Membaca Itu Membosankan ya?


Bagi orang yang memiliki hobi membaca, buku adalah salah satu hal yang harus dimiliki. Buku itu seperti sahabat yang sangat dekat sekali dengannya. Dengan membaca buku, selain dapat memperoleh informasi dan dapat mempelajari hal baru, membaca buku juga menjadi sebuah hiburan tersendiri yang murah dan mudah untuk dilakukan. Meski begitu, masih saja ada segelintir orang yang menganggap bahwa membaca buku itu membuat mata sakit, pusing, atau membosankan dan membuat kita jadi mengantuk. Lalu bagaimana sih caranya agar tidak mudah bosan atau mengantuk saat membaca buku? Berikut adalah beberapa cara agar kegiatan membaca tidak menjadi suatu hal yang membosankan berdasarkan pengalaman pribadi penulis

1.      Jenis buku
Bagi kamu yang menyukai bacaan berupa fiksi seperti novel, novela, kumcer (kumpulan cerpen) ataupun kumpulan puisi, pilihlah buku dengan genre yang kamu sukai seperti romance, horor, thriller, komedi dan lain-lain. Buku dengan tema cerita yang kamu sukai biasanya akan meningkatkan minat membaca kamu. Untuk kamu yang ingin mencoba membaca fiksi, kamu bisa mulai membaca buku dengan jalan cerita yang ringan dulu seperti membaca teenlit ataupun buku kumpulan cerpen atau novela dengan cerita yang ringan.

Bagi kamu yang tidak suka fiksi, tapi masih berusaha untuk meningkatkan minat baca, kamu bisa mulai membaca buku-buku non-fiksi. Pilihlah sesuai dengan yang kamu suka, misal kamu suka fashion, kamu bisa membaca buku-buku tentang fashion.

2.      Tempat
Kamu merasa ngantuk saat membaca buku? Terlebih buku pelajaran, Itu bukan karena bacaan kamu adalah suatu hal yang berat, bisa saja ini karena faktor tempat kamu membaca. Hal yang harus kamu lakukan ialah mencari tempat ternyaman untuk membaca. Kamu harus bisa mencari tempat senyaman mungkin untuk membaca. Misal, kamu lebih suka tempat sepi untuk membaca agar dapat berkonsentrasi, kamu bisa membaca di dalam kamar sendirian, atau pergi ke perpustakaan di waktu tertentu dimana tidak banyak orang disana. Bagi kamu yang tidak suka kesunyian, kamu bisa pergi ke taman-taman atau ke kafe. Jangan lupa ajak teman atau pacar kamu juga, siapa tahu kalian bisa saling sharing tentang bacaan kalian (tapi biasanya sih malah jadi ngobrol yang lain, hehe. Jangan sampai ini terjadi ya).

3.      Kegiatan Selingan
Rasa bosan atau mengantuk bisa datang kapan saja. Tidak dapat dipungkiri, saya juga seringkali merasa demikian. ketika hal tersebut datang dan membuat kita tidak bersemangat lagi untuk melanjutkan membaca, kita dapat melakukan beberapa hal yang dapat menyegarkan mata kita kembali seperti minum kopi atau teh. Kalau kamu tidak suka ngemil atau sedang menghindari cemilan karena takut gendut (seperti saya) kamu bisa membaca sambil minum kopi atau teh hangat. Kopi dan teh hangat dapat menenangkan diri bahkan mengusir kantuk. Untuk kamu yang tidak suka keduanya, kamu bisa minum minuman lainnya yang meyegarkan seperti jus buah atau mungkin makan es krim. Selanjutnya, berhenti sejenak untuk menyegarkan mata. Membaca terus menerus bukanlah hal yang salah, namun ada baiknya kamu mengistirahatkan mata sejenak agar mata tidak sakit dan tidak mengantuk. Kamu bisa mencuci muka agar kembali segar lalu melanjutkan bacaan kembali. Bila kamu sedang di taman, kamu bisa berjalan-jalan disekitar atau sekedar melihat-lihat pohon serta dedaunan agar matamu segar kembali. Kalau kamu sedang berada di rumah, kamu bisa pergi ke dapur untuk minum atau mengambil kudapan kecil (hati-hati malah kelepasan jadi makan nasi, hehe), atau bisa juga mengobrol sebentar dengan orang yang berada dirumah. Yang paling sederhana lagi, kamu bisa menyalakan musik dari mp3 atau smartphone kamu terus dengerin sambil nyanyi-nyanyi dua sampai tiga lagu untuk mengusir rasa bosan yang datang menghampirimu.

Begitulah tips yang dapat dibagikan. Sekali lagi, membaca adalah satu kegiatan yang mudah dan murah namun sangat bermanfaat bagi kita. Dengan membaca, kita dapat mengenal dunia lebih luas lagi. Kegemaran membaca buku tidak datang begitu saja tetapi ada karena kebiasaan kita untuk sering membaca buku. Ayo tingkatkan minat membacamu! Membaca itu membosankan? Ah, engga juga, tuh.




Penulis : Annisa Rahmadiah
Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama