Soal Sering Ditanya (FAQ) Pendaftaran Beasiswa KSE Tahun 2024


 A. TENTANG KARYA SALEMBA EMPAT (KSE) 


1. Apa itu KSE?

Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.

  

Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 35 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program-program kepada para Beswan KSE.


2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE?

  • Mahasiswa S1 angkatan 2021 - 2023
  • Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun dibuktikan dengan surat rekomendasi/surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa
  • Bertekad untuk berkontribusi pada paguyuban, masyarakat dan Indonesia
  • Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama menerima beasiswa
  • Memiliki prestasi dan skill yang diunggulkan, serta aktif kegiatan sosial menjadi nilai lebih

3. Apa saja yang didapat dari KSE?

  • Uang saku sebesar Rp. 750.000,- per bulan
  • Mendapatkan program softskill
  • Program Leadership, Career Coaching, Entrepreneur Academy, Workshop, Technology for Indonesia, dan Community Development
  • Relasi se-Nusantara
  • Pengalaman dan ilmu pengetahuan
  • Kesempatan untuk magang/bekerja di perusahaan donatur

4. Apakah Paguyuban KSE UIN Jakarta membuka stand di kampus?

    Ya, kita nanti akan membuka stand/information center, untuk info lebih lanjut mengenai waktu & tempat stand akan disampaikan melalui Instagram: @kseuinjkt


     B. ALUR PENDAFTARAN DAN PEMBERKASAN 


    1. Bagaimana alur pendaftaran di KSE?

    Secara umum, ada dua tahap seleksi, yaitu seleksi berkas dan wawancara
    • Mengisi Registrasi Online pada tanggal 11 - 21 Maret 2024
    • Penyeleksian berkas-berkas online
    • Pengumuman yang lolos seleksi berkas online
    • Pengumpulan dokumen (hard file) 
    • Setelah dinyatakan lolos berkas akan dilakukan proses wawancara
    • Resmi menjadi beswan KSE UIN Jakarta 2024

    2. Apakah ada registrasi calon penerima beasiswa? Kapan?

    Ya, seluruh calon penerima beasiswa harus melakukan registrasi secara daring pada rentan waktu 11 - 21 Maret 2024 (dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yayasan)


    3. Bagaimana teknis pendaftaran/registrasi calon penerima beasiswa KSE?
    • Kunjungi laman beasiswa.or.id lalu pilih menu registrasi. Perhatikan pertanyaan “Apakah anda sedang menjadi penerima Beasiswa KSE?” dengan pilihan jawaban YA dan TIDAK
    • Silakan klik (YA) bagi yang sudah pernah mendaftar Beasiswa KSE pada tahun sebelumnya dan tidak sedang menerima beasiswa lain, lalu klik Reactivation Account serta perbaharui semua berkas yang sudah diunggah sebelumnya.
    • Silakan klik (TIDAK) bagi yang belum pernah mendaftar Beasiswa KSE, lalu pilih New Registration.
    • Tata cara lengkap pendaftaran Beasiswa bisa kunjungi di laman berikut ini: https://kse.or.id/info_and_news/information/Tata-Cara-Registrasi-Online-KSE

    4. Bagaimana jika saya sudah mendaftar Registrasi Online, apakah harus mendaftar lagi?

    Silakan melakukan registrasi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan (reactivation account). Kemudian berkas-berkas yang sudah ada (sudah diupload sebelumnya) silakan diperbaharui dengan berkas terbaru saat ini.


    5. Apakah jika saya tidak registrasi online, berarti tidak lolos?

    Karena registrasi online adalah syarat awal dan salah satu alur seleksi dari Beasiswa KSE, para pendaftar maka dinyatakan tidak lolos secara otomatis bilamana tidak melakukan registrasi online.


    6. Apakah ada sosialisasi Beasiswa KSE secara baik secara onine atau offline terkait dengan pendaftaran?

    Ada. Sosialisasi (roadshow) tentang Beasiswa KSE secara daring (online) akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Februari 2024 melalui platform zoom meeting. Kemudian, sosialisasi secara luring (offline) akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 (tempat diumumkan menyusul). Untuk informasi lebih lanjut silakan bergabung ke grup WhatsApp per fakultas melalui tautan berikut: https://bit.ly/oprec_kseuinjkt2024


    7. Apakah harus ada file yang diunggah pada saat registrasi online ?

    Beberapa berkas wajib sebagai persyaratan pendaftaran Beasiswa KSE adalah sebagai berikut:
    • Foto close up ukuran 3x4 memakai almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan latar belakang putih
    • Foto full body dengan ukuran 3R memakai almamater (apabila tidak ada maka dapat memakai kemeja sesuai warna almamater/biru muda) dengan latar belakang putih (warna/model jilbab/kerudung untuk perempuan dibebaskan asalkan tetap sopan dan rapi)
    • KTP (Jika belum punya atau hilang, silakan menggunakan surat keterangan dari kelurahan/kecamatan/dinas kependudukan)
    • KTM (Jika hilang atau belum punya, silakan menggunakan surat keterangan aktif kuliah dari fakultas)
    • Kartu Keluarga (Jika orang tua bercerai atau belum diperbaharui, bisa menggunakan kartu keluarga yang lama)
    • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (Jika orang tua berstatus pensiunan maka bisa menggunakan surat dari instansi. Apabila orang tua adalah wirausaha, buruh, dan lain sebagainya, bisa membuat Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW setempat lalu disahkan oleh pihak kelurahan. Apabila kedua orang tua bekerja, dimasukan keduanya. Apabila biaya hidup ditanggung oleh kakak/wali juga wajib menggunakan surat keterangan penghasilan dari Kelurahan)
    Keterangan:
    1. Slip gaji maksimal hanya berlaku sejak tiga bulan terakhir
    2. Jika sulit mendapatkan slip gaji yang terbaru, silakan lampirkan slip gaji yang ada kemudian di lampirkan surat keterangan bahwa gaji yang tertera saat itu (pada slip gaji yang lama) ‘sama’ seperti gaji yang diterima saat ini.
    • Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir (Jika hilang bisa cetak langsung di kantor pelayanan PLN atau dapat di screenshot melalui aplikasi PLN Mobile)
    • Tagihan PDAM (jika ada)
    • Tagihan Telkom (jika ada)
    • Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa KSE dari fakultas (bukan surat keterangan aktif kuliah)
    • Transkrip IPK (Wajib transkrip IPK tidak boleh KHS dan sudah harus ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat).
    Langkah-langkah untuk mengetahui dan mendapatkan berkas transkrip IPK: (1) Buka web AIS ­čí¬ Pilih menu Laporan ­čí¬ Pilih menu Indeks Prestasi Kumulatif  ­čí¬ Setelah itu cetak dan mintakan tanda-tangan bisa dari Kaprodi/Kajur serta bagian akademik pusat.
    • Vlog atau video durasi 1-2 menit mengenai profil diri, latar belakang keluarga/kehidupan dan kenapa saya membutuhkan beasiswa

    Catatan tambahan:
    1. Kelengkapan berkas minimal 90%
    2. File di atas harus dipindai (scan)
    3. File dalam bentuk JPG atau JPEG
    4. Seluruh Berkas yang diupload tidak melebihi 100 kb
    5. Jika ukuran file dari poin-poin di atas melebihi 100 kb, kalian bisa memperkecil ukuran file dengan mengkompres file secara online
    6. Berkas terkait dengan kampus, seperti surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dari fakultas bisa diurus melalui: https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukan NIM dan Password AIS sebagai akses masuk atau bisa melalui e-letter fakultas masing-masing.
    7. Ketentuan video untuk saat ini belum ada, yang penting file video bisa di buka di website registrasi online. 
    8. Contoh foto 3x4, Full body 3R, dan Video atau Vlog (Poin A, B, dan L) bisa diakses melalui link berikut: https://bit.ly/ContohFotodanVideoOPRECKSE24

    8. Kak foto yang diupload itu yang 3X4 atau yang 3R?

    Dua-duanya di-upload, untuk pas foto menggunakan ukuran 3x4, sedangkan untuk fullbody menggunakan ukuran 3R dengan tidak melebihi 100 kb


    9. Apabila alamat KTP dengan domisili berbeda bagaimana kak?

    Tidak apa-apa


    10. Bagaimana cara mendapatkan Rekomendasi Fakultas atau Surat Keterangan Sedang tidak Menerima Beasiswa? 

    Terdapat dua cara, yaitu: 

        (1) Melalui platform/sistem persuratan masing-masing TU tiap fakultas.
    • Fakultas Ushuluddin
    Menggunakan e-letter https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul, masuk menggunakan akun AIS. Klik proses=> Status Mahasiswa => Tambah data => Isi data dan jenis surat yang dibutuhkan => kemudian simpan. Setelah itu tunggu beberapa hari untuk mendapatkan email dari Fakultas terkait surat yang sudah di TTD. (Biasanya balasan tidak terlalu lama, dibawah 1 pekan)


    • Fakultas Sains dan Teknologi
    Terdapat 2 opsi:
    Pertama, menggunakan e-letter yang bisa diakses melalui link berikut https://e-letter.fst.uinjkt.ac.id/, di web tersebut sudah tercantum tutorialnya di pdf. Diprosesnya dalam beberapa hari.
    Kedua, cara offline bisa langsung datang ke Kabag TU FST dan minta surat rekomendasi. Lebih cepat menggunakan cara offline.

    • Fakultas Syariah dan Hukum
    Secara online langsung akses saja drive berikut yang isinya surat-surat kebutuhan mahasiswa.

    Cari surat yang dibutuhkan lalu isi. Setelah itu, kirim melalui email FSH akademik.fsh@uinjkt.ac.id Nantinya dalam beberapa jam akan dikirim kembali surat yang sudah di TTD.

    • Fakultlas Ekonomi dan Bisnis
    Terdapat 2 opsi:

    Pertama, boleh langsung datang ke ruangan kasubag umum FEB lantai 2 nanti langsung tanya aja ke yang ada disana untuk dibuatkan surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa dan insyaallah akan langsung jadi di tempat.

    Kedua, bisa melalui link berikut :

    Isi saja google formnya kategori surat keterangan dan isi bagian tujuan pembuatan surat yaitu "Surat Keterangan Sedang Tidak Menerima Beasiswa" dan lewat online ini mungkin agak lama bisa 2 hari baru nanti suratnya dikirim via email.

    • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
    • Download surat yang dibutuhkan, melalui link berikut: https://s.id/surat-fitk?s=qr  atau 
    • Isi sesuai data diri dan keperluan pembuatan suratnya
    • Datang ke lt. 2 untuk penandatanganan surat oleh bagian yang bersangkutan

    • Fakultas Psikologi
    Datang ke bidang akademik fakultas, kemudian minta tolong untuk dibuatkan surat keterangan tidak mendapatkan beasiswa lain. Tunggu beberapa hari, kemudian nanti cek berkala lagi ke akademik untuk menanyakan surat sudah jadi atau belum.

    Surat rekomendasi: bu lilis akademik https://wa.me/628170814881 

    TTD Transkrip Ipk: email dan attach file ke prodi.psikologi@uinjkt.ac.id + konfirmasi ke Ibu Desi https://wa.me/628128579982 

    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Datang ke TU FISIP UIN Jakarta, nanti akan diarahkan untuk mengisi format “Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa Lain” yang telah disediakan di komputer layanan yang berada di ruangan tersebut. 

    Setelah selesai mengisi format suratnya langsung kirim melalui email sariyah@uinjkt.ac.id untuk kemudian ditandatangani oleh pihak kampus, jika ingin memastikan bahwa surat tersebut telah terkirim maka bisa konfirmasi ulang ke pihak TU (Bu Sariyah) bahwa suratnya telah terkirim. 

    Untuk berapa lama surat tersebut di proses, bisa langsung menanyakan ke pihak TU, karena waktu lama prosesnya tidak menentu sehingga kita tidak harus bolak-balik ke TU.


    • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
    Dapat langsung mengunjungi laman persuratan FDIKOM https://simperdakom.com/login untuk username dan password menggunakan NIM kemudian pilih cetak surat dengan pilihan elektronik, nanti file akan berbentuk pdf biasanya akan diproses di hari yang sama jika bikin di hari kerja dan jam kerja atau paling lama diproses 1 hari kerja. 

    Jika berkendala bisa langsung mengunjungi e-letter uinjkt.ac.id (Biasanya balasan tidak terlalu lama kurang dari 1 pekan). Apabila keduanya berkendala, bisa langsung mengunjungi TU untuk konfirmasi lebih lanjutnya.

    • Fakultas Dirasat Islamiyah

    • Fakultas Ilmu Kesehatan
    Karena sudah offline jadi tidak pakai e-letter, harus datang langsung ke kampus bagian TU/Administrasi di lantai 1 kampus FIKES UIN Jakarta, atau bisa hubungi https://wa.me/6283893143617 (Pak Ridho) terlebih dahulu. 

    Nanti akan diarahkan ke komputer layanan samping ruang administrasi untuk mengisi pada template Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa Lain, setelah mengisi suratnya langsung dicetak pada layanan komputer tersebut dan suratnya ditaruh atau diberikan di Ruang Administrasi untuk kemudian akan di TTD oleh Wadek bidang Kemahasiswaan, kemudian di cek berkala suratnya di ruang administrasi agar bisa segera diambil.



        (2) Melalui platform/sistem persuratan masing-masing TU setiap fakultas.

    Melalui sistem persuratan pusat UIN Jakarta, silakan melakukan pengajuan ke link berikut https://e-letter.uinjkt.ac.id/surat/pages/main/main.zul dengan memasukkan NIM dan Password


    11. Bagaimana jika bapak saya seorang wirausaha yang tidak ada slip gaji?

    Silakan meminta surat keterangan penghasilan dari RT/RW setempat, lalu disahkan oleh Kelurahan. Dengan menerangkan profesi orang tua dan penghasilan yang didapatkan. Jika penghasilan tidak menentu, bisa memperkirakan pendapatan dengan menggunakan kalimat “kurang lebih”


    12. Untuk penghasilan orang tua, jika keduanya bekerja apakah di isi dua-duanya atau salah satu?

    Diisi dua-duanya, akan tetapi jika hanya salah satu yang bekerja silakan masukan satu saja dan jika salah satu tidak bekerja silakan mengisi keterangan, misalkan “Ibu saya tidak bekerja”


    13. Bagaimana jika saya menggunakan TOKEN LISTRIK?

    Listrik ada tiga tipe:
    1. Listrik biasa, silakan pakai struk listrik perbulan, Jika pembelian tidak perbulan silakan di akumulasi (fotonya itu dijadikan satu dalam sebulan)
    2. Pulsa listrik, bisa menggunakan PLN mobile silakan screenshot pengeluaran selama satu bulan
    3. Listrik subsidi pemerintah, silakan buat surat keterangan dari RT atau RW
    Catatan: Bila pada bulan pengunggahan berkas belum membayar tagihan listrik, maka gunakan tagihan/bukti bayar pada tiga bulan sebelumnya (maksimal)


    14. Yang diunggah adalah KHS atau IPK, bagaimana tanda tangannya?

    Untuk yang diunggah wajib transkip IPK dan harus sudah ditanda tangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat


    15. Di mana saya bisa mendapatkan berkas transkip IPK?

    Di AIS pada bagian Laporan, lalu klik menu Index Prestasi Kumulatif, setelah itu dicetak dan ditandatangani oleh Kaprodi/Kajur dan Akademik Pusat.


    16. Untuk isian IP/IPK semester, bagaimana tata-cara pengisiannya?

    Untuk mahasiswa/i semester 2, cukup mengisi IP dan IPK satu baris saja. Sedangkan mahasiswa/i di atas semester 2 mengisi 2 semester terakhir.

    Misalkan kamu semester 4, punya IP dan IPK seperti di bawah ini
    IP smt 1 = 4     IPK smt 1 = 4
    IP smt 2 = 3,8  IPK smt 2 = 3,9
    IP smt 3 = 3,2  IPK smt 3 =3,74
    Jadi yang kamu masukan adalah smt 2 dan smt 3


    17. Saya sudah semester 4/6 dan lupa jumlah IPK semester sebelumnya. Bagaimana menghitungnya?

    Ada dua cara mudah, yang pertama
    • Untuk semester 4
    IP 1 : IP semester 2
    IP 2 : IP semester 3
    IPK 1 : IPK sampai semester 2
    IPK 2 : IPK sampai semester 3

    • Untuk semester 6
    IP 1 : IP semester 4
    IP 2 : IP semester 5
    IPK 1 : IPK sampai semester 4
    IPK 2 : IPK sampai semester 5

    Jika tidak ingat sama-sekali nilai IPK pada semester tertentu, gunakan cara di bawah ini:
    • IP semester A [ditambah] IP Semester B [ditambah] IP semester C [dibagi] jumlah semester yang ditempuh 
    Contoh:
    Ahmad mendapatkan IP pada 5 semester masa kuliahnya secara berturut-turut dari semester I-V sebesar: 3.6 - 3.8 - 4 - 4 - 3.2. Maka, IPK Ahmad pada semester ini adalah (3.6+3.8+4+4+3.2) : 5 = 3.72


    18. Kartu Keluarga (KK) yang digunakan harus asli atau bisa dari hasil fotocopy?

    Boleh menggunakan salah satu di antara keduanya. Silakan dipindai dan diunggah.


    19. Tagihan PLN itu wajib atau tidak?

    Wajib


    20. Apakah kita harus mengirimkan berkas diatas dalam bentuk hardcopy?

    Hanya wajib jika sudah dinyatakan lolos seleksi pemberkasan online (tahap pertama). Kemudian mencetak semua berkas yang sudah diupload saat registrasi online (regol), serta print website registrasi online.


    21. Apakah ada ketentuan menulis essay? Apakah pengisian essay-nya satu per satu atau jadi satu? 

    Tidak ada maksimal kata maupun halaman. Disarankan agar mengetik di word terlebih dahulu, lalu dipindahkan di web Registrasi Online. Untuk pengisian essay, satu-satu ya. Nanti saat registrasi online ada kolom sendiri-sendiri untuk mengisi masing-masing essay. Tidak ada ketentuan khusus untuk pembuatan essay, dibuat secara singkat dan jelas. Serta, dalam pembuatan essay disarankan terlebih dahulu membuat nya dalam dokumen word, agar nantinya lebih mudah dalam menyalin ke dalam web registrasi online serta memiliki arsip terkait essay yang telah dibuat.


    22. Jika pengisian registrasi berkas tidak selesai dalam satu kali pengerjaan, bolehkah saya menyimpannya terlebih dahulu dan melanjutkannya di lain waktu?

    Boleh, asalkan tidak melewati tanggal yang telah ditentukan sebagai batas akhir pendaftaran (21 Maret 2024). Perlu diperhatikan bahwa status persentase kelengkapan berkas harus menyentuh paling tidak di angka 90. Disarankan juga agar mengisi data pemberkasan secepat mungkin untuk menghindari galat pada web registrasi (kasus server down akibat banyaknya calon pendaftar yang mengisi serentak pada sesi akhir pendaftaran)


    23. Bagaimana jika saya sudah mendaftar namun lupa ID dan Password?
    • Cek kembali pada email yang digunakan pada sesi pendaftaran awal di kotak masuk (inbox) atau folder spam
    • Jika tidak menemukannya di email, silakan klik tombol 'lupa password' dan tunggu email konfirmasi
    • Jika email konfirmasi tidak juga terkirim, silakan menghubungi contact person KSE UIN Jakarta sesuai dengan fakultasnya masing-masing

    24. Bagaimana jika setelah melakukan registrasi namun belum menerima username dan password?

    Pertama, cek email di kotak masuk (inbox) atau folder spam.
    Kedua, jika tidak ada, silakan ulangi untuk registrasi kembali. Jika muncul tulisan NIM sudah terdaftar, silakan mengirimkan email dan NIM yang didaftarkan ke contact person open recruitment beasiswa KSE UIN Jakarta.


    25. Bagaimana jika saya tidak bisa log in sementara username dan password-nya sudah benar?

    Silakan mengirimkan email yang sudah didaftarkan kepada contact person OPREC KSE UIN Jakarta


    26. Di mana atau kepada siapa saya bisa bertanya terkait Pendaftaran Beasiswa KSE UIN Jakarta Tahun 2023/2024?

    Silakan bertanya untuk informasi lebih lanjut dengan mengirimkan DM Instagram di akun resmi Paguyuban KSE UIN Jakarta di @kseuinjkt. Atau melalui pesan WhatsApp langsung kepada narahubung per-fakultas sebagai berikut:

    • FU & FAH: 0888-8470-572 (Annisa)
    • FSH: 0857-7624-1068 (Tatu)
    • FST: 0815-5686-6299 (Dinda)
    • FITK: 0853-8030-1223 (Deby)
    • FEB: 0882-2376-0550 (Nelis)
    • FDI & FIKES: 0857-7197-6578 (Rara)
    • FPSI & FISIP: 0812-9532-9655 (Nurul)
    • FDIKOM: 0812-8802-4963 (Ratu)

    27. Bagaimana jika sudah melakukan re-activation tetapi tidak bisa login dan muncul notifikasi NIM sudah ada didatabase?

    Silakan menghubungi contact person seperti di atas


    28. Apa yang dimaksud dengan NPM?

    Sama dengan NIM


    29. Di mama saya saya harus mengisi biaya kuliah?

    Pada bagian SPP


    30. Setelah mengisi data dan log out dari web pendaftaran, apakah saya masih bisa mengedit beberapa kesalahan pada data?

    Bisa, silakan sempurnakan semua data hingga batas akhir pendaftaran. 


    31. Apakah naik/turunnya IPK menjadi pertimbangan untuk menerima Beasiswa KSE?

    Terkait IPK merupakan wewenang yayasan KSE, sehingga kami tidak mengetahui atas pertanyaan tersebut


    32. Apakah ada beberapa isian data yang wajib diperhatikan dengan sangat teliti?

    Pada dasarnya, semua bagian pada isian data pemberkasan wajib untuk diperhatikan dengan teliti. Namun, pendaftaran dapat memberikan perhatian lebih kepada nama, universitas, fakultas, jurusan, jenis kelamin, serta NIM; di mana data-data ini tidak dapat diubah saat registrasi online. 

        Posting Komentar

        Post a Comment (0)

        Lebih baru Lebih lama