Selasa, 21 November 2017

Why shold Anyone be Led by You?

Itulah kata-kata yang sangat saya ingat saat mengikuti salah satu pelatihan leadership beberapa bulan yang lalu. Pada dasarnya,  setiap orang orang adalah pemimpin. Pemimpin bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara menjadi seorang pemimpin?
Menjadi pemimpin memang terdengar simpel dan sederhana. Namun pada kenyataannya menjadi pemimpin tidaklah mudah, terutama bagi orang-orang yang belum terbiasa. Dalam sebuah organisasi, seorang pemimpin dapat dikatakan berhasil ketika memenuhi beberapa kriteria. Untuk  memenuhi kriteria-kriteria tersebut dibutuhkan beberapa cara, dan berikut tips-tipsnya.
1.      Kamu harus memiliki komunikasi yang baik
Hal yang pertama dan paling utama harus diperhatikan adalah bagaimana cara kita berkomunikasi kepada orang lain, terutama kepada orang-orang yang kita pimpin. Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengayomi bawahan-bawahannya. Dia harus bisa melakukan komunikasi timbal balik kepada seluruh anggotanya. Maksud dari komunikasi timbal balik disini adalah pemimpin tidak hanya memberikan instruksi, tetapi ia juga harus bisa mendengarkan masukan para anggota.
2.      Punya manajemen waktu yang baik
Hal kedua yang tak kalah penting adalah kemampuan kamu dalam me-manage waktu.  Bagaimana bisa dikatakan pemimpin jika orang tersebut belum bisa me-manage waktu dengan baik? Pikirkan.
3.      Kamu harus punya tujuan dan berwawasan luas
Ingat bahwa setiap organisasi memiliki visi-misinya sendiri. Namun visi-misi tersebut tidak akan tercapai jika pemimpinnya tidak memiliki tujuan. Pemimpin yang cenderung stuck di satu titik dan terjebak dalam ketakutan akan kesulitan untuk mencari ide-ide baru dan solusi pada saat mereka terjepit.
Seorang pemimpin yang hebat dan besar selalu memiliki pandangan jauh kedepan dan memiliki pengetahuan yang luas, sehingga bisa diandalkan untuk memberikan solusi. Mereka kreatif, tidak berpikiran seperti orang kebanyakan dan cenderung innovative.
4.      Kamu harus berani mengambil resiko
Roda sebuah organisasi tak akan selalu berjalan mulus, karena suatu saat akan ada sebuah masalah yang menghadang. Seorang pemimpin dituntut untuk bisa mengambil resiko saat terjadi suatu permasalahan. Tapi jangan lupa untuk melibatkan seluruh anggota dalam pengambilan keputusan ya!
5.      Harus bisa mempengaruhi orang lain
Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain. Sikap pemimpin yang baik bukan hanya bisa mengayomi anggotanya, tetapi juga harus tetap tegas. Karena bagaimanapun juga ketegasan dalam memimpin tetap diperlukan. Bersikap tegas juga akan membuat anggota yakin bahwa kamu adalah seorang pemimpin yang baik dan bertanggung jawab.
6.      Jangan Almamater-sentris
Saat menjadi seorang pemimpin, sudah tak ada lagi aku si A dari sekolah A, sedangkan kamu B dari sekolah B. Hilangkan semua itu. Walaupun kita memang berasal dari sekolah tertentu atau daerah tertentu, jangan sampai hal itu membuat kita merasa berbeda dan kemudian mengunggulkan diri sendiri di hadapan orang lain. Ketika kita sudah masuk dalam suatu organisasi, anggaplah kita semua adalah sama. 



Oleh : Fizna Sa’diyya
Bendahara 2 Paguyuban KSE UIN Jakarta Periode 2017 - 2018


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Our Reach

Our Reach

Our Donors

Our Donors