• FAQ PENDAFTARAN BEASISWA KSE 2022-2023

        
    A. TENTANG KSE

    1. Apa itu KSE?
    Jawaban:
    Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI. 

    Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 35 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program-program kepada para Beswan KSE.

    2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE ?
    Jawaban:
    - Mahasiswa S1
    - Mahasiswa angkatan 2019-2021
    - Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun
    - Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan Indonesia
    -       Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima beasiswa
    -      Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif kegiatan sosial menjadi nilai lebih

    3. Apa saja yang didapat dari KSE?
    Jawaban:
    A. Uang saku sebesar Rp750.000 per bulan
    B. Mendapatkan program softskill
    C. Program Leadership, Career Coaching, Entrepreneur Academy, Workshop, Technology For Indonesia, dan Community Development
    D. Relasi se-Nusantara
    E. Pengalaman dan Pengetahuan
    F. Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan para donatur

    4. Apakah KSE membuka stand di kampus ?
    Jawaban:
    Sementara ini, kami tidak membuka information center dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuka stand di kampus



    B. PEMBERKASAN DAN ALUR PENDAFTARAN

    1. Alur Pendaftarannya seperti apa ?
    Jawaban:
    Secara umum, ada dua tahap seleksi, yaitu seleksi berkas (online) dan wawancara (online)
    A. Mengisi Registrasi Online pada tanggal 14-19 April 2022
    B. Penyeleksian berkas-berkas online
    C. Pengumuman yang lolos seleksi bekas online
    D. Pengumpulan dokumen (Hard file)
    E. Setelah dinyatakan lolos berkas akan diwawancarai oleh pihak yayasan, donatur dan alumni
    F. Resmi menjadi beswan KSE UIN JKT

    2. Kapan dan apakah harus melakukan registrasi online (Regol) terlebih dahulu ?
    Jawaban:
    Tanggal 14-19 April 2022

    3. Kak saya kalau mau daftar bagaimana ya kak?
    Jawaban:
    - Kunjungi laman beasiswa.or.id lalu pilih registrasi. Nanti akan muncul pertanyaan “Apakah anda sedang menjadi penerima Beasiswa KSE?” dan ada keterangan YA dan TIDAK
    - Silakan klik (YA) bagi yang sudah pernah mendaftar Beasiswa KSE pada tahun sebelumnya dan tidak sedang menerima beasiswa lain, lalu klik Reactivation Account serta perbaharui semua berkas yang sudah di upload sebelumnya.
    - Silakan klik (TIDAK) bagi yang belum pernah mendaftar Beasiswa KSE, lalu pilih New Registration.

    4. Bagaimana jika saya sudah mendaftar Registrasi Online, apakah harus mendaftar lagi ?
    Jawaban:
    Silahkan melakukan registrasi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan (reactivation account). Kemudian berkas-berkas yang sudah ada (sudah diupload sebelumnya) silahkan diperbaharui dengan berkas terbaru saat ini.

    5. Apakah jika saya tidak Registrasi Online, berarti tidak lolos?
    Jawaban:
    Iya betul, karena itu adalah syarat awal dan salah satu alur seleksi dari kami

    6. Apakah ada Sosialisasi Beasiswa KSE secara Online terkait dengan pendaftaran?
    Jawaban:
    Ya ada, melalui platform zoom. Untuk informasi lebih lanjut diharapkan untuk bergabung ke masing-masing group fakultas nya
    Link:

    FITK
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FITK
    FST
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FST
    FDI, FK, FIKES
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FDI_FK_FIKES
    FEB
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FEB
    FIDIKOM
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FIDIKOM
    FISIP, FPSI
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FISIP_FPSI
    FAH, FU
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FAH_FU
    FSH
    https://s.id/SosialisasiOnline2022_FSH


    7. Apakah harus ada file yang di upload pada saat registrasi online ?
    Jawaban:
    Dokumen yang perlu di-upload:
    A. Foto Close Up ukuran 3X4 memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background putih
    B. Foto Full Body dengan ukuran 3R memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background putih
    C. KTP (Jika belum punya atau hilang, silahkan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan)
    D. KTM (Jika hilang atau belum punya, silahkan menggunakan surat keterangan aktif kuliah dari Fakultas)
    E.   Kartu Keluarga (Jika orang tua bercerai atau belum di-update bisa menggunakan Kartu Keluarga yang lama)
    F. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (Jika orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua wirausaha, buruh dll bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW setempat lalu disahkan oleh pihak Kelurahan. Apabila kedua orang tua bekerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan)

    NOTE:
    - Slip gaji max 3 bulan sebelumnya
    - Jika sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silahkan lampirkan slip gaji yang ada kemudian di lampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada slip gaji yang lama) ‘sama’ seperti gaji yang diterima saat ini.

    G. Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir (Jika hilang bisa cetak langsung di kantor pelayanan PLN atau cek di situs PLN)
    H. Tagihan PAM (Jika ada)
    I. Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE dari Fakultas (Bukan surat keterangan aktif kuliah)
    J. Transkrip IPK (Wajib transkrip IPK tidak boleh KHS dan sudah harus ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat).
    Langkah-Langkah untuk mengetahui dan mendapatkan Transkrip IPK, yaitu Buka AIS Lalu, pilih menu Laporan Lalu, pilih menu Indeks Prestasi Kumulatif Setelah itu di print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik  Pusat.

    NOTE:
    - Kelengkapan berkas minimal 90%
    - File di atas harus di scan, kecuali poin 1 dan 2.
    - File dalam bentuk JPG atau JPEG
    - Seluruh Berkas yang diupload tidak melebihi 100 kb
    - Jika ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100 kb, kalian bisa memperkecil ukuran file
    - Berkas terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dari fakultas bisa diurus melalui: https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukan NIM dan Password AIS sebagai akses masuk.

    8. Kak foto yang diupload itu yang 3X4 atau yang 3R?
    Jawaban:
    Dua-duanya di-upload, untuk pas foto menggunakan ukuran 3x4, sedangkan untuk fullbody menggunakan ukuran 3R dengan tidak melebihi 100 kb

    9. Apabila alamat KTP dengan domisili berbeda bagaimana kak?
    Jawaban:
    Tidak apa-apa

    10. Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Fakultas atau Surat Keterangan Sedang tidak Menerima Beasiswa?
    Jawaban:
    Terdapat dua cara, yaitu:
    A. Melalui platform/sistem persuratan masing-masing TU tiap fakultas.
    B. Melalui sistem persuratan pusat UIN Jakarta, silakan  melakukan pengajuan ke link berikut  https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukkan NIM dan Password

    11. Bagaimana jika bapak saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?
    Jawaban:
    Silahkan meminta surat keterangan penghasilan dari RT/RW setempat, lalu disahkan oleh Kelurahan. Dengan menerangkan profesi orang tua dan penghasilan yang didapatkan. Jika penghasilan tidak menentu, bisa memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat “kurang lebih”

    12. Kak untuk penghasilan orang tua, apabila keduanya bekerja apakah di isi dua-duanya atau salah satu?
    Jawaban:
    Diisi dua-duanya, akan tetapi jika hanya salah satu yang bekerja silahkan masukan satu saja dan jika salah satu tidak bekerja silahkan mengisi keterangan, misalkan “Ibu saya tidak bekerja”

    13. Bagaimana jika saya menggunakan TOKEN LISTRIK?
    Jawaban:
    Listrik ada tiga tipe:
     
    1. Listrik biasa, silahkan pakai struk listrik perbulan, Jika pembelian tidak perbulan silahkan di akumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan)
    2. Pulsa listrik, bisa menggunakan PLN mobile silahkan screenshot pengeluaran selama satu bulan
    3. Listrik subsidi pemerintah, silahkan buat surat keterangan dari RT atau RW

    NOTE:
    Apabila bulan ini belum bayar, bisa menggunakan bulan sebelumnya (max 3 bulan sebelumnya)

    14. Yang di Upload adalah KHS atau IPK, Bagaimana Tanda Tangannya?
    Jawaban:
    Untuk yang di-upload wajib IPK yang harus sudah ditanda tangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat

    15. Kak IPK itu di dapat di mana?
    Jawaban:
    Di AIS pada bagian Laporan, lalu klik menu Index Prestasi Kumulatif, setelah itu di print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.

    16. Untuk isian semester (IP/IPK) bagaimana ya mengisinya?
    Jawaban:
    Untuk mahasiswa/i semester 2, cukup mengisi IP dan IPK satu baris saja. Sedangkan mahasiswa/i di atas semester 2 mengisi 2 semester terakhir.
    Misalkan kamu semester 4, punya IP dan IPK seperti di bawah ini 
    IP smt 1 = 4 
    IPK smt 1 = 4
    IP smt 2 = 3,8 
    IPK smt 2 = 3,9
    IP smt 3 = 3,2 
    IPK smt 3 =3,74
    Jadi yang kamu masukan adalah smt 2 dan smt 3.


    17. Kak, saya sudah semester 4 atau kak saya sudah semester 6, saya tidak tahu IPK semester sebelumnya. Bagaimana menghitungnya? 
    Jawaban:
    Ada dua cara mudah, yang pertama 
    Untuk semester 4
    IP 1 : IP semester 2
    IP 2 : IP semester 3
    IPK 1 : IPK sampai semester 2 
    IPK 2 : IPK sampai semester 3

    Untuk semester 6
    IP 1 : IP semester 4
    IP 2 : IP semester 5
    IPK 1 : IPK sampai semester 4 
    IPK 2 : IPK sampai semester 5

    Atau dapat menggunakan cara yang kedua Untuk menghitung IPK jika tidak diketahui, silahkan download transkrip IPK dan hitung manual dengan menggunakan rumus di bawah ini:



    18. Kartu Keluarga pakai fotocopy an boleh atau tidak?
    Jawaban:
    Boleh. Silakan di-scan dan di-upload
     
    19. Tagihan PLN itu wajib atau tidak?
    Jawaban:
    WAJIB

    20. Apakah kita harus mengirimkan berkas diatas dalam bentuk hard?
    Jawaban:
    Iya, WAJIB jika sudah dinyatakan lolos seleksi online. Kemudian mencetak semua berkas yang sudah diupload saat registrasi online (regol), serta print website regol

    21. Apakah ada ketentuan menulis essay? Apakah pengisian Essay-nya satu-satu atau jadi satu?
    Jawaban:
    Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Disarankan agar mengetik di word terlebih dahulu, lalu dipindahkan di web Registrasi Online. Untuk pengisian Essay, Satu-satu ya. Nanti saat registrasi online ada kolom sendiri-sendiri untuk mengisi masing-masing essay. Tidak ada ketentuan khusus untuk pembuatan essay, dibuat secara singkat dan jelas. Serta, dalam pembuatan essay disarankan terlebih dahulu membuat nya dalam dokumen word, agar nantinya lebih mudah dalam menyalin ke dalam web registrasi online serta memiliki arsip terkait essay yang telah dibuat.

    22. Apakah boleh save dan log-in kembali?
    Jawaban:
    Boleh, akan tetapi tidak lewat dari tanggal 19 April 2022 dan disarankan untuk segera menyelesaikan untuk menghindari server down serta diperhatikan kembali untuk kelengkapan berkasnya minimal 90%
     
    23. Bagaimana jika saya sudah mendaftar namun lupa ID dan Pass ?
    Jawaban:
    A. Cek kembali email yang digunakan pada saat mendaftar di inbox/spam
    B. Jika sudah tidak ada di email, silakan klik kolom Forgot Password
    C. Jika sudah klik Forgot Password dan belum dikirim juga
    D. Maka, silahkan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT

    24. Kak kalau saya sudah registrasi tetapi saya belum menerima username dan password saya. Bagaimana ya kak?
    Jawaban:
    Pertama, cek email di inbox atau spam.
    Kedua, jika tidak ada, silahkan ulangi untuk registrasi kembali. Jika muncul tulisan NIM sudah terdaftar, silakan mengirimkan email dan NIM yang didaftarkan ke contact person open recruitment beasiswa KSE UIN JKT

    25. Kak saya tidak bisa login, padahal username dan password sudah benar. Bagaimana ya kak?
    Jawaban:
    Silahkan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada contact person OPREC KSE UIN JKT

    26. Dimana saya bisa bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN JKT 2022/2023?
    Jawaban:
    Silakan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT yang tertera untuk tiap-tiap fakultas
    FITK, FST, FAH & FU (Zahra - 089673874219)
    FIDIKOM, FISIP, FPSI & FSH (Jeyhan - 089521015934)
    FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa - 089601603173)

    Note : Waktu aktif bertanya (08.00 - 21.00 WIB)


    27. Sudah re-activation tetapi tidak bisa login? Tampilan jika NIM sudah ada didatabase?
    Jawaban:
    Silakan mengirimkan email, nama dan NIM yang sudah didaftarkan kepada contact person OPREC KSE UIN JKT
    FITK, FST, FAH & FU (Zahra - 089673874219)
    FIDIKOM, FISIP, FPSI & FSH (Jeyhan - 089521015934)
    FDI, FK, FIKES & FEB (Zahwa - 089601603173)

    Note : Waktu aktif bertanya (08.00 - 21.00 WIB)


    28. NPM itu apa kak?
    Jawaban:
    NPM itu sama dengan NIM

    29. Kak bagaimana apabila salah mengisi jurusan bagaimana ya kak?
    Jawaban:
    Ada beberapa hal yang tidak bisa diubah dalam registrasi online, yakni nama, universitas, fakultas, jurusan, jenis kelamin dan NIM.

    30. Kak, biaya kuliah itu yang diisi bagian mana ya kak?
    Jawaban:
    Silahkan isi di bagian SPP

    31. Kak setelah mengisi data dan sudah logout, apakah data masih bisa diedit atau tidak?
    Jawaban:
    Selama masih masa Registrasi Online, data masih bisa untuk diedit.


    SEMANGAT !! 💪💪