A. TENTANG KARYA SALEMBA EMPAT (KSE)
1. Apa itu KSE?
Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.
Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 35 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program-program kepada para Beswan KSE.
2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE?
- Mahasiswa S1
- Mahasiswa angkatan 2022-2024 (semester 2, 4 dan 6).
- Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun dibuktikan dengan surat rekomendasi/surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa
- Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan Indonesia
- Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima beasiswa
- Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif kegiatan sosial menjadi nilai lebih
3. Apa saja yang didapat dari KSE?
- Uang saku sebesar Rp750.000 per bulan
- Mendapatkan program softskill
- Program Leadership, Career Coaching, Entrepreneur Academy, Workshop, Technology For Indonesia, dan Community Development
- Relasi se-Nusantara
- Pengalaman dan Pengetahuan
- Berkesempatan untuk bekerja di perusahaan para donatur
- Mengisi Registrasi Online pada tanggal 16 - 25 Maret 2025
- Penyeleksian berkas-berkas online
- Pengumuman yang lolos seleksi berkas online
- Pengumpulan dokumen (Hard file)
- Setelah dinyatakan lolos berkas akan dilakukan proses wawancara
- Resmi menjadi beswan KSE UIN JKT 2025/2026
- Kunjungi laman beasiswa.or.id lalu pilih registrasi. Nanti akan muncul pertanyaan “Apakah anda sedang menjadi penerima Beasiswa KSE?” dan ada keterangan YA dan TIDAK
- "Apakah Anda PERNAH Melakukan Registrasi Online KSE Tahun Ini Atau Tahun Sebelumnya?" dan ada keterangan YA dan TIDAK.
- Silakan klik (YA) bagi yang sudah pernah mendaftar Beasiswa KSE pada tahun sebelumnya dan tidak sedang menerima beasiswa lain, lalu klik Reactivation Account serta perbaharui semua berkas yang sudah di upload sebelumnya.
- Silakan klik (TIDAK) bagi yang belum pernah mendaftar Beasiswa KSE, lalu pilih New Registration.
- Tata cara lengkap pendaftaran Beasiswa bisa kunjungi di laman berikut ini: https://kse.or.id/info_and_news/information/Tata-Cara-Registrasi-Online-KSE
- Foto Close Up ukuran 3x4 memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background putih
- Foto Full Body dengan ukuran 3R memakai Almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan background puti
Catatan:
- Bagi perempuan kerudung/jilbab dibebaskan tetapi tetap sopan dan rapi. - KTP (Jika belum punya atau hilang, silahkan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan)
- KTM (Jika hilang atau belum punya, silahkan menggunakan surat keterangan aktif kuliah dari Fakultas)
- Kartu Keluarga (Jika orang tua bercerai atau belum di-update bisa menggunakan Kartu Keluarga yang lama)
- Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (Jika orang tua pensiunan bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua wirausaha, buruh, dll bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW setempat lalu disahkan oleh pihak Kelurahan. Apabila kedua orang tua bekerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan)
Keterangan:
- Slip gaji max 3 bulan sebelumnya
- Jika sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silahkan lampirkan slip gaji yang ada kemudian di lampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada slip gaji yang lama) ‘sama’ seperti gaji yang diterima saat ini. - Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir (Jika hilang bisa cetak langsung di kantor pelayanan PLN atau dapat di screenshot melalui aplikasi PLN Mobile)
- Tagihan PDAM (Jika ada)
- Tagihan Telkom (Jika ada)
- Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE dari Fakultas (Bukan surat keterangan aktif kuliah)
- Transkrip IPK (Wajib Transkrip IPK bagi angkatan 22 dan 23) atau KHS (Wajib KHS bagi angkatan 24) yang sudah harus ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat (khusus Transkrip IPK). Contoh Transkrip IPK/KHS bertandatangan bisa diakses di sini https://bit.ly/ContohLembarKHSdanIPK
- Langkah-Langkah untuk mengetahui dan mendapatkan Transkrip IPK, yaitu Buka AIS. Pilih menu Laporan. Lalu, pilih menu Indeks Prestasi Kumulatif. Setelah itu di print dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.
- Vlog atau video durasi 1-2 menit mengenai profil diri, latar belakang keluarga/kehidupan dan kenapa saya membutuhkan beasiswa
- Kelengkapan berkas minimal 90%
- File dalam bentuk JPG atau JPEG
- Seluruh Berkas yang diupload tidak melebihi 100 kb
- Jika ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100 kb, kalian bisa memperkecil ukuran file dengan mengkompres file secara online
- Berkas terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain melalui e-letter fakultas masing-masing.
- Ketentuan video untuk saat ini belum ada, yang penting file video bisa di buka di website registrasi online.
- Contoh foto 3x4, Full body 3R, dan Video atau Vlog (Poin A, B, dan L) bisa diakses melalui link berikut: bit.ly/ContohFotodanVideoOPRECKSE2025
- Fakultas Ushuluddin Menggunakan e-letter https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul, masuk menggunakan akun AIS. Klik proses=> Status Mahasiswa => Tambah data => Isi data dan jenis surat yang dibutuhkan => kemudian simpan. Setelah itu tunggu beberapa hari untuk mendapatkan email dari Fakultas terkait surat yang sudah di TTD. (Biasanya balasan tidak terlalu lama, dibawah 1 pekan)
- Fakultas Adab & Humaniora https://sites.google.com/view/akademik-fah-uin-jakarta/persuratan-mahasiswa
- Fakultas Sains & Teknologi Menggunakan e-letter yang bisa diakses melalui link berikut https://e-letter.fst.uinjkt.ac.id/, di web tersebut sudah tercantum tutorialnya di pdf. Surat akan diproses dalam beberapa hari (Khusus untuk angkatan 24, hanya bisa membuat surat secara offline melalui Kabag TU FST lantai 2)
- Fakultas Syariah & Hukum Secara online langsung akses saja drive berikut yang isinya surat-surat kebutuhan mahasiswa. https://drive.google.com/drive/folders/1CR13pH5Ufcz_v0YJTmid3KjX1R_MUxl1?usp=sharing Cari surat yang dibutuhkan lalu isi. Setelah itu, kirim melalui email akademik.fsh2023@gmail.com Nantinya dalam beberapa jam akan dikirim kembali surat yang sudah di TTD.
- Fakultas Ekonomi & Bisnis Terdapat 2 opsi:
- Pertama, boleh langsung datang ke ruangan kasubag umum FEB lantai 2 nanti langsung tanya aja ke yang ada disana untuk dibuatkan surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa dan insyaallah akan langsung jadi di tempat. - Kedua, bisa melalui link berikut : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScNkIfRQ97Umf9vYQxhJQKn4I4CA4qWu6ci0GE17ksjUG9TMw/viewform Isi saja google formnya kategori surat keterangan dan isi bagian tujuan pembuatan surat yaitu "Surat Keterangan Sedang Tidak Menerima Beasiswa" dan lewat online ini mungkin agak lama bisa 2 hari baru nanti suratnya dikirim via email. - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
- Download surat yang dibutuhkan, melalui link berikut: https://s.id/surat-fitk?s=qr
- Isi sesuai data diri dan keperluan pembuatan suratnya
- Datang ke lt. 2 untuk penandatanganan surat oleh bagian yang bersangkutan - Fakultas Psikologi Datang ke bidang akademik fakultas, kemudian minta tolong untuk dibuatkan surat keterangan tidak mendapatkan beasiswa lain. Tunggu beberapa hari, kemudian nanti cek berkala lagi ke akademik untuk menanyakan surat sudah jadi atau belum. Surat rekomendasi: pak Uan akademik : 085383577016 TTD Transkrip Ipk: email dan attach file ke prodi.psikologi@uinjkt.ac.id
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Datang ke TU FISIP UIN Jakarta, nanti akan diarahkan untuk mengisi format “Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa Lain” yang telah disediakan di komputer layanan yang berada di ruangan tersebut. Setelah selesai mengisi format suratnya langsung kirim melalui email sariyah@uinjkt.ac.id untuk kemudian ditandatangani oleh pihak kampus, jika ingin memastikan bahwa surat tersebut telah terkirim maka bisa konfirmasi ulang ke pihak TU (Bu Sariyah) bahwa suratnya telah terkirim. Untuk berapa lama surat tersebut di proses, bisa langsung menanyakan ke pihak TU, karena waktu lama prosesnya tidak menentu sehingga kita tidak harus bolak-balik ke TU. https://fisip.uinjkt.ac.id/surat-mahasiswa
- Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi Dapat langsung mengunjungi laman persuratan FDIKOM https://simperdakom.com/login untuk username dan password menggunakan NIM kemudian pilih cetak surat dengan pilihan elektronik, nanti file akan berbentuk pdf biasanya akan diproses di hari yang sama jika bikin di hari kerja dan jam kerja atau paling lama diproses 1 hari kerja. Jika berkendala bisa langsung mengunjungi e-letter uinjkt.ac.id (Biasanya balasan tidak terlalu lama kurang dari 1 pekan). Apabila keduanya berkendala, bisa langsung mengunjungi TU untuk konfirmasi lebih lanjutnya.
- Fakultas Dirasat Islamiyah https://fdi.uinjkt.ac.id
- Fakultas Ilmu Kesehatan Karena sudah offline jadi tidak pakai e-letter, harus datang langsung ke kampus bagian TU/Administrasi di lantai 1 kampus FIKES UIN Jakarta, atau bisa hubungi https://wa.me/6283893143617 (pak ridho) terlebih dahulu. Nanti akan diarahkan ke komputer layanan samping ruang administrasi untuk mengisi pada template Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa Lain, setelah mengisi suratnya langsung di print pada layanan komputer tersebut dan suratnya ditaruh atau diberikan di Ruang Administrasi untuk kemudian akan di TTD oleh Wadek bidang Kemahasiswaan, kemudian di cek berkala suratnya di ruang administrasi agar bisa segera diambil
- Listrik biasa, silakan pakai struk listrik perbulan, Jika pembelian tidak perbulan silakan di akumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan)
- Pulsa listrik, bisa menggunakan PLN mobile silakan screenshot pengeluaran selama satu bulan
- Listrik subsidi pemerintah, silakan buat surat keterangan dari RT atau RW
- Untuk semester 4
- Untuk semester 6
- IP semester A [ditambah] IP Semester B [ditambah] IP semester C [dibagi] jumlah semester yang ditempuh
- Cek kembali email yang digunakan pada saat mendaftar di inbox/spam
- Jika sudah tidak ada di email, silakan klik kolom Forgot Password
- Jika sudah klik Forgot Password dan belum dikirim juga
- Maka, silahkan menghubungi contact person Paguyuban KSE UIN JKT
- FU & FAH: 0813-8974-6673 (Gamal)
- FSH: 0878-8992-9627 (Luthfi)
- FST: 0815-5686-6299 (Dinda)
- FITK: 0813-8291-8051 (Niki)
- FEB: 0896-3748-1476 (Tegar)
- FDI & FIKES: 0812-9532-9655 (Nurul)
- FPSI & FISIP: 0857-7197-6578 (Rara)
- FDIKOM: 0857-1017-8212 (Khansa) Catatan : Waktu aktif bertanya (08.00 - 12.00 WIB dan 13.00 - 21.00 WIB)
- FU & FAH: 0813-8974-6673 (Gamal)
- FSH: 0878-8992-9627 (Luthfi)
- FST: 0815-5686-6299 (Dinda)
- FITK: 0813-8291-8051 (Niki)
- FEB: 0896-3748-1476 (Tegar)
- FDI & FIKES: 0812-9532-9655 (Nurul)
- FPSI & FISIP: 0857-7197-6578 (Rara)
- FDIKOM: 0857-1017-8212 (Khansa)
- Online melalui email akd@apps.uinjkt.ac.id
- Offline ke gedung Akademik
Posting Komentar