Let Shine by Yourself!

Jujur saya tidak pandai menuangkan pemikiran saya dalam sebuah tulisan atau merangkai kata menjadi lebih bermakna. Jadi, tulisan ini adalah hasil dari pendapat dan pikiran beberapa orang yang menurut saya paham dan bisa mewakili arti dari tema yang diangkat yakni “Pentingnya leadership bagi masa depan mahasiswa”.  Sebelum masuk kedalam point-point penting dari tulisan ini, Saya akan  ulas sedikit mengenai leadership. Menurut saya, leadership adalah sebuah nilai dalam diri seseorang yang lahir dari sebuah proses. Nilai tersebut ada dalam diri seseorang disadari atau tidak. Nilai leadership terpancar ketika seseorang mampu memberikan pengaruh positif terhadap dirinya maupun orang lain. Menurut saya, mahasiswa adalah seseorang yang diharapkan mampu membawa perubahan di masa mendatang. Perubahan ke arah yang lebih baik. Membuat perubahan itu tidak bisa dilakukan sendirian, tapi membutuhkan kaki, tangan serta pemikiran orang lain. Untuk membuat orang lain tersebut mau bekerja sama dengan kita dalam melakukan perubahan, kita harus memberikan sesuatu yang bisa mempengaruhi orang tersebut. Disitulah nilai leadership seorang mahasiswa di pertanyakan, bisa atau tidak ia mengajak orang lain bersama dengannya melakukan perubahan yang lebih baik.
Langsung saja kepada pendapat yang pertama dari seorang perempuan cantik dan hebat. Seseorang yang menurut Saya mampu menjelaskan arti dari leadership. Ia adalah salah seorang yang selalu memberikan nilai-nilai positif bagi orang di sekelilingnya agar mau untuk bersama-sama berjuang dengannya. Ia mengatakan, leadership itu naluri atau sikap seseorang tentang bagaimana menanggapi hasil dan proses. Jiwa leadership bisa dilihat dari seberapa bisa dia memberikan pengaruh. Baik pengaruh dalam dirinya sendiri maupun pengaruh terhadap lingkunganya. Dan kepemimpinan itu terpancar dari pembawaan karakter pribadi yang dituangkan ke lingkungan sekitar. Kita bisa menilai seorang pemimpin itu baik atau tidak dilihat dari cara dia memeperlakukan orang lain. Orang lain yang dimaksud disini bisa berarti tim, masyarakat atau teman-teman. Naah, pondasi atau dasar bagi setiap orang itu adalah mampu untuk memimpin dirinya sendiri. Keberhasilan memimpin orang banyak itu bergantung pada kemampuan untuk mengatur diri sendiri. Terkait  tema “Pentingnya Leadership bagi masa depan mahasiswa” itu ada kaitannya dengan bagaimana gambaran kepemimpinan negeri ini beberapa tahun mendatang.  (Della Syariyana – Ketua Paguyuban KSE UI Periode 2016-2017).
Pendapat kedua dari seseorang yang menurut saya berdasarkan berbagai pengalamannya ia pun mampu menjelasakan arti penting dari tema ini. Menurutnya,  Leadership itu identik dengan pengaruh. Sikap mampu mempengaruhi, tidak hanya orang lain tapi diri sendiri. Dan leadership adalah bukan tentang bagaimana ia mencintai orang lain, namun bagaimana cara ia mampu dicintai banyak orang. (Karvin Fadila – Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta Periode 2017-2018)
Pendapat ketiga ialah dari seseorang yang mengenalkan Saya arti penting dari supporting system.  Ia adalah Sukma Alifiana Aziz – Icon Ambassador BPJS Ketenagakerjaan UI. Menurutnya, Leadership adalah wadah untuk bisa bermanfaat dan berkembang. Setiap orang biasanya punya cara dan versinya masing-masing. Posisi seorang leader adalah tantangan. Artinya, kita ditantang untuk bisa memperluas zona nyaman dengan memimpin. Dituntun untuk memimpin diri sendiri, orang lain, juga bertanggung jawab atas amanah. Dan yang paling penting ialah bagaimana kita bisa belajar dalam tim tersebut. Proses dalam menggunakan skill leadership dapat mengendalikan emosi juga memperkuat pola pikir kita, ketika kita berada dalam kondisi tim yang baik atau buruk. Dan juga belajar bagaimana mendelegasikan tugas kepada orang lain sehingga bisa menghebat bersama Kita. Ketika seseorang dipilih untuk menjadi seorang pemimpin, berarti ada sesuatu yang baik dalam dirinya. Yang mampu membuat timnya menghebat bersama dengan tetap pada versi orang dalam tim tersebut. dengan proses ini, maka kita bisa mengendalikan egois dalam diri kita serta menjadi ladang manfaat.
Itulah beberapa pendapat yang saya pilih untuk teman-teman baca dan maknai. Semoga terinpirasi dari pendapat-pendapat diatas. “Menghebatlah dengan versi terbaikmu!”

Oleh : Maya Agustina Waluyo
Wakil Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama