Cerita Unik, Perjuangan Mendapat Beasiswa KSE

Hei teman-teman, gimana kabarnya nih? Mulai bosen ya ditengah pandemi gini. Sama nih kayaknya semua orang bosen deh. Ohya, disatu waktu yang sama, ada orang yang melakukan kegiatan produktif lho seperti mengasah skill, belajar lebih dalam materi kuliah yang kurang dipahami, i think jualan, atau kegiatan-kegiatan yang lain. Nah, kira-kira kamu mengisi hari-hari kamu dengan kegiatan apa nih?

By the way, gue Yoga Pratama Hidayat, teman-teman gue biasa manggil dengan sebutan Yoga aja, it means “Yoga” gak pake “aja” hehe. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di UIN Jakarta prodi Fisika tepatnya di fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK).

Ngomongin beasiswa KSE nih, gue bakal cerita pengalaman pertama gue yang penuh hectic dimana awalnya gue ambis banget saat itu tepat semester 2 ikutan beasiswa KSE, waktu itu masih ngeraba-raba sih maklum masih ada hawa-hawa maba.

Sewaktu ada diskusi beasiswa gitu dari fakultas, ya gue nimbrung aja gitu sampai pada waktu dimana gue dikasih tahu dari abang kita di Fisika yang sangat ­lagend sekali no debat, siapa lagi kalau bukan bang Yuda Gunawan. Dia ngasih tau banyak tentang beasiswa KSE dari A-Z, mulai dari keseruan, benefit, pengalaman dan yang pasti ilmunya. Itu gue kayak melongo (Betawi Language “Bengong”) aja. Dalam hati gue begini, “Gue harus lolos nih di beasiswa KSE, udah ya kita dapat benefit ditambah lagi dapat pengalaman.”

Akhirnya h-3 minggu gue baru ngumpulin data, soalnya gue butuh istikhoroh dan minta doa dari orangtua dulu. Akhirnya disaat gue udah mantep, bismilllah gue maju. Sampai pada saat mengisi form di beasiswa.or.id disitu harus ada surat keterangan dari Fakultas, oke gue mikirnya diawal, “Udahlah yang susah-susah dibelakangin aja, kita kumpulin berkas yang gampang-gampang dulu.” Yaudah dong, gue akhirnya ngikutin pemikiran gue yang sebenarnya secara fisis emang bener, tapi kenyataanya huhuhu -_- gue gak mau spolier dibaca terus deh. Nah, semua berkas kira-kira 3 hari udah kekumpul semua dan gue semakin yakin bahwa gue bakal lolos. Nah, kira-kira h-1 minggu gue udah kelar semua berkas kecuali satu.

Coba tebak kira-kira apa? Ya, apa lagi kalau bukan surat keterangan dari Fakultas. Hal yang paling sulit dari semua berkas yang dikumpulin adalah minta surat keterangan dari Fakultas, pas h-5 itu udah mendekati hari terakhir justru gue berpaling ke Jogja, nah di Jogja gue ada janji dong sama temen karena gue dan beberapa temen gue ke Jogja dalam rangka Dauroh Tauhid yang diadakan oleh Indonesia Bertauhid kira-kira 3-4 hari dan kalau gue ceritain bakalan penuh hectic sih. Dan pas h-1 ternyata gue bener-bener gak ngumpulin berkas terakhir gue, dan justru masih santai banget, karena di website sendiri itu udah sekitar 98%, pas nanya-nanya ke bang Yuda, doi bilang supaya diisi. Yaudah pasrah aja bismillah “Gue gak ngisi”

Ohya, ternyata tepat pada hari dimana pengumuman lolos pertama, dan gue lolos. Hahaa udah sombong banget sih, that’s my mistake. Saat itu gue wawancara di UNJ, sehari sebelum berangkat kesana gue udah nyiapin berbagai jawaban yang bakal di tanyain sama pewawancara. Pas pagi-paginya gue udah ngerasa pede banget, pakai-pakaian paling formal, terus nyiapin di tas apa-apa aja yang perlu di bawa, dan akhirnya gue naik motor yang selalu setia sama gue untuk menemani hari pembuktian apakah gue lolos Beasiswa ini atau enggak.

Ekhhmm, tardulu minum dulu. Oke kita lanjut, Gue motoran ngandelin Google Maps, beberapa kali gue sempet di nyasarin sama Google Maps, lewat jalan sempit, terus harus lewatin banyak emak-emak pada ngerumpi, ada kang sayur gerobakan segala. Wkwk, sekilas kayak film banget yak? Nah, setelah sampai di UNJ gue markir dilantai paling tinggi, padahal bisa aja parkirnya di lantai paling bawah, karena gue udah tegang banget. Oke, gue ngaca dulu sebentar dan gue yakini bahwa gue udah siap dong.

Sesaat sampai didepan gedung, gue mulai naik tangga menuju lantai dua dan ternyata harus nunggu dulu karena anak-anak UIN yang lain belum pada datang, sambil ngobrol beberapa kali, gue mainin Instagram, sampe dikasih nomor urut gitu. Akhirnya gue masuk ke ruangan besar kayak ruang seminar kali ya, istilahnya apa ya, ada yang tahu? Setelah masuk acara tuh dimulai dengan berbagai sambutan, lalu masuk ke sesi wawancara, ini sesi yang paling ditakutin sih. Honestly, gue pernah kerja di perusahaan Konveksi, tapi gue ga diwawancarain se-Killer ini. Oke lah daripada gue banyak spoiler sebelum waktunya kan, gue lanjut dulu.

Ini sesi wawancara yang paling menegangkan, karena gue dapat nomor urut pertama, kan gue diawal udah bilang kalau gue datang diawal tuh paling pertama, jadi gue dapat no urut pertama. Amsyoong gue, wkwk tapi gakpapa kita gak boleh menyesali karena semua sudah menjadi takdir ilahi. Anyway, gue masuk ke tempat wawancara saat nama gue dipanggil, waktu itu ada yang ngasih tau dari kaka senior, “Jangan panik ya santai aja, Good lock!” Secara langsung itu kaka senior gue dari KSE, ngasih tau, “Wayuluuuhhh yang wawancara killer!” Pas masuk di ruangan ternyata ada beberapa pewawancara, kalau dari wajahnya sih pertama, mereka bukan mahasiswa. Kedua, mereka sepertinya sudah bekerja. Ketiga, gue lupa semua yang gue siapin karena ketegangan ini. Aduhhh, ini gue ikut tegang kok ya nyeritainnya. Jadi, pertama-tama tuh di sesi wawancara beliau menanyakan soal biodata kita, karena yang nge-wawancarain gue adalah ibu-ibu, jadi sangat amat formal sekalih. Yaudah, gue jawab nya formal, sampai pada titik dimana ibu itu nanya perihal aktivitas, dan gue jawab aktivitas nya cukup banyak, termasuk gue lagi ngembangin Kopi Kuadrat. Itu masa-masa nya lagi rame teman-teman gue ngorder Kopi wkwk. Setelah keluar, gue berasa menghirup udara-udara segar dan amat bahagia, di waktu yang sama gue liat temen-temen gue pada pucet, Hahaha. Terus pas nyampe bawah ada beberapa orang nanyain tentang, “Apa aja sih kira-kira yang ditanyain si pewawancara?” Ya gue jawab secara umum.

Oke, gue langsung balik dengan hati yang lapang sekali, gue mulai menunggu kabar pengumuman kelolosan Beasiswa KSE. And Finally, gue ngeliat temen-temen sekelas gue pada lolos dan pas gue liat di pengumuman gue gak lolos dong :) Gue sedihhh bangeeet, pupus lah harapan gue, pupus lah semua keinginan gue tuk dapat pengalaman, ini tuh rasanya kayak disakitin tau gak sih? Tapi, gegara gue amysong. Itu nge-push semangat gue untuk maju, lebih berprestasi. Karena KSE bukan alasan gue untuk berhenti berprestasi, berhenti berkarya, justru kalaupun gue lolos, ya gue bakalan lebih berprestasi lagi. Banyak sih pelajaran yang gue ambil disini, mulai dari gak boleh menunda pekerjaan, sampai ga boleh sombong. Karena diatas awan masih ada awan :)

Wokeee, itu dia tulisan part pertama mengenai pengalaman gue berjuang untuk mendapatkan Beasiswa KSE ini. Kira-kira pengalaman kamu se-hectic ini gak sih, atau bahkan lebih unik. Komen aja dulu, nanti kita up! Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk berbagi yuk ke beberapa platform media sosial ini, barangkali ada teman kamu yang lagi berjuang dan butuh motivasi.

1 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama