Sambut Usia ke-8, KSE UIN Jakarta Eratkan Silaturahmi Melalui Pelaksanaan MISE



13 November 2023 menjadi momentum hari istimewa bagi Paguyuban KSE UIN Jakarta. Pasalnya, tepat pada tanggal tersebut, paguyuban penerima beasiswa KSE ini menginjakkan kakinya di usia yang ke-8 sejak resmi berdiri pada tahun 2015 silam. Sebagai bentuk rasa syukur atas ribuan hari yang telah dilalui, Paguyuban KSE UIN Jakarta kemudian mengadakan acara rutin tahunan — MISE atau Milad KSE di sekretariat paguyuban.


Tahun ini, MISE mengangkat tema besar ‘Time to Sparkle and Shine’. Menurut Rachel Camila Rachiem, sekretaris Departemen PSDB sekaligus panitia pelaksana MISE tahun ini, tema tersebut dipilih berdasarkan harapan besar akan semakin bersinarnya Paguyuban KSE UIN Jakarta sebagai tempat nyaman di mana para talenta hebat berkumpul dan berproses.

"Intinya, tema tersebut kita pilih dengan harapan bahwa di ulang tahun yang ke-8 KSE UIN Jakarta ini, kita (paguyuban) bisa lebih bersinar lagi. Semakin bertambah usianya, semakin jelas pula cahaya (dampak positif, prestasi, atau hal-hal baik) yang ditunjukkan." singkatnya.


Sesi sharing session dibawakan oleh empat beswan delegasi KSE Students Summit 2023

MISE tahun ini juga diselingi dengan acara sharing session dari empat beswan yang telah menyelesaikan keikutsertaannya dalam KSE Students Summit 2023 di Cirebon beberapa hari yang lalu. Dalam sesi ini, keempat beswan membagikan cerita dari keseruan mereka saat mengikuti agenda yayasan yang berlangsung selama kurang lebih 10 hari tersebut. Salah satu beswan delegasi, Alvin Aryan, yang sekaligus saat ini menjabat sebagai wakil Sub Comdev, berpendapat bahwa beasiswa Karya Salemba Empat adalah beasiswa terbaik se-Indonesia. Menurutnya, di Indonesia, hanya beasiswa KSE-lah yang memberikan fasilitas super lengkap bagi para penerimanya.


Alvin Aryan saat menyampaikan cerita dari keikutsertaannya dalam KSE Students Summit 2023

“Setelah dari sana, saya itu baru sadar dan mengerti kalau beasiswa kita ini adalah beasiswa terbaik di Indonesia. Bayangkan, kita tidak hanya mendapatkan uang saku setiap bulan, tapi lebih daripada itu. Ada program community development, penelitian, pengabdian, organisasi, dan masih banyak lagi agenda-agenda keren lain. Nah, di sini, secara tidak langsung, semua beswan KSE sudah pasti dijamin telah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan sangat baik.” ungkapnya.

Milad ke-8 KSE UIN Jakarta sukses dilaksanakan pada Sabtu, 19 November 2023 yang lalu atas komando dari Departemen PSDB dengan dibantu oleh beberapa panitia eksternal departemen. Selain sesi sharing session dari beswan delegasi sebelumnya, acara Milad ke-8 KSE UIN Jakarta juga dimeriahkan oleh games berhadiah berupa adu kreativitas dan ketanggapan dalam menemukan jawaban misteri dari sebuah gambar. Acara yang yang diikuti oleh tujuh departemen dan satu pengurus inti ini berlangsung meriah. Departemen Rumah Bahagia (Rubah) keluar sebagai juara dengan mengoleksi empat poin.


Potret sesi sharing session bersama alumni KSE UIN Jakarta dari pelbagai angkatan
 

Acara yang digelar sejak pukul satu siang ini turut mengundang alumni-alumni hebat KSE UIN Jakarta yang kini telah menempuh karir hebatnya masing-masing di dunia profesional. Salah satu alumni yang hadir saat itu adalah kak Apipuddin, alumni sekaligus ketua umum Paguyuban KSE UIN Jakarta angkatan pertama. Dalam sesi sharing session, kak Apip, sapaan akrabnya, menyampaikan rasa senangnya karena bisa kembali bersua dengan wajah-wajah muda penerima beasiswa KSE UIN Jakarta. Saat ditanya mengapa masih berkenan meluangkan waktu dan hadir, kak Apip mengungkapkan bahwa ada ikatan keluarga yang tidak bisa dilepas begitu saja. Menurutnya, kehadiran para alumni pada setiap undangan acara KSE sangat berarti untuk menunjukkan sikap peduli dan bangga terhadap paguyuban tercinta.

“Mungkin ini sedikit sulit ya, tapi selagi ada waktu luang dan bisa hadir, saya pasti hadir. Karena seperti ini teman-teman, kehadiran kita, para alumni ini, untuk semua kegiatan KSE itu adalah salah satu cara untuk kita menunjukkan bahwa kita bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar ini. Karena itu, nanti kalau sudah jadi alumni, terus dapat undangan untuk hadir ke acara KSE, maka hadirlah! Ini kan bisa menunjukkan ke adik-adik kita bahwa kita itu tetap ada hubungan keluarga meski sudah menjadi alumni.” ungkapnya dengan semangat.

Para pemenang dalam lomba yang dilaksanakan pada MISE 2023

Acara kemudian ditutup dengan doa bersama, pemotongan tumpeng, makan bersama, penyerahan hadiah kepada para pemenang, penulisan harapan dan doa untuk paguyuban, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. Melalui acara ini, harapan untuk transformasi paguyuban menuju rumah yang lebih baik dan lebih nyaman lagi menjadi satu di antara banyak doa yang dilangitkan. (ssa)



Reporter: Fitri Sofiyanti Editor: Moh. Syarif Saifa Abiedillah

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama