Langsung ke konten utama

Let Shine by Yourself!

Jujur saya tidak pandai menuangkan pemikiran saya dalam sebuah tulisan atau merangkai kata menjadi lebih bermakna. Jadi, tulisan ini adalah hasil dari pendapat dan pikiran beberapa orang yang menurut saya paham dan bisa mewakili arti dari tema yang diangkat yakni “Pentingnya leadership bagi masa depan mahasiswa”.  Sebelum masuk kedalam point-point penting dari tulisan ini, Saya akan  ulas sedikit mengenai leadership. Menurut saya, leadership adalah sebuah nilai dalam diri seseorang yang lahir dari sebuah proses. Nilai tersebut ada dalam diri seseorang disadari atau tidak. Nilai leadership terpancar ketika seseorang mampu memberikan pengaruh positif terhadap dirinya maupun orang lain. Menurut saya, mahasiswa adalah seseorang yang diharapkan mampu membawa perubahan di masa mendatang. Perubahan ke arah yang lebih baik. Membuat perubahan itu tidak bisa dilakukan sendirian, tapi membutuhkan kaki, tangan serta pemikiran orang lain. Untuk membuat orang lain tersebut mau bekerja sama dengan kita dalam melakukan perubahan, kita harus memberikan sesuatu yang bisa mempengaruhi orang tersebut. Disitulah nilai leadership seorang mahasiswa di pertanyakan, bisa atau tidak ia mengajak orang lain bersama dengannya melakukan perubahan yang lebih baik.
Langsung saja kepada pendapat yang pertama dari seorang perempuan cantik dan hebat. Seseorang yang menurut Saya mampu menjelaskan arti dari leadership. Ia adalah salah seorang yang selalu memberikan nilai-nilai positif bagi orang di sekelilingnya agar mau untuk bersama-sama berjuang dengannya. Ia mengatakan, leadership itu naluri atau sikap seseorang tentang bagaimana menanggapi hasil dan proses. Jiwa leadership bisa dilihat dari seberapa bisa dia memberikan pengaruh. Baik pengaruh dalam dirinya sendiri maupun pengaruh terhadap lingkunganya. Dan kepemimpinan itu terpancar dari pembawaan karakter pribadi yang dituangkan ke lingkungan sekitar. Kita bisa menilai seorang pemimpin itu baik atau tidak dilihat dari cara dia memeperlakukan orang lain. Orang lain yang dimaksud disini bisa berarti tim, masyarakat atau teman-teman. Naah, pondasi atau dasar bagi setiap orang itu adalah mampu untuk memimpin dirinya sendiri. Keberhasilan memimpin orang banyak itu bergantung pada kemampuan untuk mengatur diri sendiri. Terkait  tema “Pentingnya Leadership bagi masa depan mahasiswa” itu ada kaitannya dengan bagaimana gambaran kepemimpinan negeri ini beberapa tahun mendatang.  (Della Syariyana – Ketua Paguyuban KSE UI Periode 2016-2017).
Pendapat kedua dari seseorang yang menurut saya berdasarkan berbagai pengalamannya ia pun mampu menjelasakan arti penting dari tema ini. Menurutnya,  Leadership itu identik dengan pengaruh. Sikap mampu mempengaruhi, tidak hanya orang lain tapi diri sendiri. Dan leadership adalah bukan tentang bagaimana ia mencintai orang lain, namun bagaimana cara ia mampu dicintai banyak orang. (Karvin Fadila – Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta Periode 2017-2018)
Pendapat ketiga ialah dari seseorang yang mengenalkan Saya arti penting dari supporting system.  Ia adalah Sukma Alifiana Aziz – Icon Ambassador BPJS Ketenagakerjaan UI. Menurutnya, Leadership adalah wadah untuk bisa bermanfaat dan berkembang. Setiap orang biasanya punya cara dan versinya masing-masing. Posisi seorang leader adalah tantangan. Artinya, kita ditantang untuk bisa memperluas zona nyaman dengan memimpin. Dituntun untuk memimpin diri sendiri, orang lain, juga bertanggung jawab atas amanah. Dan yang paling penting ialah bagaimana kita bisa belajar dalam tim tersebut. Proses dalam menggunakan skill leadership dapat mengendalikan emosi juga memperkuat pola pikir kita, ketika kita berada dalam kondisi tim yang baik atau buruk. Dan juga belajar bagaimana mendelegasikan tugas kepada orang lain sehingga bisa menghebat bersama Kita. Ketika seseorang dipilih untuk menjadi seorang pemimpin, berarti ada sesuatu yang baik dalam dirinya. Yang mampu membuat timnya menghebat bersama dengan tetap pada versi orang dalam tim tersebut. dengan proses ini, maka kita bisa mengendalikan egois dalam diri kita serta menjadi ladang manfaat.
Itulah beberapa pendapat yang saya pilih untuk teman-teman baca dan maknai. Semoga terinpirasi dari pendapat-pendapat diatas. “Menghebatlah dengan versi terbaikmu!”

Oleh : Maya Agustina Waluyo
Wakil Ketua Paguyuban KSE UIN Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Leadership untuk Masa Depan Mahasiswa

Leadership atau biasa disebut kepemimpinan , merupakan cara seseorang untuk memimpin orang lain guna mencapai tujuan bersama. S eorang mahasiswa wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. M emiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi tidak bisa di peroleh dalam waktu satu malam , perlu pelatihan secara terus menerus. Se benarny a dalam diri setiap manusia telah diberikan anugerah dan potensi yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa . K ita hanya perlu mengasah potensi yang telah diberikan agar bisa bermanfaat bagi sesama. S alah satu upaya untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi adalah dengan ikut terlibat dalam berbagai kerjasama ( teamwork ) dalam suatu team . B ekerjasama dengan team membuat mahasiswa banyak belajar bagaimana memecahkan masalah, memberikan ide dan gagasan, mempengaruhi orang lain, serta merealisasikan ide dan gagasan tersebut dengan baik. P emimpin masa depan dilahirkan dari pemuda masa k ini.   Pemimpin yang saat ini bekerja untuk rakyat tidak serta

Peran Pemuda Memajukan Literasi di Daerah 3T

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada berkembangnya manusia dari yang tidak tahu menjadi tah u. D alam hal ini , pendidikan dapat diartikan juga sebagai proses memanusiakan manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mencapai taraf hidup dan menumbuhkembangkan kualitas diri. Ki Hajar Dewantara menjelaskan , pendidikan termasuk tuntutan dalam hidup dan tumbuh kembang anak-anak. M aksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Mutu Pendidikan Indonesia Dalam konteks Indonesia , pendidikan masih ada dalam taraf berkembang. Bahkan , menurut laporan yang dirilis oleh International Student Assessment  (PISA) pada 2018 lalu, Indonesia berada di posisi "tertinggal" dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam . Memang , mutu pendidikan di Indonesia terbilan

FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat

  FAQ Seputar Beasiswa Karya Salemba Empat 1.      Apa itu KSE? Jawaban: Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Para Ayahanda kami pada awalnya resah melihat kondisi teman-temannya yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan dan pada akhirnya mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang jajannya perbulan untuk memberikan bantuan kepada 4 Mahasiswa FE UI.   Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dengan motto Sharing, Networking and Developing akhirnya Yayasan KSE berhasil membuka pendaftar dari luar UI. Hingga saat ini tercatat sudah 34 PTN (dari Sabang sampai Merauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa dan Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se-Indo