ada

-Jika kamu BELUM PERNAH melakukan Registrasi Online KSE, silakan klik dan pilih New Registration.     

 

 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama