Hari Buku Sedunia

 

Makna Buku Adalah Jendela Dunia, Dapatkan Ilmu Pengetahuan Tiada Batasnya

  Sumber Gambar : Media Online Perpustakaan Kab. Maluku


Penulis : Rachel Camila

Staf Departemen Pengembangan Sumber Daya Beswan KSE UIN Jakarta

 

   Buku adalah jendela dunia

   Buku diartikan sebagai jendela dunia karena buku menawarkan cara istimewa bagi manusia untuk memandang dunia. Sehingga dengan buku memungkinkan bagi manusia untuk menjelajahi semua bagian kehidupan. Buku telah menjadi teman bagi manusia sejak lahir mulai dari buku pelajaran yang dapat dibaca di sekolah, melainkan juga buku fiksi ataupun buku non fiksi yang dapat menjadi pengetahuan tersendiri bagi para pembacanya.

   Hari Buku Sedunia ditetapkan United Nations Educational. Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 23 April.  Ini merupakan suatu perayaan yang diadakan  untuk mengenalkan kegiatan membaca sebagai salah satu hiburan bagi masyarakat. Target utama dari Hari Buku Sedunia adalah anak-anak, hal tersebut bertujuan agar mereka mencintai buku sejak dini.

   “Buku memiliki kemampuan unik untuk menghibur dan mengajar. Buku merupakan sarana untuk menjelajahi alam di luar pengalaman pribadi kita melalui paparan berbagai penulis, alam semesta, dan budaya. Buku menjadi sarana untuk mengakses relung terdalam diri batin kita,” demikian Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, dalam peringatan Hari Buku Sedunia 2020 sebagaimana dikutip dari laman resmi UNESCO . UNESCO juga menyatakan dukungannya terhadap kreativitas dan memberi segala akses yang setara terhadap ilmu pengetahuan. Selain itu, UNESCO bersama organisasi lainnya turut memberi wadah penerbit, perpustakaan, dan penjual buku.

   Dikarenakan cakupannya yang luas, yaitu satu dunia, maka merayakan Hari Buku Sedunia akan dilakukan dengan cara yang beragam. Ada yang merayakannya dengan membaca buku yang belum ditamatkan pada hari tersebut, ada juga yang menggunakan hari tersebut untuk meluangkan waktu untuk menulis dan berharap akan menerbitkan buku karya diri sendiri. Sebagian besar pecinta buku akan mengunggah ucapan perayaan Hari Buku Sedunia pada sosial media twitter, hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk dari merayakan.

   Dengan ditetapkannya tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia, hal ini diharapkan mampu menjadi sarana dan momentum bagi setiap individu untuk lebih mencintai buku dan ilmu pengetahuan serta menanamkan sifat gemar membaca sejak dini.



Salam suKSEs!
Keep Sharing, Networking, and Developing

 

Departemen PSDB

Kabinet Sejua

Sharing, Networking, and Developing


📷 IG & Twitter @kseuinjkt

🐣 Tiktok @kseuin_jkt

🔎 LinkedIn & Youtube KSE UIN Jakarta

🌐 Web kseuinjkt.or.id

Email beasiswaksce@uinjkt.ac.id

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama