Langsung ke konten utama

Tips Bangun Sahur Secara Mandiri

Kamu mahasiswa? Anak kos-kosan? Apa kabar dengan sahur dikosan tanpa ada yang membangunkan?
Mungkin untuk beberapa orang itu adalah hal yang biasa dilakukan. Seperti bangun sahur atau bahkan mendirikan shalat malam tanpa masalah ‘kebablasan tidur’. Namun bagaimana dengan orang yang sulit bangun terutama untuk sahur dibulan Ramadhan ini? Walaupun melaksanakan sahur adalah sunnah, namun sahur menjadi sangat penting mengingat kegiatan dan segala rutinitas yang sangat padat dan memerlukan energi lebih  bagi seorang mahasiswa. Jangan sampai kewajiban puasa menjadi alasan bagi terhambatnya segala aktivitas. Untuk itu, disini saya akan membantu kalian yang termasuk dalam kategori diatas. Tentang bagaimana sih tips bangun sahur secara mandri? Cekidot!
1.      Niat
Iya betul niat. Niatkan dalam hati untuk sahur, luruskan niat untuk beribadah. karena untuk mengawali segala sesuatu diperlukan niat dan tekad yang kuat. Ingin melakukan sesuatu tapi ga punya niat, mending gausah cyin..

2.      Hindari mengerjakan tugas di malam hari atau sampai larut malam
“Kenapa sih? Kan besok deadline nya pagi-pagi buta”
Akan lebih baik pada malam harinya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah seharian beraktivitas. Karena tubuh pun punya jatah untuk istirahat, jangan egois. Disamping hal itu, tugas itu akan membuat tidur tidak nyenyak dan kepikiran (terlebih jika tugasnya belum selesai) yang pada akhirnya akan membuat insomnia  dan hanya membuat kalian telat bangun sahur. Maka saya sarankan bangun lebih awal untuk mengerjakannya atau selesaikan tugas tersebut sebelum shalat tarawih.

3.      Pasang alarm
Untuk hal yang satu ini, sedikit banyak masih kurang efektif bagi sebagian orang. Karena apa? Karena setelah alarm berbunyi pemiliknya mematikan dan tidur lagi. Jujur saja itu terjadi hampir setiap pagi bukan? Nah sekarang lakukan dengan inovasi terbaru yakni dengan memasang lebih dari 2 alarm (minimlal 5) dengan interval maksimal 5 menit. Sebagai contoh pukul 3.00, pukul  3.05, pukul 3.10, pukul 3.15, dan pukul 3.20.
Jika dengan cara itu masih belum membantu, ternyata ada aplikasi yang ada pada playstore atau appstore yang dapat membantu membangunkan sahur salah satunya bernama “SpinMe Alarm Clock” cara kerjanya yaitu kalian diwajibkan bergerak untuk mematikan bunyi alarm. Dan diharuskan berdiri dan melakukan gerakan memutar sesuai dengan petunjuk yang ada dilayar smartphone tersebut.

4.      Jangan tidur diatas kasur
Masih ada hubungannnya dengan poin kedua, cobalah tidur diatas karpet atau tikar. InsyaAllah akan lebih mudah bangun di 1/3 malam terakhir.

Itulah tadi beberapa tips bangun sahur secara mandiri yang menurut saya ampuh untuk dilakukan. Karena beberapa dari poin tersebut saya telah membuktikan sendiri keampuhannya, semoga bermanfaat dan mempermudah dalam menjalankan ibadah puasa.

Afra Andreani Tirza
Divisi Rumah Bahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Leadership untuk Masa Depan Mahasiswa

Leadership atau biasa disebut kepemimpinan , merupakan cara seseorang untuk memimpin orang lain guna mencapai tujuan bersama. S eorang mahasiswa wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. M emiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi tidak bisa di peroleh dalam waktu satu malam , perlu pelatihan secara terus menerus. Se benarny a dalam diri setiap manusia telah diberikan anugerah dan potensi yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa . K ita hanya perlu mengasah potensi yang telah diberikan agar bisa bermanfaat bagi sesama. S alah satu upaya untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi adalah dengan ikut terlibat dalam berbagai kerjasama ( teamwork ) dalam suatu team . B ekerjasama dengan team membuat mahasiswa banyak belajar bagaimana memecahkan masalah, memberikan ide dan gagasan, mempengaruhi orang lain, serta merealisasikan ide dan gagasan tersebut dengan baik. P emimpin masa depan dilahirkan dari pemuda masa k ini.   Pemimpin yang saat ini bekerja untuk rakyat tidak serta

Beasiswa Wardah untuk Mahasiswi Semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Beasiswa Wardah untuk Mahasiswi Semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Hi, Inspiring Generation! Bagi Kamu mahasiswa S1/D4 yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan cita-cita agar siap hadapi dunia, Wardah mengajak Kamu untuk menjadi bagian dari Wardah Scholarship Program. Bersama Wardah, mari wujudkan mimpimu. Berikan dampak dan makna bagi orang-orang di sekitarmu.  Untuk informasi lebih lanjut kunjungi scholarship.wardahbeauty.com  Periode pendaftaran untuk UIN Jakarta dibuka pada 17 Oktober 2020 - 23 Oktober 2020 “Lanjutkan Cita-Cita, Siap Hadapi Dunia” "Program CSR Wardah di bidang pendidikan yang bertujuan mendukung perempuan Indonesia untuk melanjutkan cita-cita dan siap hadapi dunia." Tentang Wardah Scholarship Program Wardah, sebuah brand kecantikan yang berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation. Perusahaan yang dirikan oleh seorang perempuan bernama Nurhayati Subakat pada tahun 1985 lalu. Perusahaan ini memiliki visi untuk memberikan kebe

Peran Pemuda Memajukan Literasi di Daerah 3T

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada berkembangnya manusia dari yang tidak tahu menjadi tah u. D alam hal ini , pendidikan dapat diartikan juga sebagai proses memanusiakan manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mencapai taraf hidup dan menumbuhkembangkan kualitas diri. Ki Hajar Dewantara menjelaskan , pendidikan termasuk tuntutan dalam hidup dan tumbuh kembang anak-anak. M aksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Mutu Pendidikan Indonesia Dalam konteks Indonesia , pendidikan masih ada dalam taraf berkembang. Bahkan , menurut laporan yang dirilis oleh International Student Assessment  (PISA) pada 2018 lalu, Indonesia berada di posisi "tertinggal" dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam . Memang , mutu pendidikan di Indonesia terbilan