5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas Belajar Online Di Rumah

Bismillah, hai teman-teman balik lagi ditulisan Yoga Pratama, kali ini saya ingin sedikit melanjutkan tulisan kemarin yang sangat amat penting sekali, karena banyak orang yang membutuhkan tips ini. Apalagi, ditengah-tengah pandemi yang ngebuat kita pengennya streaming film, nonton drakor, main Free Fire ditambah lagi kalau malem-malem it’s Among Us time.

Manajemen Waktu yang Baik

Dalam melakukan aktifitas tentunya kita harus melakukan skala prioritas, dalam hal ini kita bener-bener confused sama pelajaran Fisika, ya berarti kita harus prioritaskan pelajaran fisika dan kita kejar supaya kita bisa faham. Nah, dengan cara apa? Kita lakukan pembelajaran secara rutin, perbanyak kerjain soal, dan pasang target!

·       Perhatikan Kurikulum Sekolah Kalian

Oke, disini kalian harus tetap memperhatikan kurikulum sekolah kalian biar belajar bisa menunjang materi pelajaran yang sedang diajarkan di kelas. Jadi kalau di kelas sudah masuk pembelajaran gerak parabola ya berarti di hari sebelumnya kalian harus udah belajar tentang gerak parabola.

Nah, perlu di ingetin nih even kalian sudah memperhatikan jadwal belajar yang berlangsung di sekolah, kalian tetap bisa kok eksplorasi materi. Bisa ngulang materi yang belum di pahami supaya makin mantap pemahaman kalian dalam bab itu.

·       Buat Jadwal Berkala



Berkala yang dimaksud adalah kalian perlu bikin jadwal mingguan atau bulanan. Di sini belajar yang kalian lakuin berlandaskan pada target nih sifatnya. Misalkan kalian punya target selama 1 minggu memahami materi tentang Hukum Bernauli mulai dari analisa turunanya sampe ke keadaan fisisnya. Dengan adanya jadwal ini, waktu yang kalian gunain bisa lebih maksimal dan ga habis buat stuck terlalu lama pada satu materi.

·       Disiplin

Oke, strategi udah dibikin nih. Selanjutnya yang harus banget kalian lakukan adalah disiplin sama jadwal dan rencana yang udah kalian buat sebelumnya. Buat yang merasa kesulitan berdisiplin, ada sedikit saran nih. Sarannya apa? Set your target. Kenapa sih kalian harus belajar? Misalkan kalian belajar karena kalian merasa masih kurang dalam memahami pelajaran padahal kalian pengen banget kuliah di UGM, jurusan Teknik Informatika, atau kalian belajar pengen ngelanjutin S2 di Harvard University atau Stanford University. Dengan kalian punya target, kalian jadi ga punya alasan buat bermalas-malasan. Kalau kalian udah punya target dan kalian masih malas, mungkin target kalian gak sebegitu berharga untuk diperjuangkan.

Jauhi Distraksi

Salah satu tantangan terbesar belajar di rumah adalah banyaknya distraksi yang seringkali menjadi hambatan belajar kita. Distraksinya pun ga Cuma datang dari hp kalian atau fokus kalian yang tiba-tiba hilang. Distraksi juga bisa datang dari orang yang tinggal serumah sama kalian. Misalnya nih kalian lagi asyik-asyiknya nyimak materi Hukum Newton terus adik kalian malah main tiktok dengan suara yang keras. Di sini kalian harus benar-benar mencari cara biar belajar kalian bisa efektif.

Buat menghindari distraksi, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

·       Bikin Kesepakatan


Bikin kesepakatan di sini artinya kalian perlu bikin kesepakatan sama diri kalian dan orang-orang sekitar kalian. Bikin kesepakatan sama diri sendiri kapan nih boleh buka notifikasi di hp, berapa waktu belajar yang kalian lakuin dalam sehari, dan kesepakatan lainnya yang berkaitan sama diri kalian. Selain ke diri kalian, bikin kesepakatan juga dengan orang-orang rumah. Kapan kalian butuh waktu belajar, kapan bisa bermain dan ditempat mana kalian belajar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kalian belajar dirumah pun bisa jadi lebih nyaman.

·       Alokasikan Waktu Untuk Istirahat

Ga bisa dipungkiri kalau sekarang tuh hp udah jadi teman yang selalu nempel di tangan, ya gak teman-teman? Karenanya, kalian perlu bedain kapan waktu menggunakan hp buat belajar di rumah dan kapan waktu untuk menjadi tempat hiburan. Selain itu, alokasikan waktu juga buat istirahat dari belajar di hp. Sayangi kesehatan kalian. Mata kan juga butuh istirahat tuh. Nah di sini kalian perlu mendisiplinkan diri.

Cari Gaya Belajar Efektif Ternyaman Versi Kalian

Orang-orang punya gaya belajar yang beda-beda, ada yang kalau belajar ga bisa makan dan minum, ada juga yang belajar harus sambil makan dan minum, ada juga yang sambil dengerin suara dan lain sebagainya. Belajar di rumah sama belajar di luar rumah juga beda nih treatment-nya. Di sini kalian perlu cari gaya belajar di rumah dengan versi ternyaman kalian, Nah, gimana sih versi ternyaman kalian dalam belajar? Yuk comment dibawah ya!

Jadilah Peserta yang Aktif

Tips berikutnya mengenai belajar efektif di rumah adalah jadilah pelajar yang aktif atau mahasiswa yang aktif. Kalau lagi belajar online kalian harus bertanya, jangan pernah takut bertanya ya teman-teman, karena dengan kita bertanya itu bisa ngebuat kita semakin paham dan mengerti terhadap hal-hal yang membingungkan kita.

Sekian dulu ya tips belajar dari saya. Kalau kalian punya tips sendiri, bisa kalian share di kolom komentar. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.

 

1 Komentar

  1. Bagaimana kita bertanya mengenai materi pelajaran apabila kita tidak mengerti pertanyaan apa yang akan kita tanyakan? :) :v

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama