Rayakan Hari Pahlawan, KSE UIN Jakarta Pantik Semangat Perjuangan dengan Mengajar

 

Foto bersama para penerima beasiswa KSE UIN Jakarta dengan para murid di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa

Dalam rangka menyambut sekaligus memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023, Paguyuban KSE UIN Jakarta sukses melaksanakan Gebyar KSE Mengajar di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa pada Sabtu, 11 November 2023 kemarin. Gebyar KSE Mengajar merupakan agenda wajib dan rutih tahunan yang secara langsung melibatkan seluruh penerima beasiswa Karya Salemba Empat. Tak hanya terlaksana di Jakarta, Gebyar KSE Mengajar juga dilaksanakan serentak di 34 titik lain se-nusantara melalui masing-masing paguyuban penerima beasiswa di setiap kampus mitra.


Tahun ini, KSE UIN Jakarta mengusung tema 'Mengukir Sejaran Bersama: Pahlawan Masa Kini dan Masa Depan' dengan slogan utamanya 'Aku Pahlawan, Kamu Pahlawan, Kita Pahlawan'. Kak Aulia Nisa, selaku Kepala Departemen Center of Inspiring Learning (COIN) KSE UIN Jakarta, sekaligus ketua pelaksana Gebyar KSE Mengajar 2023 mengungkapn rasa syukurnya karena bisa kembali berjumpa dengan adik-adik peserta dari Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa. Dalam sambutannya, Kak Aulia menegaskan bahwa meneladani sikap dan keberanian pahlawan harus tertanam sebaik mungkin; utamanya dalam pribadi generasi penerus bangsa melalui hal-hal baik yang ada di sekitar.


Kak Aulia Nisa saat memberikan sambutan

“Sudah tahu, kan, kapan hari pahlawan itu? Nah, adik-adik di sini juga bisa loh jadi seorang pahlawan meski tidak ikut berperang melawan penjajah. Dengan cara belajar yang giat di sekolah misalnya, nah hal itu adalah kebiasaan baik untuk meneladani sikap dan semangat para pahlawan. Makanya, yuk, semangat juga untuk ikut kegiatan hari ini bareng kakak-kakaknya. Karena aku pahlawan, kamu pahlawan, kita pahlawan!” ungkapnya dengan semangat.


Gebyar KSE Mengajar 2023 oleh Paguyuban KSE UIN Jakarta dimulai sejak pukul delapan pagi dengan dipandu oleh dua orang pewara. Hari itu, susunan acara terdiri dari sambutan oleh ketua pelaksana kegiatan, sambutan oleh wakil ketua paguyuban, sambutan oleh perwakilan dari pihak yayasan, penyampaian materi, mentoring, adu pemahaman dan ketangkasan berpikir melalui sesi games, serta penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang. Sesuai dengan tema yang diusung, materi yang disampaikan terdiri dari pengenalan beberapa tokoh pahlawan nusantara pra-kemerdekaan, sejarah singkat beberapa peristiwa penting, serta tempat-tempat atau gerakan/inovasi yang disuarakan dan digaungkan oleh tokoh-tokoh pahlawan tersebut.


Potret kegiatan mentoring dalam kelompok kecil


Pelaksanaan Gebyar KSE Mengajar 2023 oleh Paguyuban KSE UIN Jakarta ini merupakan kali kedua dalam satu tahun kalender kegiatan. Sementara itu, Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa sendiri telah menjadi tempat belangsungnya acara Gebyar KSE Mengajar selama dua kali agenda pelaksanaan. April 2023 yang lalu, Gebyar KSE Mengajar Jilid II (jilid I dilaksanakan di SDN Cireundeu 02) juga telah dilaksakan di tempat ini. Pada kesempatan kali ini, kak Yuniardi Patra, selaku perwakilan dari Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya karena sudah kembali dipercaya untuk menjadi tempat berbagi ilmu dan semangat. Dalam sambutannya, Kak Yuniardi juga menyampaikan bahwa semangat para pejuang terdahulu harus selalu berkobar; demikian dalam pribadi anak-anak hebat di yayasan yang ia bina tersebut.


Salah satu momen hangat antara mentor (beswan KSE UIN Jakarta) bersama para adik-adik Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa

“Adik-adik semua, hari ini kita kedatangan kakak-kakak dari KSE UIN Jakarta untuk berbagi ilmu tentang pahlawan. Jadi kakak di sini berharap semuanya harus aktif dan semangat untuk mengikuti acara ini hingga tuntas. Selayaknya para pahlawan kita dahulu dalam melawan penjajahan, adik-adik harus semangat untuk terus belajar dan belajar.” ujarnya.


Semangat para peserta saat adu ketangkasan dan kekompakan dalam sesi games

Acara yang dikomandoi langsung oleh Departemen Pendidikan (Departemen COIN dan Departemen Rubah) ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama sekaligus penyerahan oleh-oleh dari kakak-kakak penerima beasiswa KSE UIN Jakarta kepada setiap peserta. Melalui acara yang berlangsung sejak pagi ini, tumbuh-kembang anak-anak Indonesia, terutama di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa, diharapkan dapat melaju secepat dan sebaik mungkin; dengan sikap dan sifat tangguh, berani, bertanggungjawab, berjiwa kesatria, serta pantang menyerah layaknya pahlawan-pahlawan negeri pada masa-masa yang telah berlalu. (ssa)



Reporter: Falih Rahmat Ramadhan Editor: Moh. Syarif Saifa Abiedillah

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama