Langsung ke konten utama

Tips Bangun Sahur Secara Mandiri

Kamu mahasiswa? Anak kos-kosan? Apa kabar dengan sahur dikosan tanpa ada yang membangunkan?
Mungkin untuk beberapa orang itu adalah hal yang biasa dilakukan. Seperti bangun sahur atau bahkan mendirikan shalat malam tanpa masalah ‘kebablasan tidur’. Namun bagaimana dengan orang yang sulit bangun terutama untuk sahur dibulan Ramadhan ini? Walaupun melaksanakan sahur adalah sunnah, namun sahur menjadi sangat penting mengingat kegiatan dan segala rutinitas yang sangat padat dan memerlukan energi lebih  bagi seorang mahasiswa. Jangan sampai kewajiban puasa menjadi alasan bagi terhambatnya segala aktivitas. Untuk itu, disini saya akan membantu kalian yang termasuk dalam kategori diatas. Tentang bagaimana sih tips bangun sahur secara mandri? Cekidot!
1.      Niat
Iya betul niat. Niatkan dalam hati untuk sahur, luruskan niat untuk beribadah. karena untuk mengawali segala sesuatu diperlukan niat dan tekad yang kuat. Ingin melakukan sesuatu tapi ga punya niat, mending gausah cyin..

2.      Hindari mengerjakan tugas di malam hari atau sampai larut malam
“Kenapa sih? Kan besok deadline nya pagi-pagi buta”
Akan lebih baik pada malam harinya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah seharian beraktivitas. Karena tubuh pun punya jatah untuk istirahat, jangan egois. Disamping hal itu, tugas itu akan membuat tidur tidak nyenyak dan kepikiran (terlebih jika tugasnya belum selesai) yang pada akhirnya akan membuat insomnia  dan hanya membuat kalian telat bangun sahur. Maka saya sarankan bangun lebih awal untuk mengerjakannya atau selesaikan tugas tersebut sebelum shalat tarawih.

3.      Pasang alarm
Untuk hal yang satu ini, sedikit banyak masih kurang efektif bagi sebagian orang. Karena apa? Karena setelah alarm berbunyi pemiliknya mematikan dan tidur lagi. Jujur saja itu terjadi hampir setiap pagi bukan? Nah sekarang lakukan dengan inovasi terbaru yakni dengan memasang lebih dari 2 alarm (minimlal 5) dengan interval maksimal 5 menit. Sebagai contoh pukul 3.00, pukul  3.05, pukul 3.10, pukul 3.15, dan pukul 3.20.
Jika dengan cara itu masih belum membantu, ternyata ada aplikasi yang ada pada playstore atau appstore yang dapat membantu membangunkan sahur salah satunya bernama “SpinMe Alarm Clock” cara kerjanya yaitu kalian diwajibkan bergerak untuk mematikan bunyi alarm. Dan diharuskan berdiri dan melakukan gerakan memutar sesuai dengan petunjuk yang ada dilayar smartphone tersebut.

4.      Jangan tidur diatas kasur
Masih ada hubungannnya dengan poin kedua, cobalah tidur diatas karpet atau tikar. InsyaAllah akan lebih mudah bangun di 1/3 malam terakhir.

Itulah tadi beberapa tips bangun sahur secara mandiri yang menurut saya ampuh untuk dilakukan. Karena beberapa dari poin tersebut saya telah membuktikan sendiri keampuhannya, semoga bermanfaat dan mempermudah dalam menjalankan ibadah puasa.

Afra Andreani Tirza
Divisi Rumah Bahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah Kamu Perokok Pasif 3 Kali Lebih Berbahaya dari Perokok Aktif?

Banyak pakar kesehatan membuat pernyataan bahwa perokok pasif memiliki resiko mendapatkan penyakit berbahaya tiga kali lebih besar daripada perokok aktif. Pernyataan ini tentu saja tidak berarti bahwa perokok pasif sebaiknya menjadi perokok aktif agar resiko mendapatkan penyakit menurun. Namun, hal ini justru harus dijadikan perhatian bagi perokok aktif bahwa bahaya dari perilaku merokok mereka ternyata bisa menjangkiti keluarga tercinta.
Kosumsi rokok di Indonesia mencapai 215 miliyar batang per taunnya. Di indonesia ada 60% perokok, 59% diantaranya adalah laki laki  dan 37% nya perempuan (hasbihtc, 2011). Bahan dasar rokok adalah tembakau. Tembakau terdiri dari berbagai bahan kimia yang dapat membuat seseorang ketagihan, walaupun mereka tidak ingin mencobanya lagi. Beberapa bahan bahkan begitu beracun sehingga beberapa pabrik “rokok” besar biasanya akan memiliki standar yang tinggi untuk membuang bahan-bahan beracun yang sangat berbahaya tersebut, jumlah perokok di Indonesia menduduk…

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Paguyuban KSE UIN Jakarta

Setelah kegiatan kami pada sosialisasi kepada para pengurus Paguyuban KSE UIN Jakarta, dengan berbagai pertimbangan dan waktu yang tersedia untuk kami. Saat ini kami segenap anggota Paguyuban KSE UIN Jakarta telah melaksanakan kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

      Kami memilih penyelenggaraan sosialisasi ini secara outdoor, dimana Kami mendatangi para pekerja,pedagang, dan lainnya yang berada diwilayah sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta. Kegiatan ini terselenggara pada tanggal 12 Januari 2016. Diawali dengan meeting point di Lobby Timur Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan (FITK).
       Dan dilanjutkan dengan pembukaan serta pengarahan dari Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta (Apipudin). Penjelasan singkat mengenai sistem sosialisasi yang kami lakukan. Didalam kegiatan ini Kami membagikan brosur BPJS Ketenagakerjaan serta menjelaskan dan menjawab pertanyaan - pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan. Kami menyebar secara bersama-sama, bekerjasama melakukan s…

Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2019-2020

Karya Salemba Empat kembali membuka kesempatan kepada para Mahasiswa UIN Jakarta untuk ikut serta dalam Program Beasiswa Reguler Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2019/2020.

Beasiswa yang ditawarkan berupa tunjangan pendidikan yang akan diberikan kepada Mahasiswa Strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal semester kedua.

Persyaratan pendaftaran Beasiswa KSE:
Persyaratan penerima Beasiswa KSE :
1. Program Beasiswa diutamakan diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu
2. Mahasiswa yang bersangkutan belum menikah
3. Mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga atau pihak ketiga lain.
4. Beasiswa diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per bulan nya.
5. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan kedinasan atau apapun terhadap mahasiswa penerima maupun pihak Kampus.

Peserta WAJIB melakukan registrasi online di www.beasiswa.or.id
Peserta WAJIB mengisi seluru…