Tahukah Kamu ? Tentang Hari Raya Idul Fitri?

Idul fitri atau juga ditulis dengan Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر 'Īdul-Fiṭr) adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H tahun ini jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 tepatnya pada Hari Minggu.

Hari Raya Idul Fitri di Indonesia diperingati sebagai hari libur nasional, yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang mayoritas Muslim. Biasanya, penetapan Idul Fitri ditentukan oleh pemerintah, namun beberapa ormas Islam menetapkannya berbeda. Idul Fitri di Indonesia disebut dengan Lebaran, di mana sebagian besar masyarakat pulang kampung (mudik) untuk merayakannya bersama keluarga. Selama perayaan, berbagai hidangan disajikan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat familiar di Indonesia, dan Malaysia. Bagi anak-anak, biasanya para orang tua memberikan uang raya kepada mereka. Selama perayaan, biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan "halal bi-halal", memohon maaf dan keampunan kepada mereka. Beberapa pejabat negara juga mengadakan open house bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi.

Momen mudik di Hari Raya Idul Fitri ini menjadi perhatian oleh pmerintah, dimana saat ini pemerintah lagi gencarnya untuk memperbaiki infrastruktur yang akan di lalui oleh para pemudik. Namun tak kalah juga dengan berbagai peristiwa yang terjadi, kecelakaan misalnya dengan banyaknya para pemudik yang ingin merayakan Lebaran mereka di kampung halaman bersama orang-orang tercinta ini menjadi penyebab juga kadang para pemudik tidak hati-hati dalam mengendarai kendaraan mereka, yang akhirnya momen yang sangat ditunggu untuk kebahagiaan bersama berubah menajdi sebuah derita. Untuk itu kepada semua pengendara yang hendak melakukan perjalanan mudiknya diharapkan berhati-hati dan lengkapi semua masalah yang trekait dengan surat menyurat dan perhatikan selalu keadaan kendaraannya apakah layak jalan atau tidak. Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen bagi umat islam dalam menggunakan baju yang serba baru, ada lagu yang terus terdengar di saat momen ini tiba yang selalu ditanyangkan di televisi yaitu “Baju Baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya”

Idul Fitri sendiri memiliki keterkaitan makna dengan tujuan akhir yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa. Idul Fitri secara bahasa atau etimologi bisa berarti Hari Raya Kesucian atau bisa juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan  fitrah (fitri).

Reza Afifah Kurnia H
Divisi Media, komunikasi, dan Informasi

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama