Kajian Kesehatan Lingkungan Pada Hari Raya Idul Fitri

Hari raya idul fitri merupakan salah satu hari besar umat islam dimana seluruh umat islam dapat saling memaaf-maafkan satu sama lainnya. Biasanya, pada hari raya semua masyarakat melakukan silaturahmi antar tetangga, keluarga, teman dan lainnya. Sering kali kita lupa bahwa adanya virus Covid-19 disekitaran kita dan sampai saat ini pun penyakit covid-19 masih mewabah di Indonesia.

Berdasarkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh (Cairncross et al., 2010 ; Freeman et al., 2014 ; Wolf et al., 2018 ) menunjukkan bahwa cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi risiko penyakit diare sebesar 23% –48% dan mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan sebesar 21% –23% ( Rabie dan Curtis, 2006 ; Aiello et al., 2008 ). Untuk itu, ketika hari raya idul fitri masyarakat harus tetap mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir terutama sehabis salam-salaman.

Bagaimana cara kerja sabun dalam membunuh virus?

Virus tesusun dari genetic DNA taua RNA, protein, dan lipid (lemak). Untuk menghilangkan lemak yang menjadi struktur dari virus, dibutuhkan komposisi yang dimiliki oleh sabun. Surfaktan yang ada di dalam sabun memiliki kemampuan untuk membunuh kuman. Surfaktan di dalam sabun memiliki sifat molekul ganda, saat bersifat hidrofobik (tidak suka air) -> molekul sabun mengikat minyak dan lemak-> lipid akan rusak hingga dapat menghancurkan struktur genetic virus. Sedangkan, saat hidrofilik (suka air), surfaktan semakin aktif hingga menimbulkan gelembung sabun yang disebut misel. Gelumbung sabun ini dapat mengunci partikel-partikel pada

Jenis sabun untuk mencuci tangan

1    sabun batang
2.     sabun antiseptic
3.     sabun cair

Perbedaan antara sabun antiseptic dan sabun batang/cair adalah sabun ini mengandung zat anti bakteri seperti triklosan yang akan meresistensi organisme tertentu. Hingga saat ini belum ada penelitian menemukan manfaat kesehatan tambahan dari penggunaan sabun antiseptic

Kapan kita harus mencuci tangan?

  1. setelah menggunakan toilet
  2. sebelum dan sesudah menyiapkan makanan
  3. sebelum dan setelah makan
  4. setelah menutup hidung saat bersin atau batuk
  5. sebelum dan sesudah merawat luka
  6. setelah menyentuh binatang, termasuk hewan peliharaan, makanan mereka dan setelah membersihkan kandang mereka

Selain tangan, masyarakat yang melaksanakan hari raya idul fitri pun harus tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti   memakai masker, membawa selalu handsanitizer dan tetap menjaga jarak, tidak keluar jika tidak mendesak bahkan tidak dianjurkan untuk mudik.

Penulis : Wanda Wiji Utami Cover : Farhan Achmad Fajari, Yoga Pratama

DAFTAR PUSTAKA

(Sumber: S. White, A.Hasund, R.Dreibelbis, V.Curtis. (2020). The determinants of handwashing behavior in domestic settings : An integrative systematic review. International Journal of Hygiene and Environmental Health Vol. 227 )

(Sumber : National Health Service (NHS). How To Wash Your Hands. [Online] Available at : https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/best-way-to-wash-your-hands/ )

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Handwashing: Clean Hands Save Lives. [Online] Available at: https://www.cdc.gov/handwashing/faqs.html

Kemenkes. 2014. InfoDATIN Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia

Sumber : UNESCO. 2020. How Soap Kills COVID-19 on Hands. [Online] Available at : https://en.unesco.org/news/how-soap-kills-covid-19-hands )

 

CONVERSATION