A. TENTANG KSE
1. Apa itu KSE?
Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.
Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 35 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program-program kepada para Beswan KSE.
2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE?
- Mahasiswa S1.
- Mahasiswa angkatan 2020-2022.
- Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun, dibuktikan dengan surat rekomendasi atau surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa.
- Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan Indonesia.
- Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima beasiswa.
- Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif kegiatan sosial menjadi nilai lebih.
3. Apa saja yang didapat dari KSE?
- Uang saku sebesar Rp750.000 per bulan.
- Mendapatkan program softskill.
- Program Leadership, Career Coaching, Entrepreneur Academy, Workshop, Technology for Indonesia, dan Community Development.
- Relasi se-Nusantara.
- Pengalaman dan pengetahuan.
- Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan para donatur.
4. Apakah KSE membuka stand di kampus?
Ya, kita nanti akan membuka stand atau information center di Kampus 1 Taman FITK dekat Student Center dan gazebo.
Secara umum ada 2 tahap seleksi, yaitu seleksi berkas dan wawancara.
- Mengisi registrasi online pada tanggal 12 - 20 Maret 2023.
- Penyeleksian berkas-berkas online.
- Pengumuman yang lolos seleksi berkas online.
- Pengumpulan dokumen (hard file).
- Setelah dinyatakan lolos berkas, akan diwawancarai oleh pihak yayasan, donatur dan alumni.
- Resmi menjadi Beswan KSE UIN Jakarta 2023.
2. Kapan dan apakah harus melakukan registrasi online (regol) terlebih dahulu?
Tanggal 12 - 20 Maret 2023. Ya, seluruh calon beswan harus melakukan registrasi online terlebih dahulu.
3. Kak saya kalau mau daftar bagaimana ya kak?
- Kunjungi laman beasiswa.or.id lalu pilih Registration. Nanti akan muncul pertanyaan “Apakah anda sedang menjadi penerima Beasiswa KSE?” dan ada keterangan YA dan TIDAK.
- Silakan klik (YA) bagi yang sudah pernah mendaftar Beasiswa KSE pada tahun sebelumnya dan tidak sedang menerima beasiswa lain, lalu klik Reactivation Account serta perbaharui semua berkas yang sudah diupload sebelumnya.
- Silakan klik (TIDAK) bagi yang belum pernah mendaftar Beasiswa KSE, lalu pilih New Registration.
- Tata cara lengkap pendaftaran Beasiswa KSE bisa klik di sini.
4. Bagaimana jika saya sudah mendaftar registrasi online, apakah harus mendaftar lagi?
Silakan melakukan registrasi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan (Reactivation Account). Kemudian berkas-berkas yang sudah ada (sudah diupload sebelumnya) silakan diperbaharui dengan berkas terbaru saat ini.
5. Apakah jika saya tidak registrasi online, berarti tidak lolos?
Iya betul, karena itu adalah syarat awal dan salah satu alur seleksi dari kami.
6. Apakah ada sosialisasi Beasiswa KSE secara online terkait dengan pendaftaran?
Ada di hari Minggu, 5 Februari 2023 melalui platform zoom. Untuk informasi lebih lanjut diharapkan untuk bergabung ke grup fakultas masing-masing.
7. Apakah harus ada file yang diupload pada saat registrasi online?
- Foto Close Up ukuran 3x4 memakai almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background putih.
- Foto Full Body dengan ukuran 3R memakai almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background putih. NOTE: Bagi perempuan kerudung/jilbab dibebaskan tetapi tetap sopan dan rapi.
- KTP (jika belum punya atau hilang, silakan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan).
- KTM (jika hilang atau belum punya, silakan menggunakan surat keterangan aktif kuliah dari Fakultas).
- Kartu Keluarga (jika orang tua bercerai atau belum diupdate bisa menggunakan Kartu Keluarga yang lama).
- Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (jika orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua wirausaha, buruh, dan lain-lain bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW setempat lalu disahkan oleh pihak Kelurahan. Apabila kedua orang tua bekerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan).
- Slip gaji maksimal 3 bulan sebelumnya.
- Jika sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silakan lampirkan slip gaji yang ada kemudian dilampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada slip gaji yang lama) 'sama' seperti gaji yang diterima saat ini.
- Tagihan listrik 3 bulan terakhir (jika hilang bisa cetak langsung di kantor pelayanan PLN atau dapat screenshot melalui aplikasi PLN Mobile).
- Tagihan PDAM (jika ada).
- Tagihan Telkom (jika ada).
- Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE dari Fakultas (bukan surat keterangan aktif kuliah).
- Transkrip IPK (wajib transkrip IPK tidak boleh KHS dan sudah harus ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat). Langkah-langkah untuk mengetahui dan mendapatkan Transkrip IPK yaitu; Buka AIS, pilih menu Laporan, pilih menu Indeks Prestasi Kumulatif, print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.
- Vlog atau video durasi 1-2 menit mengenai profil diri, latar belakang keluarga/kehidupan dan kenapa saya membutuhkan beasiswa.
NOTE:
- Kelengkapan berkas minimal 90%.
- File di atas discan, kecuali poin 1, 2 dan 12.
- File dalam bentuk JPG atau JPEG.
- Seluruh berkas yang diupload max 100 kb.
- Jika ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100 kb, kalian bisa memperkecil ukuran file dengan compress file secara online.
- Berkas terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dari fakultas bisa diurus melalui link ini dengan memasukan NIM dan password AIS sebagai akses masuk atau bisa melalui e-letter fakultas masing-masing.
- Ketentuan video untuk saat ini belum ada, yang penting file video bisa dibuka di website registrasi online.
- Contoh Foto 3x4, Full Body 3R, dan video atau vlog (poin 1, 2 dan 12) bisa diakses melalui link ini.
8. Kak foto yang diupload itu yang 3x4 atau yang 3R?
Dua-duanya diupload, untuk pas foto menggunakan ukuran 3x4, sedangkan untuk full body menggunakan ukuran 3R dengan tidak melebihi 100 kb.
9. Apabila alamat KTP dengan domisili berbeda bagaimana kak?
Tidak apa-apa.
10. Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Fakultas atau Surat Keterangan Sedang tidak Menerima Beasiswa?
Terdapat dua cara, yaitu:
- Melalui platform/sistem persuratan masing-masing TU tiap fakultas.
- Fakultas Ushuluddin. Dapat langsung ke TU, ini akan lebih cepat diproses atau bisa langsung pakai e-letter.uinjkt.ac.id (biasanya balasan tidak terlalu lama, di bawah 1 pekan).
- Fakultas Adab dan Humaniora.
- Fakultas Sains dan Teknologi.
- Fakultas Syariah dan Hukum.
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
- Download surat yang dibutuhkan melalui link ini.
- Isi sesuai data diri dan keperluan pembuatan suratnya.
- Datang ke lantai 2 untuk penandatanganan surat oleh bagian yang bersangkutan.
- Fakultas Psikologi.
- Surat rekomendasi: Ibu Lilis akademik.
- TTD transkrip IPK: Email dan attach file ke prodi.psikologi@uinjkt.ac.id + konfirmasi ke Ibu Desi.
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.
- Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.
- Fakultas Dirasat Islamiyah.
- Fakultas Ilmu Kesehatan. Karena sudah offline maka sudah tidak ada e-letter, harus datang langsung ke kampus bagian TU atau bisa menghubungi Bapak Ridho terlebih dahulu.
- Melalui sistem persuratan pusat UIN Jakarta, silakan melakukan pengajuan ke link ini dengan memasukkan NIM dan password.
11. Bagaimana jika bapak saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?
Silakan meminta surat keterangan penghasilan dari RT/RW setempat, lalu disahkan oleh Kelurahan. Dengan menerangkan profesi orang tua dan penghasilan yang didapatkan. Jika penghasilan tidak menentu, bisa memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat “kurang lebih”.
12. Kak untuk penghasilan orang tua, apabila keduanya bekerja apakah diisi dua-duanya atau salah satu?
Diisi dua-duanya, akan tetapi jika hanya salah satu yang bekerja silakan masukan satu saja dan jika salah satu tidak bekerja silakan mengisi keterangan, misalkan “Ibu saya tidak bekerja”.
13. Bagaimana jika saya menggunakan token listrik?
Listrik ada tiga tipe:
- Listrik biasa, silakan pakai struk listrik perbulan, jika pembelian tidak perbulan silakan diakumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan).
- Pulsa listrik, bisa menggunakan PLN Mobile silakan screenshot pengeluaran selama satu bulan.
- Listrik subsidi pemerintah, silakan buat surat keterangan dari RT atau RW.
NOTE: Apabila bulan ini belum bayar, bisa menggunakan bulan sebelumnya (maksimal 3 bulan sebelumnya).
14. Yang diupload adalah KHS atau IPK, bagaimana tanda tangannya?
Untuk yang diupload wajib IPK yang harus sudah ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.
15. Kak IPK itu didapat di mana?
Di AIS pada bagian Laporan, lalu klik menu Indeks Prestasi Kumulatif, setelah itu print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.
16. Untuk isian semester (IP/IPK) bagaimana ya mengisinya?
Untuk mahasiswa/i semester 2, cukup mengisi IP dan IPK satu baris saja. Sedangkan mahasiswa/i di atas semester 2 mengisi 2 semester terakhir. Misalkan kamu semester 4, punya IP dan IPK seperti di bawah ini.
- IP semester 1 = 4
- IPK semester 1 = 4
- IP semester 2 = 3,8
- IPK semester 2 = 3,9
- IP semester 3 = 3,2
- IPK semester 3 = 3,74
Jadi yang kamu masukkan adalah semester 2 dan semester 3.
17. Kak, saya sudah semester 4 atau kak saya sudah semester 6, saya tidak tahu IPK semester sebelumnya. Bagaimana menghitungnya?
Cara pertama:
- Untuk semester 4
- IP 1: IP semester 2
- IP 2: IP semester 3
- IPK 1: IPK sampai semester 2
- IPK 2: IPK sampai semester 3
- Untuk semester 6
- IP 1: IP semester 4
- IP 2: IP semester 5
- IPK 1: IPK sampai semester 4
- IPK 2: IPK sampai semester 5
Cara kedua:
Untuk menghitung IPK jika tidak diketahui, silakan download transkrip IPK dan hitung manual dengan menggunakan rumus di bawah ini.
Boleh. Silakan discan dan diupload.
19. Tagihan PLN itu wajib atau tidak?
Wajib.
20. Apakah kita harus mengirimkan berkas di atas dalam bentuk hard copy?
Iya, wajib jika sudah dinyatakan lolos seleksi online. Kemudian mencetak semua berkas yang sudah diupload saat registrasi online (regol), serta print website regol.
21. Apakah ada ketentuan menulis esai? Apakah pengisian esainya satu-satu atau jadi satu?
Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Disarankan agar mengetik di word terlebih dahulu, lalu dipindahkan di web registrasi online. Untuk pengisian esai, satu-satu ya. Nanti saat registrasi online ada kolom sendiri-sendiri untuk mengisi masing-masing esai. Tidak ada ketentuan khusus untuk pembuatan esai, dibuat secara singkat dan jelas. Serta, dalam pembuatan esai disarankan terlebih dahulu membuatnya dalam dokumen word, agar nantinya lebih mudah dalam menyalin ke dalam web registrasi online serta memiliki arsip terkait esai yang telah dibuat.
22. Apakah boleh save dan login kembali?
Boleh, akan tetapi tidak lewat dari tanggal 20 Maret 2023 dan disarankan untuk segera menyelesaikan untuk menghindari server down serta diperhatikan kembali untuk kelengkapan berkasnya minimal 90%.
23. Bagaimana jika saya sudah mendaftar namun lupa ID dan password?
- Cek kembali email yang digunakan pada saat mendaftar di inbox/spam.
- Jika sudah tidak ada di email, silakan klik kolom Forgot Password.
- Jika sudah klik Forgot Password dan belum dikirim juga,
- Maka silakan menghubungi Contact Person Paguyuban KSE UIN Jakarta.
- FST dan FITK (Aulia)
- FDI, FK, FIKES dan FEB (Nurul)
- FDIKOM, FISIP dan FPsi (Novia)
- FAH, FU dan FSH (Tia)
24. Kak kalau saya sudah registrasi tetapi saya belum menerima username dan password saya. Bagaimana ya kak?
- Cek email di inbox atau spam.
- Jika tidak ada, silakan ulangi untuk registrasi kembali. Jika muncul tulisan NIM sudah terdaftar, silakan mengirimkan email dan NIM yang didaftarkan ke Contact Person Paguyuban KSE UIN Jakarta.
25. Kak saya tidak bisa login, padahal username dan password sudah benar. Bagaimana ya kak?
Silakan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada Contact Person Paguyuban KSE UIN Jakarta.
26. Di mana saya bisa bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN Jakarta 2023/2024?
Silakan menghubungi Contact Person Paguyuban KSE UIN Jakarta yang sudah tertera di atas untuk setiap fakultas.
NOTE: Waktu aktif bertanya (08.00 - 21.00 WIB)
27. Bagaimana ya kak, sudah reactivation tetapi tidak bisa login dan muncul notifikasi NIM sudah ada di database?
Silakan mengirimkan email, nama dan NIM yang sudah didaftarkan kepada Contact Person Paguyuban KSE UIN Jakarta.
28. NPM itu apa kak?
NPM itu sama dengan NIM.
29. Kak bagaimana apabila salah mengisi jurusan?
Ada beberapa hal yang tidak bisa diubah dalam registrasi online, yakni nama, universitas, fakultas, jurusan, jenis kelamin dan NIM.
30. Kak, biaya kuliah itu yang diisi bagian mana ya kak?
Silakan isi di bagian SPP.
31. Kak setelah mengisi data dan sudah logout, apakah data masih bisa diedit atau tidak?
Selama masih masa registrasi online, data masih bisa untuk diedit.
32. Apakah naik turunnya IPK dipertimbangkan untuk menerima Beasiswa KSE?
Terkait IPK merupakan wewenang yayasan KSE, sehingga kami tidak mengetahui atas pertanyaan tersebut.
SEMANGAT!! 💪💪
Kak, apa yang harus saya masukan di kolom terakhir pada registrasi "fill captcha text here"
BalasHapuskode yang tertera di gambar. apabila gambarnya kaga keluar, cek koneksi internet dan pastikan kamu aksesnya via pc/laptop atau apabila pake hape, pakai mode desktop yah. (sangat disarankan pake pc/laptop)
HapusKa.. Klo lupa password yang baru gimana??
BalasHapushubungi contact person ya. semangat
HapusPosting Komentar