Kuatkan Kolaborasi, KSE UIN Jakarta Laksanakan KSE Study Visit bersama KSE UNJ


Satu di antara tiga tagline utama dari Beasiswa KSE adalah networking. Hal ini merujuk pada sistem penerima beasiswanya yang wajib bergabung pada masing-masing paguyuban setelah resmi diterima. Nantinya, paguyuban penerima beasiswa di masing-masing kampus mitra akan menjalankan serangkaian program yang berasaskan pada tagline utama tadi; #sharingnetworkingdeveloping. Setiap program kerja yang berjalan di paguyuban penerima beasiswa KSE paling tidak akan mendorong para penerimanya untuk lebih sering berbagi dan menerima pengalaman, lebih banyak menjaring dan menemukan relasi, serta lebih maju dalam mengembangkan bakat dan potensi diri.


Salah satu program kolaboratif yang ada di paguyuban penerima Beasiswa KSE adalah KSE Study Visit. Program ini adalah program pertukaran pengalaman dan inspirasi antara dua paguyuban atau lebih. Biasanya, program dilaksanakan oleh dua paguyuban dari kampus mitra yang lokasinya tidak terlalu jauh. Salah satu paguyuban akan berperan sebagai tuan rumah yang menerima paguyuban lainnya sebagai tamu di kampus atau tempat yang telah ditentukan. Namun, KSE Study Visit juga bisa dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan program secara daring ini biasanya melibatkan dua paguyuban beasiswa yang memiliki jarak tempuh cukup jauh. Awal tahun 2023 lalu, KSE UIN Jakarta melaksanakan KSE Study Visit ke KSE Universitas Indonesia secara luring. Selanjutnya, pada akhir 2023, KSE UIN Jakarta kembali mengadakan KSE Study Visit bersama KSE Univerisitas Mulawarman secara daring.


Suasana kegiatan saat pembukaan acara KSE Study Visi 2024 yang berlokasi di Aula Fakultas Ilmu Sosial, Universistas Negeri Jakarta

Mei 2024 ini, KSE UIN Jakarta kembali mendapatkan kesempatan untuk bertamu ke salah satu paguyuban beasiswa KSE di Jakarta; KSE Universitas Negeri Jakarta. Program yang bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNJ ini dilaksanakan pada Sabtu, 11 Mei 2024 sejak puku 09.00 hingga 14.30 WIB. Rangkaian acara terdiri dari pengenalan masing-masing profil paguyuban, sharing program community development, diskusi terpumpun (focus group discussion), serta sesi makan bersama dan games. Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama antara kedua paguyuban. KSE Study Visit 2024 KSE UIN Jakarta dan KSE UNJ dihadiri sekitar 83 penerima Beasiswa KSE dari kedua kampus mitra tersebut.


Muhammad Misbah Effendy, kepala departemen Kominfo KSE UIN Jakarta sekaligus ketua pelaksana KSE Study Visit 2024 menyampaikan harapan besarnya pasca palaksanaan program ini. Menurutnya, antusiasme yang diberikan oleh kedua belah pihak sangat patut diapresiasi. Ia menambahkan bahwa ada harapan dari peluang-peluang kolaborasi di masa depan baik dari KSE UIN Jakarta maupun KSE UNJ.


"Rasa bangga dan syukur atas kesuksesan program ini. Melihat antusiasme dan semangat dari kedua paguyuban membuat program ini tidak hanya mempererat hubungan antar paguyuban, tetapi juga membuka peluang baru untuk kolaborasi di masa depan. Harapan saya, hubungan baik yang telah terjalin dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Semoga kita semua dapat terus mendukung dan bekerja sama dalam berbagai program yang akan datang." tuturnya saat diwawancari secara tertulis pasca pelaksanaan program.


Tim Medivo KSE UNJ (merah maroon) dan Kominfo KSE UIN Jakarta (biru) sebagai panitian pelaksana utama KSE Study Visit 2024


KSE Study Visit, selain menjadi ajang silaturahmi antara kedua paguyuban, juga diharapkan dapat membuka jalan baru untuk para penerima beasiswanya guna melebarkan sayap. Relasi, inspirasi, serta motivasi baru yang sudah mereka bawa diharapkan dapat memompa semangat berorganisasi untuk mencapai visi-misi tujuan paguyuban secara khusus dan yayasan secara umum. (ssa/18)



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama