Langsung ke konten utama

Modal Penting Meraih Kesuksesan

Siapa sih yang ngga ingin merasakan sukses? Ngga bisa dipungkiri, semua orang pasti ingin sukses. Sebab hal ini merupakan impian semua orang, termasuk kamu.

Sukses sendiri memiliki artian yang cukup luas. Bahkan, bagi setiap orang bisa saja memiliki pemaknaannya masing-masing. Misalnya saja, ada yang menyebut orang sukses adalah orang yang memiliki banyak harta. Ada juga yang menyebut bahwa orang sukses itu adalah ketika memiliki jabatan penting atau menjadi orang terkenal.

Hal tersebut tidaklah salah. Mengapa? Karena mereka mendefinisikan sukses berdasarkan indikatornya masing-masing.

Sebagai contoh, jika dahulu kamu memiliki cita-cita menjadi seorang dokter, kemudian kamu kuliah di fakultas kedokteran, dan lulus menjadi dokter, berarti kamu telah menjadi orang sukses. Begitu pun jika kamu memiliki sasaran untuk mendapatkan beasiswa dan kemudian terwujud, maka kamu bisa disebut seorang yang sukses.

Jadi sukses itu bisa diartikan bukan akhir dari sebuah pencapaian. Namun, bisa juga sebagai awal untuk meraih keberhasilan lainnya.

Modal untuk meraih kesuksesan

Untuk mencapai kesuksesan bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan dan juga ada banyak hal yang harus ada untuk menunjang keinginanmu tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih kesuksesanmu.

Melakukan Kolaborasi.

Jika kamu bercita-cita  ingin meraih kesuksesan dalam jalan berbisnis, kamu harus catat ini. Kesuksesan itu adalah tentang hubungan. Maka dari itu, kamu mungkin bisa libatkan kolega dan pelangganmu dalam bisnis, dengan menentukan standar yang harus dipenuhi terkait tanggung jawab masing-masing.

Kemudian jadikanlah hal itu sebuah tantangan yang tercapai dan pastikan kamu memiliki tim yang mampu membantumu untuk mencapai kesuksesan dan pemberdayaan.

Dedikasi dan Kerja Keras

Dedikasikanlah waktumu dan energimu untuk fokus pada apa yang dapat kamu peroleh, pelajari, dan tingkatkan untuk dirimu maupun pekerjaanmu. Hal ini penting dalam menunjang dirimu dalam meraih kesuksesan yang kamu impikan.

Sebagai contoh kamu bisa mulai dengan membuat daftar pekerjaan dan membuat tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu tersebut.

Lihatlah Peluang > Masalah

Tidak bisa dipungkiri dalam mengejar suatu impian, tentu kamu akan menemukan berbagai macam rintangan dan masalah. Tapi di sini kamu tidak boleh mudah putus asa, yakinilah dirimu bahwa setiap masalah itu memiliki solusi.

Dengan demikian, perspektif ini akan mendorong proses kreatif dalam menentukan jalan alternatif sebagai solusi yang dapat dilakukan. Misal dalam hal ini kamu mengalami kesulitan, kamu bisa bertukar ide, berdiskusi dengan orang lain. Dari sini besar harapan kamu bisa mendapatkan inspirasi dan saran untuk menyelesaikan permasalahanmu tersebut.

Belajar Bertanggung Jawab

Jika selama ini, kamu pernah berpikir kegagalan disebabkan oleh orang lain dan kondisi, maka kamu tidak akan pernah melihat peluang perbaikan. Saat kamu mengambil tanggung jawab, maka peluang perbaikan akan terbuka. Ternyata saya harus ini dan itu, agar tujuan saya tercapai.

Setelah kamu mampu melihat peluang perbaikan, yang semuanya berpusat pada kamu, maka kamu bisa mulai melakukan perbaikan. kamu akan berubah cepat atau lambat sehingga menjadi pribadi yang diharapkan dan semakin mampu dan layak meraih sukses yang kamu inginkan.

Di samping itu, sebagai manusia kita juga jangan mudah mengaku sudah berusaha maksimal, sebab tidak ada orang yang bisa berusaha dengan sempurna dan pasti selalu ada ruang untuk perbaikan. Jadi, ambilah tanggung jawab, putuskan arah langkahmu, dan berusahalah untuk berubah menjadi pribadi yang memberikan peluang sukses lebih besar.

Bersikap Baik

Ketika mendengar kata cinta, tentu selalu menarik perhatian bagi siapapun yang mendengarnya. Cinta sendiri sangat erat kaitannya dengan kebaikan. Sebagai contoh ketika kamu sedang mencintai seseorang, maka pasti kamu akan selalu berusaha untuk memberikan kebaikan untuknya, bukan? Sama halnya dengan perjalanan karier yang sedang kita tempuh. Kebaikan yang orang lain beri dapat membuat kita melewati rintangan, bertahan dalam kegagalan dan menyalakan api semangat.

Nah, sebelum kita menebar kebaikan, kita harus memulainya dari diri sendiri. Sebab, tidak ada yang akan bisa bersikap baik terhadap orang lain jika kita tidak bersikap baik terhadap diri kita sendiri.

Selanjutnya bersikaplah baik terhadap semua orang. Karena kebaikan yang dihasilkan dari kesuksesan adalah kebaikan yang dapat menyampaikan kabar baik dan buruk dengan rahmat. Bagitu pula kebaikan yang menginspirasi kerja keras adalah kebaikan yang melihat peluang bukan masalah. Oleh sebab itu, berdayakan dirimu, manfaatkan kesempatan, dan perjuangkan kesuksesan itu sendiri.

Selalu Nilai Diri Sendiri

Motivasilah dirimu untuk secara konsisten memantau, mengevaluasi, dan menyesuaikan pekerjaan, sikap, dan keyakinanmu untuk menghindari rasa puas diri. Hal ini penting dilakukan, agar kamu dapat terus belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Penulis : Anggara Purissta Putra | Cover : Farhan Achmad Fajari, Yoga Pratama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Leadership untuk Masa Depan Mahasiswa

Leadership atau biasa disebut kepemimpinan , merupakan cara seseorang untuk memimpin orang lain guna mencapai tujuan bersama. S eorang mahasiswa wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. M emiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi tidak bisa di peroleh dalam waktu satu malam , perlu pelatihan secara terus menerus. Se benarny a dalam diri setiap manusia telah diberikan anugerah dan potensi yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa . K ita hanya perlu mengasah potensi yang telah diberikan agar bisa bermanfaat bagi sesama. S alah satu upaya untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi adalah dengan ikut terlibat dalam berbagai kerjasama ( teamwork ) dalam suatu team . B ekerjasama dengan team membuat mahasiswa banyak belajar bagaimana memecahkan masalah, memberikan ide dan gagasan, mempengaruhi orang lain, serta merealisasikan ide dan gagasan tersebut dengan baik. P emimpin masa depan dilahirkan dari pemuda masa k ini.   Pemimpin yang saat ini bekerja untuk rakyat tidak serta

Beasiswa Wardah untuk Mahasiswi Semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Beasiswa Wardah untuk Mahasiswi Semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Hi, Inspiring Generation! Bagi Kamu mahasiswa S1/D4 yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan cita-cita agar siap hadapi dunia, Wardah mengajak Kamu untuk menjadi bagian dari Wardah Scholarship Program. Bersama Wardah, mari wujudkan mimpimu. Berikan dampak dan makna bagi orang-orang di sekitarmu.  Untuk informasi lebih lanjut kunjungi scholarship.wardahbeauty.com  Periode pendaftaran untuk UIN Jakarta dibuka pada 17 Oktober 2020 - 23 Oktober 2020 “Lanjutkan Cita-Cita, Siap Hadapi Dunia” "Program CSR Wardah di bidang pendidikan yang bertujuan mendukung perempuan Indonesia untuk melanjutkan cita-cita dan siap hadapi dunia." Tentang Wardah Scholarship Program Wardah, sebuah brand kecantikan yang berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation. Perusahaan yang dirikan oleh seorang perempuan bernama Nurhayati Subakat pada tahun 1985 lalu. Perusahaan ini memiliki visi untuk memberikan kebe

Peran Pemuda Memajukan Literasi di Daerah 3T

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada berkembangnya manusia dari yang tidak tahu menjadi tah u. D alam hal ini , pendidikan dapat diartikan juga sebagai proses memanusiakan manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mencapai taraf hidup dan menumbuhkembangkan kualitas diri. Ki Hajar Dewantara menjelaskan , pendidikan termasuk tuntutan dalam hidup dan tumbuh kembang anak-anak. M aksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Mutu Pendidikan Indonesia Dalam konteks Indonesia , pendidikan masih ada dalam taraf berkembang. Bahkan , menurut laporan yang dirilis oleh International Student Assessment  (PISA) pada 2018 lalu, Indonesia berada di posisi "tertinggal" dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam . Memang , mutu pendidikan di Indonesia terbilan