Sabtu, 26 Agustus 2017

Tahukah Kamu Syarat Dasar menjadi Pemimpin?

Menjadi seorang pemimpin itu tidak gampang lohhh, butuh keahlian dan pengalaman, tetapi pada dasarnya setiap manusia di muka bumi ini adalah seorang pemimpin. Pasti temen temen dari UIN Jakarta sudah tau sendiri ya ayatnya, and now gw sebenarnya mau bahas tentang syarat dasar menjadi seorang pemimpin, kenapa harus syarat dasar? Karena orang orang lebih suka berkoar koar mengenai esensinya bukan didasarnya. Adapun syarat menjadi seorang pemimpin terdapat 10 kriterianya. Nahhh gw sekarang bakalan uraikan satu persatu syarat mejadi seorang pemimpin.
1.      Menjadi seorang pemimpin harus bersifat “siddiq” yang berarti benar. Belum dikatakan seorang pemimpin, bila masih suka berbohong (berkata tidak benar),  bagaimana orang bisa mendengarkan perkataannya bila dia suka berbohong, bahkan ketika di sebuah tempat ada calon pemimpin yang semuanya suka berbohong, maka hal yang paling diutamakan adalah yang paling sedikit berbohongnya.
2.       Menjadi seorang pemimpin harus bersifat “amanah” atau dapat dipercaya. Jadi seorang pemimpin itu ketika memberikan janji kepada para anggotanya, maka harus berusaha kuat untuk menepati janjinya itu. Seringkali orang mudah memberi janji dan melupakannya, tapi orang yang diberi janji biasanya tidak akan lupa. Pemimpin yang amanah bisa dilihat dari kehati-hatiannya berjanji, sedikit janjinya, tetapi selalu ditepati.
3.      Menjadi pemimpin itu harus menyampaikan dengan baik, apapun itu. Tidak boleh ada yang disembunyikan, walaupun hal itu menyinggung/tidak enak buat dirinya sendiri. Peribahasa mengatakan katakanlah kebenaran walaupun itu pahit.
4.      Terakhir seorang pemimpin harus fatonah atau cerdas. Ketika menjadi seorang pemimpin, seseorang itu harus cerdas. Mengapa harus cerdas? Hal ini dikarenakan nantinya sang pemimpin harus menahkodai organisasi yang dipimpin, serta menjalankan  visi, misi dan strategi dalam mengimplementasikannya.

Muhammad Abu T
Divisi Advokasi

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Our Reach

Our Reach

Our Donors

Our Donors