MINDSET YANG BAIK KUNCI UTAMA DALAM KESUKSESAN MENULIS




 
(Sabtu, 24/09/22) Paguyuban KSE UIN Jakarta melaksanakan kegiatan realisasi kegiatan eksternal perdana yaitu KSE Skill Training (KST) I dengan tema Kiat Penulisan Artikel dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bereputasi.

Tema ini dipilih mengingat urgensi terkait kemampuan kepenulisan yang baik bagi generasi muda terutama di kalangan mahasiswa. Eka Mulyo Yunus, Best Paper, Presenter dan Penulis Tercepat Academic Writing Cultural Islamic Studies 2021, selaku pemateri membuka sesi materi kepenulisan dengan perkataan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Ali bin Thalib, yang berbunyi “Semua manusia itu pasti akan mati kecuali karyanya, maka menulislah yang akan membuat kamu itu bahagia, baik di dunia maupun di akhirat”. Qoutes ini menyampaikan pesan secara mendalam bahwa di dalam sebuah tulisan yang baik terdapat ilmu – ilmu yang bermanfaat yang dapat bertransformasi menjadi amal jariyah bagi seorang Muslim. Maka dari itu, kemampuan menyampaikan informasi lewat tulisan merupakan suatu keahlian yang perlu untuk dimiliki oleh semua orang.

Dokumentasi Kegiatan

Dalam sesi webinar, Eka menjelaskan bahwa penyebab utama dari keengganan manusia menulis adalah tidak adanya motivasi atau tekad yang serius serta pola pikir yang salah terkait kepenulisan. Eka menambahkan bahwa “Kita harus menanamkan pada diri kita bahwa menulis tidaklah sulit. Kita bisa memulai dengan menulis hal – hal sederhana seperti menulis catatan harian atau keluhan kita terhadap kehidupan”.

Dengan pola pikir yang baik, akan mendorong kita untuk termotivasi dalam melakukan kegiatan kepenulisan. Lebih lanjut Eka menambahkan bahwa “Setelah memiliki pola pikir yang benar, maka selanjutnya kita harus memiliki motivasi yang dibarengi dengan konsistensi”. Konsistensi yang dimaksud adalah bagaimana kita dapat meluangkan waktu kita secara sukarela untuk membiasakan diri kita menulis.

Setelah menjadikan menulis sebagai keseharian, kita dapat mempelajari dan menerapkan kaidah serta struktur kepenulisan yang baik dan benar. Kaidah atau struktur ini pada umumnya diimplementasikan dalam penulisan artikel ilmiah dan jurnal. Sebagai pemula, langkah awal yang dapat kita lakukan adalah mencontoh tulisan ilmiah yang sudah terakreditasi. Selanjutnya, secara perlahan kita dapat melakukan variasi kepenulisan lewat teknik parafrase kalimat.

“Good writer is a good reader” Eka juga menambahkan bahwa seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Secara lebih luas ia juga mengatakan bahwa semakin banyak sudut pandang yang digunakan dalam kepenulisan, maka tulisan yang dihasilkan akan semakin menarik.  

Penyerahan Sertifikat Kepada Pemateri



Divisi Riset dan Teknologi

Kabinet Sejua

Sharing, Networking, and Developing


📷 IG @kseuinjkt

🐣 Twitter @kseuinjkt

🔎 LINE @jedqu494

🌐 Web kseuinjkt.or.id

Email beasiswakse@uinjkt.ac.id

CONVERSATION