Langsung ke konten utama

Tingkatkan Taqwa, KORIDOR adakan Pesantren Ramadhan


Riuh siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Ruhul Amin sore itu Senin (12/6) ramai menyambut kegiatan Pesantren Ramadhan yang diadakan oleh Ambassador BPJS Ketenagakerjaan Batch 4 dengan Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta di SDI Ruhul Amin yang bertempat di Jalan Haji Abdul Gani No. 44 RT 02 RW 01 Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kegiatan Pesantren Ramadhan dengan tema Bersama Tingkatkan Taqwa ini diadakan selama tiga hari mulai hari Senin hingga Rabu, 12 s.d 14 Juni 2017. Hari pertama dan kedua diisi dengan materi Cinta Allah dan Cinta Rasulullah, sedangkan hari ketiga diisi dengan kegiatan lomba-lomba yaitu lomba mewarnai kaligrafi, hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari, dan lomba fashion show. Kegiatan ini diikuti sebanyak 43 siswa SDI Ruhul Amin.



Kegiatan ini mendapat respon postif dari pihak sekolah ”Bagus buat anak-anak untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka diisi dengan kegiatan yang positif. Karena tahun sebelumnya belum ada, yang biasanya hanya main-main sekarang jadi ada kegiatan” ujar Bu Rini salah satu Guru SDI Ruhul Amin.

“Apalagi kegiatan ini yang mengisi bukan dari gurunya, jadi mereka punya pengalaman baru untuk bertemu dengan orang baru. Dan kami berharap, setelah anak-anak akrab dengan kakak-kakak dari KSE, kolaborasinya terus berjalan. Jadi jika nanti ada kegiatan yang kita bisa dilibatkan, bisa dilibatkan lagi” lanjut bu Rini.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini juga dilanjutkan dengan buka bersama semua beswan KSE UIN Jakarta. Di akhir pertemuan, disampaikan beberapa hal mengenai kegiatan paguyuban selanjutnya serta pengumuman beswan teraktif selama tiga bulan terakhir. Apipudin ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta berharap kegiatan Pesantren Ramadhan ini bisa menjadi salah satu ladang ibadah kita di bulan Ramadhan.

Penulis dan Dokumentator : Ginanjar Ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Leadership untuk Masa Depan Mahasiswa

Leadership atau biasa disebut kepemimpinan , merupakan cara seseorang untuk memimpin orang lain guna mencapai tujuan bersama. S eorang mahasiswa wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. M emiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi tidak bisa di peroleh dalam waktu satu malam , perlu pelatihan secara terus menerus. Se benarny a dalam diri setiap manusia telah diberikan anugerah dan potensi yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa . K ita hanya perlu mengasah potensi yang telah diberikan agar bisa bermanfaat bagi sesama. S alah satu upaya untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi adalah dengan ikut terlibat dalam berbagai kerjasama ( teamwork ) dalam suatu team . B ekerjasama dengan team membuat mahasiswa banyak belajar bagaimana memecahkan masalah, memberikan ide dan gagasan, mempengaruhi orang lain, serta merealisasikan ide dan gagasan tersebut dengan baik. P emimpin masa depan dilahirkan dari pemuda masa k ini.   Pemimpin yang saat ini bekerja untuk rakyat tidak serta

Peran Pemuda Memajukan Literasi di Daerah 3T

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada berkembangnya manusia dari yang tidak tahu menjadi tah u. D alam hal ini , pendidikan dapat diartikan juga sebagai proses memanusiakan manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mencapai taraf hidup dan menumbuhkembangkan kualitas diri. Ki Hajar Dewantara menjelaskan , pendidikan termasuk tuntutan dalam hidup dan tumbuh kembang anak-anak. M aksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Mutu Pendidikan Indonesia Dalam konteks Indonesia , pendidikan masih ada dalam taraf berkembang. Bahkan , menurut laporan yang dirilis oleh International Student Assessment  (PISA) pada 2018 lalu, Indonesia berada di posisi "tertinggal" dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam . Memang , mutu pendidikan di Indonesia terbilan

FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat

  FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat 1.      Apa itu KSE? Jawaban: Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.   Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 34 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indo