Gratis! Dua Departemen Pendidikan KSE UIN Jakarta Buka Pendaftaran Rumbel Desember Ini


Bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat merupakan salah satu spot kerja Paguyuban KSE UIN Jakarta. Berdiri sejak tahun 2015 silam, Paguyuban KSE UIN Jakarta telah memiliki satu departemen yang bergerak khusus dalam bidang ini; yaitu Departemen Pendidikan. Pada periode kepengurusan 2022/2023, Departemen Pendidikan kemudian dipecah menjadi dua departemen berbeda; yaitu Departemen Rumah Bahagia (Rubah) dan Departemen Center of Inspiring Learning (COIN).


Departemen Rubah kemudian bergerak khusus pada bidang pendidikan anak usia pra-sekolah hingga sekolah dasar. Sedangkan Departemen COIN bergerak pada bidang pendidikan siswa/siswi usia sekolah menengah atas (terutama untuk kelas XII SMA/SMK sederajat untuk persiapan UTBK SNBT). Paguyuban KSE UIN Jakarta, sebagai organisasi tempat para penerima beasiswa Karya Salemba Empat yang sedang  melaksanakan pengabdian masyarakatnya, membuka dua kelas rumah belajar (Rumbel) Rubah dan COIN tanpa dipungut biaya apapun; kecuali kelas privat berbayar yang bisa menjadi alternatif pilihan di Rumbel COIN.


Pada periode kepengurusan Kabinet Avirama tahun ini, kedua Rumbel telah resmi dibuka pada minggu kedua bulan Desember kemarin – setelah sebelumnya melewati masa pendaftaran selama satu bulan penuh. Tahun ini, kelas Rumbel COIN dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis dengan empat mata pelajaran yang tersedia (Penalaran Matematika, Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia, serta Literasi dalam Bahasa Inggris). Sedangkan Rumbel Rubah dilaksanakan pada hari Jumat setiap minggunya dengan lima materi ajar (Membaca, Menulis, Matematika, Bahasa Inggris, serta Outing Class). Kedua rumbel dimulai pada jam 16.00 WIB dan berakhir pada jam 17.00 setiap harinya.



Rumbel Rubah dibuka secara resmi pada Jumat, 8 Desember 2023 lalu melalui acara bertajuk Grand Opening Rumbel Rubah yang dihadiri langsung oleh puluhan peserta rumbel beserta orang tuanya di sekretariat paguyuban. Acara tatap muka pertama setelah jeda beberapa bulan sejak pergantian kepengurusan ini juga dihadiri oleh beberapa pengajar Rumbel Rubah yang merupakan beswan KSE UIN Jakarta pilihan.


Imelda Adistia Fanhati, Kepala Departemen Rumah Bahagia, mengungkapkan rasa syukur dan senangnya atas terlaksananya program kerja berkelanjutan ini. Dalam sambutannya waktu itu, kak Imel juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para orang tua murid yang telah mempercayakan Rumbel Rubah sebagai tempat belajar pilihan. Ia juga berharap, Rumbel Rubah dapat menjadi solusi dari problematika tempat belajar tambahan yang umumnya mahal dan hanya memiliki beberapa materi ajar saja.


“Alhamdulillah terima kasih saya ucapkan kepada Ibunda semuanya telah kembali mempercayakan Rumbel Rubah sebagai tempat belajar tambahan anak-anak. Saya berharap Rumbel Rubah bisa menjadi tempat asyik untuk anak-anak dalam masa-masa tumbuh-kembangnya. Semoga kelas yang ada di Rumbel Rubah ini dapat menjadi manfaat yang besar untuk anak-anak.” tuturnya.



Sementara itu, Rumbel COIN juga resmi dimulai pada hari Senin, 11 Desember 2023 melalui acara bertajuk Welcoming Rumbel Coin Batch 7. Acara yang juga dilaksanakan di sekretariat paguyuban ini dihadiri lengkap oleh peserta rumbel yang semuanya merupakan siswa/siswi kelas akhir di beberapa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan di Jakarta/Tangerang Selatan. Tak absen pula, formasi pengajar yang juga merupakan beswan KSE UIN Jakarta pilihan turut hadir dalam sesi pembuka kali ini.


Dalam sambutannya, Aulia Nisa Agus Setiana, Kepala Departemen COIN juga runtut menjelaskan beragam perubahan yang terjadi dalam sistem penerimaan mahasiswa baru di pelbagai jalur masuk. Ia berpesan kepada para peserta rumbel untuk terus bersemangat dalam mengikuti setiap sesi hingga tuntas.


“Intinya kelas ini akan mempersiapkan kalian untuk menghadapi sistem ujian terbaru yang berlaku. Kalau beberapa tahun sebelumnya masih berupa UTBK SBMPTN, nah tahun lalu dan tahun sekarang itu sudah jadi SNBT.” ungkapnya singkat.



Meski sudah mulai berjalan, Rumbel Rubah dan Rumbel COIN tetap membuka pintu masuk pendaftaran secara gratis hingga waktu yang belum ditentukan. Para siswa dan/atau orang tua murid yang ingin mendaftar dapat mengakses informasi resmi di Instagram Departemen Rubah (@rubah_kseuinjkt) dan Departemen COIN (@coin.kseuinjkt). Permintaan informasi lebih lanjut tentang Rumbel Rubah dan Rumbel COIN juga dapat langsung menghubungi penanggungjawab masing-masing pada nomor WhatsApp wa.me/6281806785770 (Imelda Adistia Fanhati – Rumbel Rubah) dan wa.me/6282228453191 (Aulia Nisa Agus Setiana – Rumbel COIN). (ssa)



Reporter: Siti Nurhamidah Editor: Moh. Syarif Saifa Abiedillah


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama