Implementasi Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda

 

  Sumber Gambar : Pinterest Vecteezy


Penulis : Deby Amelia Permata

Staf Departemen Riset dan Teknologi KSE UIN Jakarta

 

   Seperti yang diketahui belum lama ini kita baru saja memperingati hari Pancasila yang bertepatan pada hari kamis, 1 Juni 2023 sekitar 8 hari yang lalu. Kenapa penting memperingatinya? karena Pancasila merupakan dasar sekaligus ideologi bangsa yang menegakkan prinsip-prinsip dalam kehidupan bernegara, di dalam undang-undang pun sudah dijelaskan bahwa nilai-nilai yang berada dalam pancasila menjadi salah satu nilai yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, baik itu di ranah hukum, politik, budaya, masyarakat dan masih banyak bidang yang lainnya. Di era digitalisasi ini bangsa Indonesia seharusnya sudah melakukan berbagai terobosan terobosan terbaru dalam segala bidang dan aspek kehidupan. Sebagai generasi muda Indonesia harus bisa memanfaatkan era digital ini semaksimal mungkin, sehingga tidak ada lagi generasi muda yang terprovokasi oleh arus dari luar. Generasi muda kita ketahui adalah generasi yang memiliki pengetahuan, kemampuan, serta semangat tinggi dan memiliki wawasan yang sangat luas untuk mengembangkan dan memajukan negara Indonesia. Untuk mencapai sebuah perubahan bagi suatu bangsa, Indonesia butuh generasi muda yang dapat mengubah Indonesia lebih maju, tetapi harus tetap berpegang teguh pada dasar Negara, Pancasila, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

    Pada zaman sekarang ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, yaitu dengan bangga menjadi warga negara Indonesia, turut menjaga warisan budaya Indonesia, mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui berbagai prestasi dan saling menghargai satu sama lain (toleransi). Kita sebagai generasi muda harus tahu bagaimana caranya mengembangkan dan memelihara nilai-nilai luhur pancasila, baik itu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, menerapkan nilai pancasila dalam dunia pendidikan ataupun menolak dengan tegas ajaran atau paham yang sangat bertentangan dengan pancasila. Karena sekarang ini era digitalisasi, semua web dapat dengan mudah diakses, maka tantangan dalam menjaga pancasila saat ini sangatlah besar. Kaum milenial dan orang tua yang saat ini mengakses informasi justru juga sangat mudah tersesat dengan informasi yang mereka dapatkan. Apabila kita tidak pandai memilih informasi yang masuk, maka kita akan mendapatkan informasi yang mengarah pada hoaks. Sehingga berpengaruh pada sisi ekonomi, sosial dan budaya, bahkan mampu memberikan sisi buruk terhadap kita karena tidak sesuai dengan pancasila. Maka dari itu kita harus cerdas dalam berkomentar dan memahami, sehingga kita bisa mengungkapkan pendapat kita tentunya dengan bahasa yang cerdas, sopan dan peduli.

 

   Saat ini banyak sekali generasi muda moralnya sudah rusak karena terdapat beberapa hal yang mempengaruhi mereka, seperti dampak buruk dari berkembangnya globalisasi, pergaulan yang buruk, pengaruh digital yang semakin canggih, narkoba, serta masih banyak lagi hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi moral generasi muda Indonesia. Tantangan yang sedang dihadapi oleh Indonesia saat ini adalah adanya perbedaan berbagai paham yang kurang sesuai dengan nilai-nilai ideologi yang ada pada Pancasila. Kondisi seperti ini lah sebenarnya yang akan menjadikan adanya suatu dialektik di dalam diri warga negara Indonesia. Hal tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman dan akan kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila, serta dapat juga dipengaruhi oleh keadaan. Keadaan ini seperti pola pikir, sikap, dan perilaku yang kurang baik dengan nilai-nilai Pancasila Maka dari itu, butuh adanya suatu revolusi supaya generasi berikutnya mempunyai akhlak dan moral yang lebih baik untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. 



Salam suKSEs!
Keep Sharing, Networking, and Developing

 

Departemen PSDB

Kabinet Sejua

Sharing, Networking, and Developing


📷 IG & Twitter @kseuinjkt

🐣 Tiktok @kseuin_jkt

🔎 LinkedIn & Youtube KSE UIN Jakarta

🌐 Web kseuinjkt.or.id

Email beasiswaksce@uinjkt.ac.id

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama