Hari Gizi Nasional 2023 : Edukasi Sadar dan Cegah Stunting

 

Sumber Gambar : Dinkes Depok

 

 

Penulis : Hanifa Faizah dan Tika Siti

Ketua dan Wakil Departemen Kewirausahaan KSE UIN Jakarta

   
   Diperingati setiap tanggal 25 Januari, hari Gizi Nasional ke-63 tahun ini mengusung tujuan pencegahan stunting yang tengah gencar di edukasikan ke seluruh masyarakat beberapa tahun kebelakang. Dalam hal ini gizi atau nutrisi di dalam tubuh kita harus dalam porsi yang cukup. Gizi adalah proses penyediaan atau konsumsi makanan, minuman, atau zat lain yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan hidup dan kesehatan. hal ini dapat berupa pemeliharaan diet sehat dan aktivitas fisik. Pemenuhan gizi yang cukup sangat penting bagi setiap orang, bahkan sangat dibutuhkan untuk pencegahan stunting bagi anak.

   Stunting merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kecacatan fisik dan intelektual, bahkan kematian. Ada banyak penyebab stunting, namun penyebab tersering adalah pola makan yang buruk. Hal ini sering terjadi karena kurangnya variasi dalam makanan, atau kekurangan nutrisi penting seperti protein, zat besi, seng, dan vitamin A. Hal ini dapat dicegah dengan memastikan bahwa anak-anak memiliki pola makan yang seimbang dan bergizi, dan dengan mempromosikan praktik kebersihan yang baik. 

   Salah satu cara untuk mencegah stunting adalah memastikan anak memiliki pola makan yang sehat. Yaitu pola makan yang seimbang dan bergizi. Ini berarti makan berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, rendah lemak jenuh dan makanan kaya protein. Penting juga untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Salah satu cara untuk melakukannya adalah memastikan mereka mengkonsumsi suplemen multivitamin. Aktivitas fisik juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Itu juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati.

   Hari Gizi Nasional dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya tetap menjaga  nutrisi dan aktivitas fisik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini adalah hari untuk mempromosikan kebiasaan makan dan aktivitas fisik yang sehat. Ini juga merupakan hari untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya nutrisi yang baik bagi orang-orang dari segala usia.

   Dengan adanya Hari Gizi Nasional, kita juga terdorong untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dan aktif secara fisik. Serta berusaha untuk mempelajari lebih lanjut tentang nutrisi dan cara menjaga pola makan yang sehat.

 

Departemen KEWIRUS

Kabinet Sejua

Sharing, Networking, and Developing


📷 IG & Twitter @kseuinjkt

🐣 Tiktok @kseuin_jkt

🔎 LinkedIn & Youtube KSE UIN Jakarta

🌐 Web kseuinjkt.or.id

Email beasiswakse@uinjkt.ac.id

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama