CARA CELOTEH MELALUI MEDIA INTERNET (PROAKTIF PSDM JUNI 2022)

 


    Halo, teman-teman pembaca sekalian! Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas solusi bagi teman-teman semua yang ingin membagikan ide, gagasan, atau sekadar membagikan pengalaman, tapi bingung bagaimana melakukannya. Pernah tidak saat sedang melamun atau sedang bersemadi di dalam kamar, tiba-tiba kita mempunyai ide brilian, tapi kita tidak bisa mengekspresikannya? Kalau saya sering, makanya saya buat tulisan ini sebagai solusi bagi saya dan juga teman-teman semua, yakni melalui internet.

Perkembangan internet yang begitu pesat jelas memberikan beragam opsi media, mulai dari media sosial, blog pribadi, forum web, artikel online, dan lainnya. Nah, teman-teman pilih dulu ini kira-kira lebih familier dan cocok dengan yang mana. Misal saya memilih media sosial Instagram dan artikel online sebab saya sudah sering menulis melalui dua media tersebut.

Setelah memilih media yang akan digunakan, teman-teman bisa menulis garis besar gagasan atau hal yang ingin teman-teman utarakan. Saran dari saya jangan memikirkan judul atau pun tema terlebih dahulu, tapi langsung saja tulis apa yang teman-teman ingin tulis. Bagi saya judul dan tema tulisan itu bisa ditentukan nanti.

Jika sudah mulai menulis, cobalah cari referensi dan rujukan yang kredibel. Tidak seperti tulisan fiksi yang berdasarkan imajinasi, menulis artikel membutuhkan sumber atau referensi yang benar. Caranya adalah dengan membaca hasil penelitian atau buku-buku yang relevan dengan tema artikel yang ingin ditulis. Memberikan referensi yang kredibel akan membantu meraih kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kamu tulis. Tujuannya agar informasi yang disampaikan lebih akurat dan tidak terbatas pada opini saja, tapi juga berlandaskan fakta.

Ketika teman-teman menulis artikel, tulislah dengan kalimat efektif yang mudah dipahami dan langsung kepada inti atau gagasannya. Hindari bertele-tele hanya untuk memperpanjang artikel dan memperbanyak jumlah kata, karena hal ini berpotensi membuat kalimat yang ditulis menjadi sulit dimengerti dan membosankan. Tulislah informasi dengan kata-kata yang jelas agar pembaca mendapatkan pemahaman yang maksimal terkait isu atau ide tulisan yang ditulis.

Nah, setelah teman-teman selesai menulis, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi dan mengecek kembali hasil tulisannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan dan kalian juga dapat mengkaji tulisan yang telah ditulis, apakah tulisan tersebut sudah sesuai dengan maksud kalian atau belum.

Saya mengatakan kalau judul dan tema tulisan itu bisa tentukan nanti. Kalian bisa menentukan judul dan tema di tengah-tengah penulisan atau saat mengevaluasi tulisan yang sudah selesai. Jangan lupa, buatlah judul yang menarik agar menarik minat para pembaca untuk membaca tulisan kalian.

Terakhir, teruslah berlatih dengan menulis beragam hal yang teman-teman pikirkan. Baik itu gagasan, ide, atau hanya sekadar membagikan pengalaman. Hal itu dapat membantu teman-teman lebih lancar dalam menulis ke depannya.


CONVERSATION