Langsung ke konten utama

Tips Ampuh Manajemen Waktu untuk Mahasiswa



Apakah kamu mahasiswa yang super duper sibuk? Banyak sekali aktivitas seperti kuliah, organisasi bahkan berbisnis juga kamu lakukan demi mencapai impianmu. Kita tahu bahwa mahasiswa mempunyai aktivitas yang cukup banyak diluar rutinitas kuliah. Aktivitas para mahasiswa dapat berupa kuliah, kegiatan diluar kampus, mengerjakan tugas, organisasi, belum lagi ada mahasiswa yang sudah nyambi kerja. Akan tetapi mahasiswa juga dituntut untuk mempunyai tanggung jawab untuk setiap aktivitasnya.
Kita dituntut mampu menyeimbangkan kehidupan kampus dan diluar kampus. Jangan sampai mengesampingkan kuliah, maka hal tersebut malah akan memperlama masa studi kita sendiri. Kita harus ingat keinginan orang tua yang ingin anaknya cepat lulus dari kuliahnya. Ada beberapa tips yang dapat dijalankan oleh kamu sebagai mahasiswa untuk bisa mengatur waktumu dengan baik yaitu :
1.Buatlah jadwal waktu untuk diri sendiri
Kita perlu meluangkan waktu sejenak untuk menyendiri serta menghindari rutinitas oraganisasi yang membuat kita penat. Kita dapat menyendiri dalam kamar kita tanpa ada gangguan dari siapapun. Bila didengar hal itu mengerikan, akan tetapi hal itu penting dilakukan agar kita tidak bosan dengan rutinitas kita sendiri.
2.Buatlah perencanaan
Kita dapat menulis setiap tugas-tugas kita, kegiatan, ataupun jadwal kerja kita. Kita dapat menggunakan selembar kertas kecil untuk menuliskan segala aktivitas kita. Baik itu terperinci dari makan, tidur, mengerjakan tugas, dan lainya. Mungkin itu terlihat sepele, tapi hal itu bisa membuat kita tidak menunda-nunda semua aktivitas. Ketika sudah biasa, lama-kelamaan kita akan terbiasa untuk melakukan semua aktivitas dengan tepat waktu.

3.Buatlah skala prioritas
Kita juga pasti tahu bahwa semua aktivitas kita mempunyai skala prioritas yang berbeda. Sehingga kita harus pandai-pandai untuk mengatur jadwal aktivias sesuai dengan skala prioritas yang kita butuhkan.

Tapi jangan lupa kuliah merupakan prioritas utama ya, karena tujuan kita jauh-jauh merantau kan ingin kuliah dan mencari ilmu bukan lainnya. Dengan kita mendapat nilai yang bagus orang tua bisa bangga terhadap kita kan, tapi ingat nilai bukanlah segalanya

4. Selalu uptude informasi dari dosen
Bila kita aktif dalam sebuah organisasi, lalu berpikir dapat berakibat kita tertinggalnya informasi dalam perkuliahan. Untuk menghindari hal tersebut kita dapat menjalin hubungan yang baik terhadap dosen. Dengan menjalin hubungan yang baik tersebut diharapkan dosen dengan senang hati memberi informasi penting yang mungkin belum kita ketahui. Baik itu dalam tugas, kuliah pengganti, dan sebagainya.

Inilah tips agar kita dapat mengatur waktu, sehingga kita dapat menjalankan segala aktivitas. Semoga bermanfaat ya


Penulis  :  Syarifatul Jannah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Leadership untuk Masa Depan Mahasiswa

Leadership atau biasa disebut kepemimpinan , merupakan cara seseorang untuk memimpin orang lain guna mencapai tujuan bersama. S eorang mahasiswa wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. M emiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi tidak bisa di peroleh dalam waktu satu malam , perlu pelatihan secara terus menerus. Se benarny a dalam diri setiap manusia telah diberikan anugerah dan potensi yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa . K ita hanya perlu mengasah potensi yang telah diberikan agar bisa bermanfaat bagi sesama. S alah satu upaya untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi adalah dengan ikut terlibat dalam berbagai kerjasama ( teamwork ) dalam suatu team . B ekerjasama dengan team membuat mahasiswa banyak belajar bagaimana memecahkan masalah, memberikan ide dan gagasan, mempengaruhi orang lain, serta merealisasikan ide dan gagasan tersebut dengan baik. P emimpin masa depan dilahirkan dari pemuda masa k ini.   Pemimpin yang saat ini bekerja untuk rakyat tidak serta

Peran Pemuda Memajukan Literasi di Daerah 3T

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada berkembangnya manusia dari yang tidak tahu menjadi tah u. D alam hal ini , pendidikan dapat diartikan juga sebagai proses memanusiakan manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mencapai taraf hidup dan menumbuhkembangkan kualitas diri. Ki Hajar Dewantara menjelaskan , pendidikan termasuk tuntutan dalam hidup dan tumbuh kembang anak-anak. M aksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Mutu Pendidikan Indonesia Dalam konteks Indonesia , pendidikan masih ada dalam taraf berkembang. Bahkan , menurut laporan yang dirilis oleh International Student Assessment  (PISA) pada 2018 lalu, Indonesia berada di posisi "tertinggal" dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam . Memang , mutu pendidikan di Indonesia terbilan

FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat

  FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat 1.      Apa itu KSE? Jawaban: Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.   Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 34 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indo