Modal Penting Meraih Kesuksesan

Siapa sih yang ngga ingin merasakan sukses? Ngga bisa dipungkiri, semua orang pasti ingin sukses. Sebab hal ini merupakan impian semua orang, termasuk kamu.

Sukses sendiri memiliki artian yang cukup luas. Bahkan, bagi setiap orang bisa saja memiliki pemaknaannya masing-masing. Misalnya saja, ada yang menyebut orang sukses adalah orang yang memiliki banyak harta. Ada juga yang menyebut bahwa orang sukses itu adalah ketika memiliki jabatan penting atau menjadi orang terkenal.

Hal tersebut tidaklah salah. Mengapa? Karena mereka mendefinisikan sukses berdasarkan indikatornya masing-masing.

Sebagai contoh, jika dahulu kamu memiliki cita-cita menjadi seorang dokter, kemudian kamu kuliah di fakultas kedokteran, dan lulus menjadi dokter, berarti kamu telah menjadi orang sukses. Begitu pun jika kamu memiliki sasaran untuk mendapatkan beasiswa dan kemudian terwujud, maka kamu bisa disebut seorang yang sukses.

Jadi sukses itu bisa diartikan bukan akhir dari sebuah pencapaian. Namun, bisa juga sebagai awal untuk meraih keberhasilan lainnya.

Modal untuk meraih kesuksesan

Untuk mencapai kesuksesan bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan dan juga ada banyak hal yang harus ada untuk menunjang keinginanmu tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih kesuksesanmu.

Melakukan Kolaborasi.

Jika kamu bercita-cita  ingin meraih kesuksesan dalam jalan berbisnis, kamu harus catat ini. Kesuksesan itu adalah tentang hubungan. Maka dari itu, kamu mungkin bisa libatkan kolega dan pelangganmu dalam bisnis, dengan menentukan standar yang harus dipenuhi terkait tanggung jawab masing-masing.

Kemudian jadikanlah hal itu sebuah tantangan yang tercapai dan pastikan kamu memiliki tim yang mampu membantumu untuk mencapai kesuksesan dan pemberdayaan.

Dedikasi dan Kerja Keras

Dedikasikanlah waktumu dan energimu untuk fokus pada apa yang dapat kamu peroleh, pelajari, dan tingkatkan untuk dirimu maupun pekerjaanmu. Hal ini penting dalam menunjang dirimu dalam meraih kesuksesan yang kamu impikan.

Sebagai contoh kamu bisa mulai dengan membuat daftar pekerjaan dan membuat tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu tersebut.

Lihatlah Peluang > Masalah

Tidak bisa dipungkiri dalam mengejar suatu impian, tentu kamu akan menemukan berbagai macam rintangan dan masalah. Tapi di sini kamu tidak boleh mudah putus asa, yakinilah dirimu bahwa setiap masalah itu memiliki solusi.

Dengan demikian, perspektif ini akan mendorong proses kreatif dalam menentukan jalan alternatif sebagai solusi yang dapat dilakukan. Misal dalam hal ini kamu mengalami kesulitan, kamu bisa bertukar ide, berdiskusi dengan orang lain. Dari sini besar harapan kamu bisa mendapatkan inspirasi dan saran untuk menyelesaikan permasalahanmu tersebut.

Belajar Bertanggung Jawab

Jika selama ini, kamu pernah berpikir kegagalan disebabkan oleh orang lain dan kondisi, maka kamu tidak akan pernah melihat peluang perbaikan. Saat kamu mengambil tanggung jawab, maka peluang perbaikan akan terbuka. Ternyata saya harus ini dan itu, agar tujuan saya tercapai.

Setelah kamu mampu melihat peluang perbaikan, yang semuanya berpusat pada kamu, maka kamu bisa mulai melakukan perbaikan. kamu akan berubah cepat atau lambat sehingga menjadi pribadi yang diharapkan dan semakin mampu dan layak meraih sukses yang kamu inginkan.

Di samping itu, sebagai manusia kita juga jangan mudah mengaku sudah berusaha maksimal, sebab tidak ada orang yang bisa berusaha dengan sempurna dan pasti selalu ada ruang untuk perbaikan. Jadi, ambilah tanggung jawab, putuskan arah langkahmu, dan berusahalah untuk berubah menjadi pribadi yang memberikan peluang sukses lebih besar.

Bersikap Baik

Ketika mendengar kata cinta, tentu selalu menarik perhatian bagi siapapun yang mendengarnya. Cinta sendiri sangat erat kaitannya dengan kebaikan. Sebagai contoh ketika kamu sedang mencintai seseorang, maka pasti kamu akan selalu berusaha untuk memberikan kebaikan untuknya, bukan? Sama halnya dengan perjalanan karier yang sedang kita tempuh. Kebaikan yang orang lain beri dapat membuat kita melewati rintangan, bertahan dalam kegagalan dan menyalakan api semangat.

Nah, sebelum kita menebar kebaikan, kita harus memulainya dari diri sendiri. Sebab, tidak ada yang akan bisa bersikap baik terhadap orang lain jika kita tidak bersikap baik terhadap diri kita sendiri.

Selanjutnya bersikaplah baik terhadap semua orang. Karena kebaikan yang dihasilkan dari kesuksesan adalah kebaikan yang dapat menyampaikan kabar baik dan buruk dengan rahmat. Bagitu pula kebaikan yang menginspirasi kerja keras adalah kebaikan yang melihat peluang bukan masalah. Oleh sebab itu, berdayakan dirimu, manfaatkan kesempatan, dan perjuangkan kesuksesan itu sendiri.

Selalu Nilai Diri Sendiri

Motivasilah dirimu untuk secara konsisten memantau, mengevaluasi, dan menyesuaikan pekerjaan, sikap, dan keyakinanmu untuk menghindari rasa puas diri. Hal ini penting dilakukan, agar kamu dapat terus belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Penulis : Anggara Purissta Putra | Cover : Farhan Achmad Fajari, Yoga Pratama

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama